√ Cara Mudah Merubah & Aktifkan Instagram Dark Mode di Android Kamu

Cara Instagram dark mode Android –  Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Instagram dark mode saat ini memang sedang banyak dicari oleh pecinta media sosial satu ini. Mungkin Anda adalah salah satu pengguna IG yang sering mengeluhkan mata cepat lelah, saat sedang asik scrolling foto-foto di Instagram. Hal ini disebabkan karena layar putih khas IG memang terlihat silau, tentu saja sangat mencolok mata, bukan?

Cara Instagram Dark Mode Android

instagram dark mode

Cara membuat Instagram dark mode sebenarnya sangat mudah, hanya saja mungkin belum banyak diketahui oleh para penggunanya. Simak cara-caranya berikut ini agar mata Anda tidak lagi sakit meski berlama-lama main IG.

1. Spesifikasi Android

Perlu Anda ketahui bahwa Instagram dark mode belum bisa dipasang untuk semua tipe Android. Pasalnya, mode ini hanya muncul pada Android yang telah mendukung “mode system wide”. Android yang sudah menggunakan fitur ini yaitu Android 10. Jika ponsel Anda sudah menggunakan tipe ini, maka lanjutkan ke cara berikutnya.

2. Aktifkan Dark Mode pada Ponsel

Sebelum masuk ke Instagram, Anda harus aktifkan dulu mode gelap pada smartphone. Cara dark mode Android,  aitu:

a. Masuk pada menu setting (pengaturan)
b. Sentuh menu display
c. Pilih night mode
d. Klik aktifkan

3. Gunakan Instagram Uji Coba Beta

Instagram dark mode hanya tersedia untuk versi beta. Jadi jika Anda ingin menggunakan fitur ini, maka Anda harus bergabung ke dalam versi ini. Langkahnya yaitu:

a. Buka aplikasi Play Store
b. Search aplikasi Instagram pada kolom pencarian
c. Buka halaman Instagram, cari opsi “join the beta”
d. Klik join the beta, dan tunggu konfirmasi selanjutnya

Perlu Anda tahu bahwa versi instagram dark mode ini cukup terbatas, pihak Instagram akan memberikan konfirmasi apakah Anda diterima atau tidak. Jika kuota atau slot penuh, biasanya Anda tidak diperkenankan untuk bergabung.

4. Install Instagram Beta

Jika Anda telah diterima untuk bergabung pada versi beta, cara selanjutnya yaitu download dan install Instagram Beta. Jika sudah selesai, maka Anda tidak perlu bingung lagi karena mode gelap sudah otomatis muncul, bahkan menjadi tampilan default.

Baca juga : √ 9 Tips Cara Jualan di Instagram Supaya Laris Untuk Pemula

Cara Instagram Dark Mode Android di iOS

instagram dark mode

Sama seperti pada ponsel Android, mode gelap pada Instagram juga belum bisa digunakan untuk semua tipe iOS. Tipe iOS yang telah mendukung mode gelap yaitu hanya iOS 13. Apakah ponsel Anda sudah menggunakan iOS 13? Jika iya, silahkan simak caranya berikut ini:

1. Aktifkan Mode Gelap Ponsel

Pertama, Anda harus mengaktifkan model gelap terlebih dulu melalui setting ponsel Anda. Caranya:

a. Buka pengaturan (setting) ponsel
b. Pilih menu tampilan atau display
c. Aktifkan opsi “dark mode”

2. Download Instagram Terbaru

Selanjutnya, cara instagram dark mode yaitu Anda harus mengunduh atau memperbarui aplikasi Instagram Anda menjadi yang terbaru. Anda bisa mengunduh dan menginstalnya lewat aplikasi Apple App Store.

3. Buka Instagram Terbaru

Setelah berhasil memperbarui aplikasi Instagram, selanjutnya buka dan operasikan seperti biasa. Tampilan gelap sudah otomatis ada dan menjadi tampilan default. Jadi, Anda tidak perlu lagi mengubah pengaturan tampilannya.

4. Kembali pada Mode Normal

Jika sewaktu-waktu Anda bosan dan ingin kembali pada mode normal, caranya mudah saja. Anda cukup buka kembali menu setting, dan rubah opsi dari “dark mode” menjadi “normal mode”. Maka tampilan Instagram Anda akan kembali seperti semula.

Baca juga : √ Cara membuat hashtag di instagram agar Tertarget

Cara Membuat Instagram Dark Mode Pada Iphone

instagram dark mode

Selanjutnya, Anda juga bisa memakai cara Instagram dark mode Android pada iPhone kesayangan Anda. Caranya sama, Anda harus pastikan telah menggunakan sistem operasi iOS versi 13. Kemudian masuk ke menu pengaturan, dan ubah tampilan dari “normal” menjadi “gelap”.

Saat pengaturan iPhone sudah berada dalam mode gelap, maka semua aplikasi akan tampil dengan mode gelap, termasuk salah satunya yaitu Instagram. Selain menggunakan sistem operasi iOS 13 pada iPhone, pastikan juga bahwa Instagram Anda telah diperbarui.

Baca juga : √ Contoh Bio Instagram Bisnis untuk Olshop Agar Menarik

Penutup

Cara Instagram dark mode Android sangat mudah dan simpel. Hal ini merupakan terobosan terbaru dari Instagram, dan tentu saja berkaitan dengan sistem operasi versi terbaru, baik itu untuk Android sendiri maupun iPhone. Selain tampilan yang lebih elegan, mode gelap juga bisa mengurangi resiko mata lelah akibat paparan layar yang terlalu silau.

Mungkin cukup sekian dulu untuk pembahasan Cara Instagram dark mode Android. Semoga bermanfaat..

Sekian,
Salam dan Terimakasih! 🙂

Yuk baca lagi!

Leave a Comment