√ Cara Bayar Shopee di Indomaret/Alfamaret Mudah dan Simple

Cara Bayar Shopee di Indomaret – Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Shopee menjadi salah satu marketplace di tanah air yang memberikan banyak kemudahan. Shopee menyediakan metode pembayaran yang bervariasi. Salah satunya adalah pembayaran melalui Indomaret. Sudahkah Anda mengetahui cara bayar Shopee di Indomaret?

Selain fitur gratis ongkirnya yang melimpah, harga produk di Shopee pun dikenal lebih murah. Terdapat berbagai voucher yang bisa dimanfaatkan meskipunAnda merupakan pengguna baru. Bagi pemula, mungkin akan sedikit kebingungantentang cara melakukan pembayaran.

Metode Pembayaran di Shopee

pembayaran shopee lewat indomaret/alfamaret

Ketika melakukan checkout dan memilih jasa ekspedisi,  selanjutnya pelanggan perlu memilih metode pembayaran. Anda bisa memilih berbagai jenis metode sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Bagaimana cara membayar di shopee? Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Shopeepay

Shopeepay merupakan fitur dari Shopee berupa dana virtual. Agar bisa menggunakannya, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu menggunakan nomor telepon valid. Setelah itu, verifikasi dan lakukan top up Shopeepay.

Keuntungan menggunakan alat pembayaran digital ini adalah konsumen nantinya bisa mendapatkan poin untuk setiap transaksi pembelian. Poin  yang sudah cukup terkumpul bisa ditukar dengan voucher gratis ongkir maupun dikonversikan menjadi saldo Shopeepay.

2. Transfer Bank

Metode transfer tidak berarti mengirimkan dananya ke rekening Shopee. Pihak Shopee akan memberikan virtual account yang hanya berlaku 24 jam. Anda bisa melakukan transfer ke nomor VA sesuai jangka waktu yang ditentukan.

Shopee telah bekerja sama dengan pihak perbankan seperti BCA, BRI, Mandiri, Mandiri Syariah, BNI, dan lainnya untuk memanfaatkan layanan virtual account.

3. COD (Bayar di Tempat)

Layanan COD ini adalah opsi pembayaran shopee yang paling banyak diminati pelajar maupun mahasiswa ketika berbelanja online. COD atau bayar di tempat artinya pelanggan baru akan membayar setelah produk yang dipesannya sampai ke alamat tujuan.  Pelanggan akan membayarnya melalui kurir yang mengantar barang pesanan.

Namun, metode pembayaran COD ini memang memiliki kekurangan yang kerap kali merugikan pihak seller maupun kurir. Misalnya, konsumen yang tak bertanggung jawab tidak menemui kurir dengan tujuan sengaja membatalkan pesanan.

Jika hal ini terjadi, paket COD yang tidak ditemukan penerimanya akan dikembalikan (refund) kepada seller.

 Baca juga : √ 7 Tips Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula Supaya Laris

4. Indomaret/i-saku

pembayaran shopee lewat indomaret/alfamaret

Metode pembayaran shopee selanjutnya adalah melalui minimarket, yaitu Indomaret. Cara bayar di Indomaret ini juga banyak dipilih, terutama bagi mereka yang belum memiliki rekening bank.

5. Alfamart

Metode pembayaran shopee ini pada dasarnya hampir serupa dengan pembayaran melalui Indomaret. Pihak Shopee telah bekerja sama dengan minimarket yang mudah ditemukan di sekitar Andaini.

Hal tersebutdilakukan agar pelanggan mudah melakukan transaksi pembayaran tanpa perlu jauh-jauh melakukan transfer tunai di bank.

6. OneKlik

Sumber dana dari OneKlik adalah dari kartu debit BCA yang dimiliki konsumen. Jadi, cara ini bisa dipilih jika Anda nasabah BCA dan mengaktifkan layanan OneKlik untuk pembayaran shopee.

7. Kredivo

Jika pelanggan tidak memiliki cukup uang untuk membeli sesuatu, salah satu solusinya adalah dengan cara mencicil. Shopee telah menyediakan layanan ini ketika Anda hendak membayar barang namun jumlah uang tidak mencukupi.

Salah satunya adalah dengan menggunakan Kredivo. Aplikasi ini memberikan kredit instan dengan durasi pembayaran 30 hari tanpa bunga.

8. Akulaku

Cara bayar Shopee dengan Akulaku pada dasarnya mirip dengan Kredivo. Untuk dapat mencicil produk di Shopee, Anda harus memiliki akun Akulaku terlebih dahulu. Layanan ini memberikan pilihan durasi cicilan yang bervariasi, mulai dari 6 sampai 12 bulan.

Dari beberapa metode pembayaran Shopee di atas, salah satu yang paling banyak digunakan adalah pembayaran via Indomaret dan Alfamart. Cara ini banyak dipilih karena minimarket tersebut mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

9. Dana

Dana termasuk layanan e-wallet yang banyak digunakan. Meski dalam metode pembayaran pilihan Dana tidak langsung tertera, pada dasarnya Anda bisa melakukannya. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Dana kemudian klik Kirim ke Rekening Bank Mandiri untuk pembayaran shopee yang anda inginkan.

