√ 6 Tips Cara jualan Online di Facebook untuk Pemula : Langkah Berjualan di Sosmed

Cara jualan online di facebook –  Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Saat ini dunia jual beli online memang sedang naik daun. Berbagai penawaran yang mudah menjadi salah satu alasan terkuat bagi orang-orang untuk lebih memilih layanan tersebut. Dengan begitu, para penjual pun memutar otak untuk memanfaatkan berbagai media sosial. Salah satunya adalah Facebook sebagai platform dengan pengguna terbanyak. Cara jualan onilne di Facebook pun beragam.

Apalagi untuk saat ini rata-rata pengguna Facebook masyarakat Indonesia hampir dari semua kalangan, terlebih kaum Hawa. Salah satu alasannya yaitu, pada media ini ada banyak fitur menarik yang bisa digunakan untuk jualan, seperti layanan “grup” dengan peserta dari seluruh Indonesia. Seiring berkembangnya zaman, pihak Facebook juga memperbaiki performanya dengan menampilkan menu marketplace hingga video watch TV.

Cara Jualan Online di Facebook

cara jualan di facebook

Meskipun Facebook tergolong sebagai platform yang paling jadul, akan tetapi penggunanya  pun ada banyak (selain media sosial seperti YouTube dan Twitter). Hal ini karena situsnya memiliki tampilan user friendly, serta jangkauan yang cukup luas dan cepat untuk berdagang secara daring. Untuk itu, perhatikan cara jualan online di Facebook supaya cepat laris manis:

  1. Membuat Akun Facebook Baru

cara jualan di facebook

Apabila sebelumnya Anda telah memiliki akun Facebook, maka anda bisa menggunakannya dan hanya tinggal menggati nama yang sesuai saja untuk berjualan di facebook. Akan tetapi, jika belum atau tidak nyaman dengan akun lama, maka wajib untuk membuat yang baru khusus untuk jualan. Hanya saja ,proses untuk memiliki banyak perteman serta persetujuan masuk dalam berbagai grup jual beli akan membutuhkan sedikit waktu yang lebih lama. Barulah kemudian lakukan pendaftaran seperti biasa dengan masuk ke halaman “create new account”.

  1. Membuat Halaman Facebook

cara jualan di facebook

 

 

Langkah kedua cara jualan di Facebook adalah menautkannya dengan halaman Facebook. Inilah salah satu kelebihannya bahwa para seller bisa membuat sebuah fanpage yang berisikan produk-produk khusus. Kemudian mengundang beberapa teman online untuk mengunjungi serta menyukainya. dengan cara jualan online di Facebook seperti ini, maka dagangan akan lebih cepat terkenal (setidaknya dikalangan pertemanan).

  1. Bergantung dengan Grup Jual Beli

cara jualan di facebook

Seperti sedikit pembahasan sebelumnya yang sempat menyinggung bahwa Facebook merupakan tempatnya perkumpulan grup-grup apa saja (termasuk jual beli) di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, apabila Anda ingin berjualan di Facebook, lakukan interaksi pada lebih banyak kelompok dengan cara bergabung. Kemudian sering-sering memposting dagangan adalah kunci kesuksesannya.

  1. Melakukan promosi di Grup Jual Beli

cara jualan di facebook

Apabila telah berhasil bergabung dengan banyak forum jualan online di Facebook, maka kini saatnya Anda melancarkan aksi untuk melakukan banyak promosi di facebook. Namun, jangan sampai berlebihan hingga orang lain justru akan menganggap postingan tersebut adalah spam. Jadi, lakukan secara berkala saat anda berjualan di facebook tetapi konsisten sehingga post akan sering ter-up dan terlihat oleh lebih banyak orang. Jika mereka tertarik, maka postingan pun akan banjir komentar.

  1. Melakukan Promosi di Marketplace

cara jualan di facebook

Menariknya dari Facebook ini adalah adanya fitur marketplace yang khusus ada untuk para penjual online facebook. Pada layanan ini Anda bisa memulai dengan mengklik fiturnya, kemudian pilih jual barang. Selanjutnya upload foto atau video promosi dan berikan deskripsi yang sesuai untuk persiapan jualan di facebook. Kemudahan dari menggunakan media ini adalah untuk sekali posting bisa langsung terkirim ke banyak grup sekaligus sehingga akan lebih efisien.

  1. Tambahkan Teman Sesuai Target pasar

cara jualan di facebook

Langkah terakhir untuk berjualan di facebook adalah memperluas jaringan pertemanan akan tetapi usahakan mencari yang sesuai dengan target pasar Anda, sehingga peluang barang ter-up dan terjadinya transaksi akan lebih besar. Cara paling mudah untuk berjualan adalah bisa dengan menambahkan setiap list nama yang ada pada grup jual beli online tersebut, yaitu dengan membuka lamannya kemudian pilih daftar anggota. Pada bagian samping nama akan ada tombol “tambahkan teman”, klik dan tunggu persetujuannya.

Penutup

Cukup mudah bukan cara jualan online di Facebook. Apalagi belakangan media sosial ini lebih banyak terpakai oleh kaum ibu-ibu dan bapak-bapak. Tentu saja mereka bisa menjadi target yang empuk unutuk penjual online seperti Anda. Sebenarnya supaya produk bisa lebih cepat terkenal yaitu dengan sering-sering melakukan interaksi dengan sesama teman daring.

Mungkin cukup sekian dulu untuk pembahasan cara jualan online di facebook . Semoga bermanfaat..

Sekian,
Salam dan Terimakasih! 🙂

Yuk baca lagi!

Leave a Comment