√ Tips dan Trik Cara Iklan di Shopee untuk Promosi Produk yang Hemat dan Efektif

Cara iklan di shopee – Halo semuanya selamat datang di ceritaihsan.com. Sudah lama buka toko online di Shopee, tapi penjualan masih segitu-segitu saja? Jika demikian, saatnya Anda mempelajari cara iklan di Shopee. Bisnis online pada dasarnya memang membutuhkan trik-trik khusus untuk menggaet lebih banyak pelanggan.

Memasang iklan di Shopee bisa menjadi strategi marketing solusi yang tepat dicoba. Iklan produk Anda bisa tampil di laman interface marketplace ini, bahkan direkomendasikan di berbagai sosial media.

Namun, sudahkah Anda mengetahui caranya? Berikut ulasan cara iklan Shopee yang bisa diikuti:

Cara Tingkatkan Traffic Pengunjung di Toko Shopee

cara beriklan di shopee yang efektif

Menarik banyak pengunjung ke toko online Anda memang memerlukan kesabaran. Tidak cukup hanya sekedar mengupload dan membuat deskripsi produk. Anda perlu memanfaatkan dengan maksimal fitur yang disediakan Shopee.

Pada dasarnya, terdapat dua cara untuk meningkatkan traffic toko online Anda di Shopee, yaitu secara organik dan menggunakan iklan shopee. Cara organik bisa Anda lakukan jika dana terbatas sebagai permulaan. Jika dirasa belum efektif, Anda bisa memasang iklan di Shopee berbayar (Ads).

Cara Organik

cara beriklan di shopee yang efektif

Jika Anda baru saja membuka bisnis online di Shopee, cara organik ini bisa menjadi pilihan. Terlebih jika belum memahami cara memasang iklan berbayar. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya, langkah-langkahnya relatif mudah dilakukan.

Meski tanpa biaya, cara iklan di Shopee ini cukup efektif meningkatkan penjualan produk Anda. Bagaimana cara organik untuk meningkatkan traffic pengunjung di tokoShopee?

Naikan Produk

Menaikkan produk artinya meningkatkan urutan produk Anda ke posisi teratas pencarian. Ketika pengguna mengetikkan nama barang, produk bisnis Anda bisa muncul di urutan teratas. Terutama pada kategori produk terbaru yang diposting.

Fitur ini memiliki batasan menaikkan 5 produk saja. Selain itu, penggunaan fitur ini hanya sekitar 4 jam untuk setiap kesempatan.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, fitur naikkan produk ini tidak memerlukan biaya. Tak heran jika kekurangannya nampak jelas, yaitu produk Anda mudah merosot posisinya. Artinya, ketika banyak seller Shopee yang menggunakannya, produk teratas mudah tergantikan dengan produk lain.

Oleh karena itu, seller tidak boleh malas untuk mengulangi penggunaan fitur ini. Setidaknya agar beberapa produknya tetap bisa menempati posisi teratas.

Cara menggunakan fitur ini cukup mudah. Pada tampilan awal halaman Shopee, klik menu Shopee Seller Center. Setelah itu, klik menu “Produk Saya” kemudian pilih produk mana saja yang ingin dinaikkan posisinya. Klik “Lainnya” lalu “Naikkan Produkku”.

Promosi Saya

Cara iklan di Shopee selanjutnya adalah menggunakan fitur Promosi Saya. Meski gratis, menu satu ini dapat mengoptimalkan promosi penjualan Anda di Shopee. Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda bisa memaksimalkan lima fitur yang terdapat di dalamnya. Diantaranya sebagai berikut:

1. Promo Toko

Promo Toko memungkinkan Anda menawarkan harga yang kompetitif. Caranya dengan menambahkan diskon sesuai dengan periode waktu yang dipilih.

2. Promo Shopee

Promo Shopee menjadi salah satu cara   iklan di Shopee yang ampuh membuat produk Anda dikenal. Setiap seller memiliki kesempatan untuk menggunakan fitur ini. Pihak Shopee akan memilih diantara toko online yang bergabung untuk mendapatkan kesempatan promo ini.

Jika berhasil terpilih, produk Anda  bisa ditampilkan di banner utama halaman Shopee. Artinya, setiap pengguna akan melihat iklan produk tersebut, menarik bukan?

Tanpa perlu mengeluarkan biaya, manfaat yang dirasakan bisa berpengaruh terhadap traffic toko online Anda. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bergabung di promo ini. Namun, bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah mudahnya:

  • Pada halaman pusat promosi, klik pilihan “Promo Shopee”.
  • Pilih produk sesuai kategori yang diadakan Promo Shopee, kemudian berikan penawaran
  • Setelah mengajukan penawaran yang pas, klik Selesai.

