√ Cara Jualan di Marketplace untuk Pemula Biar Laris – Sukses & Mudah

Cara Jualan di Marketplace – Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Tren belanja online saat ini memang menjadi kesempatan emas untuk memulai usaha online. Banyak orang mulai membuka online shop di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain-lain. Bagaimana cara jualan di Marketplace yang baik dan benar?

Jualan online banyak dipilih karena seller tidak perlu memiliki tempat bisnis khusus. Selain itu, pemasaran pun lebih mudah dilakukan karena beberapa marketplace sedang banyak melesat di tanah air. Ditambahlagi hobi belanja online masyarakat di berbagai kalangan.

Beberapa Marketplace yang Menguasai Pasar

jualan di marketplace

Marketplace merupakan salah satu sarana marketing yang bisa dimanfaatkan penjual untuk menawarkan produknya. Marketplace memiliki posisi sebagai media perantara berbagai transaksi jual beli antara seller dan pembeli.

Tempat jual beli online ini memiliki keamanan bertransaksi ketika melakukan pembayaran. Beberapa marketplace memang sedang naik daun seiring tren belanja online yang semakin melesat. Bukan tanpa alasan, memang masyarakat lebih senang berbelanja online.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, baik yang dirasakan oleh pembeli maupun penjual. Tak heran jika seller semakin menjamur di berbagai marketplace. Berikut beberapa marketplace yang menguasai pasar online shop di Indonesia.

Marketplace Facebook

jualan di marketplace

Facebook marketplace merupakan media jual beli online khusus para pengguna media sosial Facebook. Pada halaman awal Facebook, Anda bisa menemukannya di ujung kiri atas.

Tujuan disediakannya marketplace di media sosial ini adalah untuk memudahkan pengguna menemukan berbagai produk yang dijual di Facebook. Pengguna tidak perlu mendownload aplikasi tambahan untuk memanfaatkan fitur ini.

Namun, fitur yang diluncurkan pada 2016 lalu ini masih belum optimal digunakan. Pengguna masih banyak yang dibingungkan mengenai harga. Bahkan beberapa memposting produknya dengan harga yang tidak masuk akal. Hal ini untuk memancing calon pembeli untuk bertanya.

Marketplace Shopee

jualan di marketplace

Siapa yang tidak mengenal marketplace satu ini? Shopee merupakan marketplace yang didirikan pada 2009 di Singapura. Kemudian baru memperluas jangkauannya pada 2015 di tanah air. Shopee memiliki banyak kelebihan yang membuatnya banyak dilirik pecinta belanja online.

Marketplace yang sering memberikan voucher gratis ongkir ini semakin banyak dikunjungi pada 2020 ini. Dikutip dari data CupoNation, situs e-commerce ini mendapat jumlah kunjungan hingga 8371.1 juta per 2019 lalu.

Marketplace Tokopedia

jualan di marketplace

Tokopedia didirikan pada 2019 di Jakarta, Indonesia. Namun, pengembangan bisnis Tokopedia tidak hanya di tanah air tetapi di beberapa wilayah di Asia Tenggara lainnya. Pada 2019, marketplace raksasa ini mendapat 1.2 milyar kunjungan, dengan rincian 863.1juta kunjungan dari aplikasi mobile dan 329.8 juta dari versi desktop.

Posisi Tokopedia sebagai marketplace terbesar di tanah air memang belum tergeser. E-commerce dengan interface simple namun menarik ini masih memimpin sebagai marketplace yang paling banyak dikunjungi.

Marketplace Bukalapak

jualan di marketplace

Marketplace yang diluncurkan pada 2010 ini menjadi salah satu yang menguasai pangsa pasar jual beli online di Indonesia. Momentum kemajuan Bukalapak sebagai e-commerce yaitu saat sepeda lipat banyak dibeli secara online pada 2010.

Meski sempat mengalami penurunan pasca ditinggal Ahmad Zaky, Bukalapak masih berada di 3 besar marketplace besar di Indonesia. Pada 2019 lalu, pengunjung Bukalapak mencapai 823.5 jutakunjungan.

Cara Berjualan di Marketplace

jualan di marketplace

Setelah mengetahui beberapa marketplace yang menguasai pangsa pasar online di Indonesia, kini saatnya Anda terjun ke bisnis ini. Menawarkan produk Anda di marketplace berpotensi mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Terlebih jika Anda memahami trik atau cara jualan di marketplace. Apa sajakah itu? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda:

1.     Miliki Produk yang Berkualitas

Meski pelanggan menyukai harga barang yang murah, namun memilih produk berkualitas tetap nomor satu. Jika Anda hendak terjun ke dunia bisnis online, tentukanlah produk apa yang hendak ditawarkan. Pastikan kualitasnya bagus agar kredibilitas toko online Anda bisa dipercaya.