Selanjutnya, Anda akan menerima virtual account dan masukkan jumlah pembayaran sesuai saat melakukan checkout.

10. OVO

Sama seperti aplikasi Dana, OVO merupakan e-wallet yang banyak dipakai untuk membayar transaksi jual beli online. Anda bisa menggunakannya ketika hendak membayar pesanan di Shopee. Caranya dengan buka aplikasi OVO kemudian klik Transfer ke Bank Mandiri.

OVO selanjutnya akan menyediakan virtual account lalu masukkan jumlah pembayaran sesuai jumlah saat checkout di Shopee.

 Baca juga : √ 10 Cara Mudah Menjadi Star Seller Shopee Agar Penjualan Banyak 2020

Cara Bayar Shopee di Indomaret/Alfamart

pembayaran shopee lewat indomaret/alfamaret

Jika Anda  ingin checkout barang di Shopee tapi tidak memiliki rekening bank atau letak ATM jauh, tidak usah khawatir. Pembayaran Shopee via minimarket adalah solusi jitu yang bisa dipilih. Jadi, setelah memilih produk yang dibutuhkan, gunakan cara bayar Shopee di Indomaret berikut:

1. Lakukan Pemesanan Barang di Shopee

Langkah pertama untuk bayar shopee di indomaret tentunya Anda harus memilih barang mana yang hendak dibeli. Anda bisa melakukan pembelian langsung checkout atau memasukkannya ke keranjang terlebih dahulu baru checkout.  Jangan lupa untuk memastikan produk dan alamat pengiriman sudah benar.

2. Pilih Metode Pembayaran

Setelah proses checkout , selanjutnya sebelum bisa bayar shopee di indomaret akan ditampilkan beberapa pilihan metode pembayaran. Pada proses ini, Anda bisa mengubah metode pembayaran menjadi Indomaret/i-saku atau melalui Alfamart.

Anda bisa menentukannya sesuai kondisi minimarket mana yang paling dekat. Setelah mengubah metode pembayaran, selanjutnya langsung saja Buat Pesanan.

3. Simpan Kode Pembayaran

Setelah pesanan berhasil dibuat, cara bayar Shopee di Indomaret yang perlu Anda lakukan adalah menunggu kode pembayaran. Jadi, pihak Shopee akan memberikan Anda kode pembayaran.

Kode ini harus disimpan dengan baik dan sebaiknya segera lakukan pembayaran ke Indomaret/Alfamart terdekat.

4. Pergi ke Indomaret/Alfamart

Pada langkah ini, silahkan langsung menuju Indomaret/Alfamart lalu jelaskan tujuan Anda hendak membayar merchant Shopee. Kemudian kasir akan meminta Anda menunjukkan kode pembayaran yang didapatkan saat checkout.

5. Pastikan Jumlah Pembayaran Sesuai

Langkah ini penting dilakukan ketika Anda hendak bayar di Shopee produk apapun. Ketika membuat pesanan, pastikan Anda memperhatikan total pembayaran.

Saat hendak membayar di indomaret, pastikan jumlahnya sudah sesuai.Oleh sebab itu, sebaiknya minta konfirmasi ke kasir mengenai total jumlah pembayaran di shopee.

6. Simpan Bukti Pembayaran

Setelah melakukan langkah-langkah pada cara bayar Shopee di Indomaret di atas, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran berupa struk dari Alfamart/Indomaret. Simpanlah struk tersebut sebaik mungkin agar menjadi bukti pembayaran yang sah.

7. Selesai

Proses pembayaran shopee melalui minimarket Indomaret/Alfamart akan diverifikasi otomatis oleh sistem Shopee. Anda tidak perlu melakukan konfirmasi manual seperti mengupload struk dan sebagainya. Hal yang perlu dilakukan adalah memantau lewat detail transaksi barang yang telah anda bayar di shopee.

Jika sudah lewat beberapa jam namun tidak ada perubahan status pembayaran, selanjutnya Anda bisa mengubungi pihak Shopee dengan mengirim bukti pembayaran tadi.

 Baca juga : √ Tutorial Praktis Cara Menggabungkan Ongkir di Shopee

Kesimpulan

Membayar Shopee di Indomaret/Alfamart memang menjadi solusi praktis bagi sebagian orang. Apalagi jika kebetulan konsumen sedang berbelanja di minimarket tersebut. Namun, pada dasarnya apapun metode pembayaran yang dipilih, pastikan tetap berhati-hati ketika melakukan pembayaran.

Sesudah bayar shopee di Indomaret, jangan lupa selalu menyimpan bukti pembayaran dengan baik. Hal ini untuk mengantisipasi sesuatu yang terjadi nantinya. Misalnya jika status pembayaran Anda belum terkonfirmasi dengan jelas, tunjukkanlah bukti pembayaran tersebut pada pihak Shopee.

Mungkin cukup sampai di sini saja untuk pembahasan cara bayar shopee di indomaret. Semoga bermanfaat..

Sekian,
Salam dan Terimakasih! 🙂

Yuk baca lagi!

Leave a Comment