3. Voucher Toko Saya

Berbeda dengan voucher khusus dari Shopee, fitur ini memungkinkan seller membuat kode voucher sendiri. Dengan demikian, pembeli bisa mendapatkan potongan harga khusus produk ditoko online Anda.

Mirip dengan fitur Promo Shopee, jumlah pengguna yang bisa memanfaatkan voucher ini dibatasi. Hal ini ditentukan berdasarkan periode berlakunya voucher.

4. Produk Pilihan Toko

Produk Pilihan Toko terbilang fitur baru di Shopee. Pada halaman rincian produk, Anda bisa menambahkan tampilan berupa produk pilihan. Saat pengguna mengunjungi toko online Anda, akan nampak beberapa koleksi yang biasanya berjumlah 4-8 buah.

 Baca juga  : √ 7 Tips Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula Supaya Laris

Tutorial Cara Pasang Iklan di Shopee

cara beriklan di shopee yang efektif

Berbeda dengan fitur di atas yang gratis dan terbatas, memasang iklan keuntungannya lebih banyak. Bahkan hal ini bisa dianggap sebagai investasi agar produk semakin laring. Ada banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika memasang iklan di marketplace ini.

Meski pada dasarnya cara organik juga mempengaruhi penjualan, namun terkadang kurang efektif. Dengan kata lain, penggunaannya tidak semaksimal dengan iklan Shopee. Nah, pihak Shopee sendiri tentu akan memprioritaskan produk toko Anda jika bergabung dengan program Iklanku.

Produk Anda akan ditempatkan di posisi yang strategis sehingga mudah ditemukan konsumen. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa cara memasang iklan di Shopee:

  • Tentukan produk mana yang hendak diiklankan. Pada langkah ini, pastikan produk yang Anda pilih memiliki deskripsi dan rentang harga yang sudah sesuai.
  • Pilih kata kunci yang paling relevan agar produk Anda mudah ditemukan.
  • Tentukan harga yang harus dikeluarkan untuk setiap kata kunci.
  • Atur modal iklan tersebut sesuai kebutuhan.
  • Pilih periode penayangan iklan.

 Baca juga : √ Tutorial Cara Daftar Gratis Ongkir Shopee Mudah Untuk Penjual

Trik agar Biaya Pasang Iklan di Shopee Hemat dan Efektif

cara beriklan di shopee yang efektif

Metode iklan Shopee berbayar seperti yang disebutkan di atas memang tidak selalu berhasil. Penjual tetap harus memahami trik-trik khusus agar modal iklan yang dikeluarkan bisa dihemat dan efektif. Jika asal membuat iklan, bukannya untung malah bisa jadi rugi, lho.

Berikut beberapa trik jitu agar budget iklan yang dikeluarkan tidak menguras kantong namun tetap efektif:

1. Pilih Kata Kunci yang Paling Sesuai

Trik iklan Shopee yang pertama adalah jangan mengambil semua rekomendasi kata kunci. Ketika menentukan produk mana yang ingin diiklankan, pilihlah kata pencarian yang paling sesuai. Pilihlah kata yang paling relevan dan mendeskripsikan dengan jelas produk Anda.

2. Setting Budget Iklan ke Angka Minimal

Kata kunci yang disediakan Shopee sudah termasuk harga per bid kata. Sebaiknya jangan menggunakan cara tersebut, ubahlah ke angka minimal. Mengapa demikian? Alasan pertama karena iklan yang muncul di awal biasanya adalah yang dilihat seller kompetitor.

Oknum seller yang usil terkadang sengaja klik iklan Anda sebanyak-banyaknya tanpa membeli produk. Alasan kedua adalah kata pencarian yang dipilih belum tentu relevan dan efektif. Artinya, cukup siapkan budget minim saja ketika mencari kata kunci yang tepat.

3. Meningkatkan Budget Iklan

Meski modal awal iklan sebaiknya minim, namun hal ini tidak bisa dilakukan terus menerus. Anda perlu menaikkan budget iklan apabila durasinya sudah lebih dari 3 hari dan minimal sudah closing sekali.

Selain itu, jika sudah menemukan kata kunci yang sesuai, menambah budget iklan tentunya ide yang bagus.

Baca juga : √ 10 Cara Mudah Menjadi Star Seller Shopee Agar Penjualan Banyak 2020

Kesimpulan

Memasang iklan di Shopee memang bisa menjadi solusi bagi Anda yang kesulitan mempromosikan produk. Terlebih, promosi Shopee gratisan untuk beberapa toko memang kurang efektif. Anda bisa mempraktikkan cara iklan di Shopee yang sudah diulas agar omzet semakin meningkat.

Mungkin cukup segitu dulu untuk cara memasang iklan di shopee, semoga dapat mejadikan dagangan Anda laris dan terjual banyak.

Sekian,
Salam dan Terimakasih! 🙂

Yuk baca lagi!

Leave a Comment