Selain itu, produk yang berkualitas banyak diminati saat ini. Bahkan jika harganya sedikit mahal, masih banyak peminatnya. Oleh karena itu, pertimbangkan selalu untuk melakukan carajualan di marketplace satu ini demi kepuasan pelanggan.

2.     Pilih Nama Toko Online yang Mudahdiingat

Membuat nama toko online seringkali cukup menyita waktu dan pikiran. Seller tidak bisa begitu saja menggunakan nama olshop secara sembarangan. Beberapa pertimbangan perlu diperhatikan. Salah satunya adalah memilih nama toko online yang mudah diingat.

Terdapat kriteria lain untuk mendapatkan nama olshop yang pas, misalnya penggunaan nama yang singkat dan sederhana, riset nama, nama harus sesuai dengan produk, dan lainnya. Tidak usah terburu-buru memutuskan nama olshop Anda, pikir matang-matang sebelum akhirnya diluncurkan.

3.     Buat Logo untuk Profil Toko Online

Membuat logo toko online juga penting dilakukan meskipun olshop Anda baru seumur jagung. Hal ini untuk menunjukkan identitas dan agar masyarakat lebih mengenal toko online Anda. Tidak usah khawatir, kini sudah tersedia situs dan aplikasi pembuat logo gratis di internet.

Diantaranya adalah Zyro’s, Canva, Visme, dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkannya secara gratis tanpa biaya. Buatlah logo yang menarik dan simple, usahakan pula agar mudah diingat orang lain.

4.     Sediakan Jasa Ekspedisi yang Lengkap

Memilih jasa pengiriman barang yang tepat juga tak kalah penting untuk jualan di marketplace. Hal ini karena kepuasan pembeli terhadap jasa ekspedisi juga berpengaruh terhadap kredibilitas toko online.

Tersedia banyak jasa ekspedisi yang bisa Anda pilih sebagai partner, yaitu Ninja Xpress, JNT Express, JNE, SiCepat, Tiki, Wahana Logistic, dan lain-lain.

5.     Deskripsi Produk yang Jelas

Cara jualan di marketplace berikutnya adalah membuat deskripsi produk yang jelas. Hal ini untuk mempermudah pembeli mengetahui detail produk. Deskripsi yang tidak jelas terkadang membuat toko online Anda dianggap abal-abal.

Menuliskan deskripsi produk juga bisa disertai kata-kata promosi yang efektif agar pelanggan semakin tertarik.

6.     Gunakan Gambar Produk yang Berkualitas

Ketika hendak membuat postingan jualan, sebaiknya Anda tidak asal memilih gambar. Hal ini karena gambar produk menjadi yang pertama kali dilihat oleh pembeli. Pastikan gambar yang diambil jelas, tidak blur, dan berkualitas.

Tak jarang, pelanggan beralih ke toko online lain karena melihat foto produk yang kurang mengenakkan. Meski terkesan sepele, hal ini penting dipertimbangkan agar olshop Anda semakin ramai.

7.     Harga Jual Produk yang Bersaing

Menjual produk yang banyak pesaing memang memerlukan teknik khusus. Sebaiknya, pasang harga bersaing agar produk Anda banyak dilirik.

Jangan memasang harga terlalu tinggi karena pelanggan bisa kabur untuk melihat tempat lain dengan produk serupa.Namun, jangan juga memasang harga terlalu rendah karena Anda bisa merugi.

8.     Fast Respon

Fast respon menjadi salah satu penilaian konsumen terhadap sebuah toko online. Oleh karena itu, pastikan Anda fast respon ketika melayani calon konsumen agar jadi membeli produk Anda. Selain itu, Anda jugaperlu merekrut admin online khusus untuk menangani toko online.

Olshop yang slow respon seringkali mendapat penilaian yang buruk. Daripada hal ini terjadi, lebih baik mulai meningkatkan pelayanan pembeli dengan fast respon.Dijamin cara berjualan di marketplace ini akan mendatangkan lebih banyak pembeli karena tidak perlu menunggu lama.

Penutup

Cara jualan di marketplace pada dasarnya memang membutuhkan kesabaran. Terlebih bagi Anda yang baru memulai, sebaiknya fokus pada pelayanan terbaik untuk pelanggan. Jika toko online Anda semakin dikenal karena pelayanan yang baik, omset pun bisa naik dengan cepat.

Mungkin cukup segitu dulu untuk pembahasan cara jualan di marketplace. Semoga bermanfaat..

Sekian,
Salam dan Terimakasih! 🙂

Leave a Comment