√ Tips 7 Cara Jualan Online Dijamin Laris Manis di Tahun 2020

Cara jualan online – Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Ternyata 2020 menjadi tahun yang pahit bagi dunia usaha offline. Bayangkan saja, Anda pasti tiap hari disuguhi dengan berita usaha yang gulung tikar karena sepi pembeli. Tapi ada satu bidang yang terus bertahan, yaitu jualan online. Apakah Anda berminat? Lalu bagaimana cara jualan online?

Pandemi Covid-19 ternyata mengajarkan kita semua bahwa pemasukan tambahan itu harus ada. Pemasukan cadangan inilah yang berfungsi sebagai dana cadangan/darurat jika kondisi di luar perkiraan tiba-tiba terjadi. Nah, jualan online bisa jadi cara mendapatkan uang dari internet dan sebagai penghasilan tambahan.

Bagaimana kalau sulit? Tenang saja, jangan mundur dulu sebelum mencobanya. Nyatanya semua orang bisa menjalani usaha ini asalkan mau belajar. Setidaknya Anda bisa menggunakan 7 tips bagaimana menjalankan usaha dan bisa bersaing dengan para penjual online lainnya.

Tentukan Produk yang Akan Dijual

cara sukses jualan online

Semua orang yang ingin berjualan pasti pertama kali akan memikirkan produk apa yang akan dijualnya. Anda pun demikian, pikirkan baik-baik produk/barang atau jasa apa yang akan dijual. Bagaimana cara memilih barang apa yang akan dijual?

Ada beberapa pertimbangan dalam menentukan produk yang akan dijual. Mulai dari pangsa pasar hingga harga baku yang bisa Anda jangkau. Baiknya Anda mempertimbangkan hal-hal di bawah ini:

  1. Pastikan produk yang akan dijual banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Barang/jasa ini haruslah dianggap penting oleh orang-orang, jadi nantinya Anda akan lebih mudah menjualnya.
  2. Barang/jasa yang akan ditawarkan harus menyasar segmen pasar tertentu. Jangan berharap Anda akan menjual barang untuk semua kalangan. Cukup fokus menjual untuk 1 segmen saja, misalnya anak-anak, remaja, atau orang tua.
  3. Pastikan ukuran barang tidak lebih dari 1 kg. Orang-orang cenderung enggan membeli barang berukuran besar/berat dari tempat jualan online.
  4. Jangan menjual barang yang ada di minimarket. Orang-orang pasti cenderung lebih suka pergi ke minimarket karena tak perlu membayar ongkos kirim.
  5. Carilah barang yang punya harga sekitar Rp60.000,00 sampai Rp3.000.000,00.
  6. Pastikan Anda hanya menjual barang-barang asli. Jangan menjual produk KW dengan embel-embel asli jika tidak ingin kehilangan kepercayaan dari konsumen.

Baca juga : √ Tips Cara Jualan Barang di Amazon untuk Pemula

Hitung Biaya Produksi dan Operasional Produk

cara sukses jualan online

Jika Anda sudah menemukan barang/jasa apa yang akan dijual, cara jualan online berikutnya adalah menghitung beberapa biaya dasar. Biaya inilah yang nantinya akan membantu Anda menentukan harga jual produk. Perhitungan yang rinci akan membuat usaha Anda terhindar dari kerugian.

Jika Anda memproduksi sendiri produk/jasa yang akan dijual, maka ada yang namanya biaya produksi. Biaya ini mencakup:

  • Pembelian bahan baku.
  • Biaya pembelian alat produksi.
  • Biaya pembelian kemasan produk.

Kemudian ada juga yang namanya biaya operasional. Anda yang tidak memproduksi sendiri barang yang akan dijual pun pasti tak bisa menghindari biaya ini. Apa saja yang masuk dalam biaya operasional dalam jualan online?

  • Biaya listrik, bahan bakar, dan jika ada sewa tempat/gudang.
  • Biaya transportasi.
  • Biaya ongkos kirim.
  • Biaya komunikasi (telepon dan internet).

