√ Tips Cara Jualan Barang di Amazon yang Sukses untuk Pemula 2020

Cara jualan barang di Amazon –  Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Jualan barang di Amazon kini mulai banyak dilakukan oleh para seller dan digemari oleh penjual di seluru dunia. Selain untuk melakukan ekspansi pasar produk yang lebih luas, cara jualann barang di Amazon ini juga tergolong sangat efisien dan murah. Tidak hanya itu, platform ini juga memiliki konsumen yang cukup beragam dari seluruh dunia. Tentunya ini sangat bagus untuk Anda dalam meningkatkan jumlah penjualan.

Mulai didirikan sejak tahun 1994, membuat Amazon menjadi situs online terbesar nomor satu yang ada di dunia. Berkat analisis serta perhitungan bisnis yang tepat menjadikan perusahaan ini sukses berkembang secara signifikan. Hal ini membuat Amazon menjadi platform yang layak untuk Anda gunakan sebagai tempat menjual produk.

Sebelum melakukannya, tentu Anda harus tahu bagaimana cara jualan barang di Amazon. Di bawah ini ulasan mengenai proses pembuatan akun seller hingga menentukan metode pengiriman.

Membuat Akun atau New Customer

jualan di amazon

Jika Anda belum pernah mendaftarkan akun di situs resmi websiteAmazon, maka cara ini merupakan tindakan wajib yang harus dilakukan. Hal ini dikarenakan Anda bisa menggunakannya sebagai pihak untuk membeli produk ataupun jualan di Amazon.

Berikut ini proses pembuatan akun yang bisa Anda terapkan sebelum melakukan cara jualan barang di Amazon.

  • Pertama Anda bisa perlu mengunjungi website resmi Amazon atau klik https://www.amazon.com
  • Pada homepage utama ini, Anda bisa mengarahkan kursor ke bagian pojok kanan atas website untuk memilih menu “Account&List”.
  • Selanjutnya, pada menu drop down ini Anda bisa klik “Start Here” yang akan menampilkan halaman baru berupa kolom pendaftaran.
  • Anda perlu mengisi nama, email, password dan konfirmasi ulang password yang digunakan pada akun tersebut.
  • Langkah terakhir, Anda akan diminta untuk memasukkan kode OTP berupa kode angkat 6 digit. Kode unik ini bisa dilihat pada akun email yang sebelumnya Anda daftarkan.

Baca juga : √ Tips Cara jualan online Online Masa Kini Terbaru 2020 

Cara Jualan Barang di Amazon

jualan di amazon

Setelah berhasil melakukan pendaftaran akun, maka tahap selanjutnya adalah mengubah akun sebagai pihak penjual atau seller. Pada proses ini Anda perlu melakukan beberapa tahapan sebelum memulai aktivitas cara jualan barang di Amazon. Tentunya cara ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama dibandingkan dengan Anda melakukan pendaftaran akun baru.

Di bawah ini langkah-langkah dalam melakukan cara jualan barang di Amazon yang bisa Anda ikuti.

  1. Mendaftar Sebagai Seller

jualan di amazon

Sebelum melakukan jualan barang di platform Amazon, Anda perlu melakukan pendaftaran SellerAccountsebagai informasi mengenai data produk yang dimiliki. Langkah ini bisa dilakukan dengan mengunjungi halaman resmi AmazonSeller atau klik https://sell.amazon.com.

Selanjutnya, klik menu “SignUp” untuk beralih ke halaman formulir yang wajib untuk Anda isi. Pada bagian formulir ini, Anda diminta untuk mengisi lokasi bisnis atau “BussinesLocation” dan tipe bisnis yang dijalankan. Jika termasuk sebagai perusahaan besar, maka pilih “Owned Business”. Namun, jika perorangan, maka Anda bisa “Individual”.

