√ Tips dan Trik Cara Jualan di Ebay dari Indonesia Terbaru untuk Pemula

Cara jualan di ebay Cara –  Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Saat ini cara Jualan di eBay bisa Anda lakukan jika ingin mencari pangsa pasar produk yang lebih luas. Selain hadir sebagai marketplace seluruh dunia, eBay juga sudah memiliki 49 cabang aktif dari masing-masing negara. Tentunya ini bisa menjadi peluang Anda dalam mencari target pasar luar negeri yang memiliki nilai mata uang lebih kuat dari pada Indonesia.

Tidak hanya itu, jika barang yang dijual bersifat seni ataupun unik Anda bisa menetapkan harga dengan taksiran yang tinggi. Hal ini dikarenakan eBay bisa mendatangkan pembeli dari belahan negara luar. Pada proses pembayaran, pihak seller diwajibkan untuk memiliki akun Paypal agar lebih mudah melakukan transaksi. Di bawah ini ulasan mengenai cara jualan di eBay terbaru.

Baca juga : √ Tips Cara jualan online Terkini untuk Pemula 2020

1. Cara Membuat Akun eBay

 

jualan di ebay

Sebelum menggunakan situs eBay, maka Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Adanya akun ini bisa digunakan sebagai kebutuhan untuk menawar barang lelang yang ada di eBay, membeli suatu produk secara langsung, hingga menjadi pihak untuk jualan di eBay. Tentunya ini bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk meningkatkan perkembangan bisnis.

Pada proses pembuatan akun ini Anda hanya memerlukan sebuah email aktif. Penggunaan email memiliki fungsi untuk mendapatkan kata sandi baru jika pengguna lupa dengan kata sandi sebelumnya. Minimum syarat penggunaan kata sandi ini, yaitu kombinasi antara huruf dan angka. Anda juga diminta untuk memasukkan nama untuk akun yang ingin di daftarkan.

Di bawah ini cara-cara untuk membuat akun eBay sebelum melakukan penjualan barang.

  • Pertama Anda dapat kunjungi laman situs resmi eBay atau klik http://www.ebay.com/ ke bagian bilah navigasi dari browser yang digunakan.
  • Setelah halaman utama tampil, Anda bisa klik menu “register” yang ada di atas logo eBay bagian samping kiri atas.
  • Pada bagian ini, Anda diminta untuk mengisi beberapa informasi mengenai nama depan, nama belakang, email aktif, serta kata sandi akun.
  • Selanjutnya, ketuk menu “Submit” dan klik “Continue” untuk menyelesaikan pendaftaran.

Pada menu pendaftaran, pengguna juga ditawarkan opsi oleh eBay untuk melakukan pembuatan akun secara langsung melalui akun Facebook, Google, atau Apple. Adanya proses ini dapat membantu Anda untuk membuat akun secara cepat dan mudah. Anda hanya perlu melakukan persetujuan untuk bisa menghubungkannya.

Baca juga : √ Cara Mudah Jualan di Fiverr untuk Pemula 2020

2. Cara Jualan di eBay

jualan di ebay

Jika sudah memiliki akun, kini saatnya Anda sudah bisa melakukan cara jual barang di eBay. Umumnya, proses pendaftaran untuk penjualan di eBay tergolong sangat mudah jika dibandingkan dengan platform lainnya. Anda cukup menyediakan nomor telepon yang aktif serta lokasi toko yang detail. Selain itu, terdapat juga kode pos yang perlu Anda isi pada kolom pendaftaran sebagai seller.

Tentunya, Andaharus memiliki akun Paypal sebagai wadah untuk menerima pembayaran universal dari hasil penjualan. Hal ini dikarenakan mata uang yang diterima dari pembeli bisa berbeda dengan Indonesia. Selain itu, pihak seller juga bisa melakukan cara jualan di eBay dengan sangat praktis dan mudah.

Berikut ini langkah-langkah dalam cara jualan di eBay yang bisa Anda terapkan.

  • Masuk ke halaman utama situs website eBay menggunakan akun yang sebelumnya sudah Anda daftarkan.
  • Selanjutnya, pilih menu profil dan klik “AccountSettings” yang ada di bawah foto akun Anda.
  • Kemudian, pada halaman baru ini Anda masuk ke bagian “Selling” dan ketuk sub menu “SellerDasboard”.
  • Pada bagian formulir pendaftaran, Anda diminta untuk mengisi asal negara penjual, alamat toko, kota, serta data provinsi dan nomor ponsel aktif. Perlu dicatat dalam pengisian data ini harus dilakukan secara saksama agar tidak terjadi kekeliruan di waktu yang akan datang.
  • Jika sudah berhasil, klik menu “Continue” untuk melanjutkan proses cara jualan barang di eBay.
  • Berikutnya, Anda akan di arahkan ke halaman baru dashboard eBay .
  • Pilih menu “Sell”, lalu klik sub menu “All Selling” dan masuk ke bagian “List item” yang ada di bagian samping kanan atas.
  • Pada tahapan ini Anda hanya perlu mengisi data produk sesuai dengan barang yang ingin dijual. Mulai dari judul, kategori, UPC, kondisi, dan foto produk.
  • Jika semua proses sudah Anda lakukan, klik menu “List item” yang ada pada bagian bawah.

Pada proses list item ini, produk Anda akan tampil di situs website eBay selama waktu 60 hari. Jika produk sudah habis sebelum batas waktu tersebut, maka bisa menghapusnya dari list agar tidak ditampilkan kembali oleh eBay. Namun, jika belum habis Anda bisa melakukan list ulang untuk item yang ditawarkan.

Baca juga : √ Cara Jualan di Gojek Agar Laris Manis

Penutup

Mudahnya persyaratan dalam melakukan penjualan barang di situs website eBay, membuat platform ini memiliki barang yang tergolong cukup lengkap. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan nilai mata uang USD sebagai trik jualan di eBay. Hal ini dikarenakan USD memiliki nilai tukar yang lebih kuat jika dibandingkan dengan mata uang lainnya.

Mungkin cukup sekian dulu untuk pembahasan cara jualan di ebay . Semoga bermanfaat..

Sekian,
Salam dan Terimakasih! 🙂

Yuk baca lagi!

Leave a Comment