Kemudian, Anda diminta untuk mengisi nama sesuai dengan kepemilikan bisnis. Terdapat tiga kolom nama yang bisa diisi oleh seller. Jika mempunyai nama tunggal, maka Anda bisa mengisi kolom kedua dengan “No”, dan “LastName” untuk kolom yang ketiga. Cara ini sering dilakukan untuk pengguna yang hanya memiliki nama tunggal.

Setelah semua kolom pendaftaran berhasil Anda isi, maka langkah berikutnya adalah menekan tombol “AgreeandContinue”.

  1. Mengisi Informasi Mengenai Pemilik Account

 

jualan di amazon

Pada kolom ini Anda akan diminta untuk mengisi data pribadi sebagai pihak pemilik Akun. Mulai dari asal negara, nomor kartu kredit, nama penjual, serta alamat pembayaran. Semua informasi ini harus Anda isi secara teliti agar tidak jadi kesulitan di kemudian hari.

Kemudian Anda perlu mengisi nomor telepon sesuai dengan kode negara yang ditempati. Setelah berhasil memasukkan nomor, pilih menu “CallNow” untuk mendapatkan kode berupa PIN Verifikasi dari Amazon. Masukkan kode PIN ini pada bagian kolom bawah. Langkah berikutnya Anda sudah bisa klik “Register andContinue” untuk melakukan cara jualan barang di Amazon.

Baca juga : √ Tips Cara jualan di fiverr Terbaru Saat Ini 2020

  1. Menentukan Kategori Produk

jualan di amazon

Platform Amazon menyediakan beragam kategori produk yang bisa dijual oleh pihak seller. Hal ini tentunya semakin memudahkan Anda dalam memilih kategori produk yang ingin dipasarkan. Anda juga bisa menggunakan kata kunci seperti nama produk, judul ataupun edisi dari produk.

Jika Anda tidak menemukan kata kunci dari produk tersebut, maka bisa mencarinya dengan memasukkan kode ISBN, UPC ataupun ASIN. Produk yang Anda jual mungkin akan sama dengan barang yang produksi oleh pihak Amazon sendiri. Apabila mengalami kejadian ini, maka Anda bisa langsung memilih barang tersebut dan memilih menu “Sellyourshere”.

  1. Memasukkan Kondisi, Jumlah, dan Metode Pengiriman

jualan di amazon

Sebelum melakukan penjualan, pihak seller perlu menyebutkan kondisi barang atau produk yang ingin dijual. Pihak Amazon juga menyediakan beberapa opsi pilihan untuk menentukan kondisi produk tersebut. Anda dapat memilih used-acceptable, used-good, used-verygood,used-likenew, dan New. Penjual juga bisa menambahkan catatan penting mengenai kondisi barang yang sebenarnya.

Selanjutnya, Anda bisa menyematkan harga dari produk tersebut. Pada penentuan harga ini, pihak Amazon membebaskan para seller untuk harga yang disematkan dari masing-masing produk. Anda juga bisa memasang harga yang lebih murah agar dapat menarik minat pembeli.

Langkah terakhir, Anda bisa memasukkan jumlah produk yang ingin dijual. Setelah itu, tentukan juga metode pengiriman yang ingin dilakukan. Platform Amazon juga memungkinkan barang yang dikirim bisa diterima ke seluruh dunia. Tentunya ini sangat baik untuk Anda dalam memperluas jumlah pasar.

Baca juga : √ Tips Cara Jualan Pulsa Untung dan Tidak Rugi Terbaru

Penutup

Jika Anda seorang pemula, disarankan untuk memilih tipe bisnis Individual. Hal ini dikarenakan Amazon membebaskan para seller dari biaya penjualan ataupun pemasangan iklan. Berbeda dengan pemilik toko besar yang akan memilih menu OwnedBusisness. Tentunya jenis tipe ini dikenakan biaya tambahan olehp perusahaan Amazon.

Mungkin cukup sekian dulu untuk pembahasan cara jualan barang di Amazon . Semoga bermanfaat..

Sekian,
Salam dan Terimakasih! 🙂

Yuk baca lagi!

Leave a Comment