Baca juga : √ Cara Jualan di Ebay dari Indonesia Terbaru 2020

Tentukan Harga Jual Produk/Jasa

cara mendapatkan resi otomatis bukalapak

Nah, jika Anda sudah merinci berapa besar biaya produksi dan operasional yang harus ditanggung, maka Anda bisa mencari harga jual. Jangan sampai Anda menjual dengan harga yang sangat murah, keuntungan sedikit, dan tak bisa menutup modal tersebut.

Bagaimana caranya menentukan harga jual produk/jasa?

1. Metode Markup Pricing

Misalnya Anda ingin menjual keripik ubi. Total biaya yang dikeluarkan untuk produksi atau membeli keripik tersebut Rp10.000,00. Anda kemudian ingin menjualnya dengan markup 20%, maka perhitungannya jadi Rp14.000,00.

2. Margin Pricing

Berbeda dengan markup pricing, pada metode ini Anda lebih dulu harus menentukan target penjualan. Maksudnya seberapa banyak produk Anda harus laku terjual. Rumus ini berguna untuk memperkirakan apakah harga jual yang Anda patok terlalu mahal atau tidak.

Margin price = (harga jual – modal)/ harga jual

Jika Anda menemukan margin price produk yang lebih dari 50%, sebaiknya koreksi kembali harga jualnya. Mayoritas produk/jasa memang tidak pernah dijual dengan profit lebih dari 50%. Jika Anda terlalu besar mengambil keuntungan, siapa juga yang mau beli produk tersebut?

3. Value Price

Berbeda dengan margin price, value price ini memang sedikit di luar nalar. Harga jual untuk sebuah produk bukan dilihat dari biaya bahan baku, operasional, plus sedikit keuntungan. Tapi produk tersebut dijual berdasarkan “value”.

Contoh nyatanya adalah barang-barang mewah. Konsumenlah yang menentukan harga jual produk. Caranya dengan memberikan kuesioner kepada masyarakat. Barang-barang seni juga banyak menggunakan metode ini saat dijual.

4. MSRP

Anda ingin berjualan online dengan menjadi reseller? Biasanya ada yang namanya MSRP atau harga jual yang disarankan. Jadi, Anda tak perlu lagi memikirkan berbagai jenis margin keuntungan. Anda tinggal menjual sesuai ketentuan dari produsen produk tersebut.

Baca juga : √ Cara Jualan di Lazada untuk Pemula Tanpa Modal

Buatlah Rencana Bisnis

Meskipun hanya berjualan dari rumah, bukan berarti Anda menjalankannya tanpa rencana. Cara jualan online yang bagus dengan perencanaan bisnis yang matang. Apa saja yang masuk dalam sebuah rencana bisnis Anda?

  1. Menentukan darimana modal awal berasal. Apakah menggunakan dana tabungan atau pinjaman?
  2. Menentukan cara pengemasan barang, alat transportasi, hingga jasa ekspedisi yang digunakan.
  3. Menentukan akan menggunakan marketplace terkenal di Indonesia atau membuat website sendiri.
  4. Target penjualan barang/jasa.
  5. Pembukuan cashflow produk.

Tentukan Platform Jualan Online Anda

cara sukses jualan online

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pilihlah platform penjualan yang dirasa paling tepat. Anda bisa memasarkan produk via marketplace terkenal seperti Shopee dan Bukalapak. Dengan mengetahui cara jualan di Shopee atau jualan di bukalapak, banyak sisi positif yang akan anda dapatkan seperti bebas biaya dan banyak event promosi. Tapi jika ingin barang terlihat istimewa, Anda juga bisa membangun website sendiri.

Bergabung dalam Komunitas Penjual Online

cara sukses jualan online

Jangan selalu menganggap sesama penjual online adalah lawan/saingan. Anda pun perlu bergabung dalam komunitas mereka untuk mendapatkan informasi dan ilmu terbaru. Dari grup ini pulalah Anda bisa tahu trik atau strategi pemasaran yang sedang tren saat ini.

Ada kalanya juga grup ini dibuat dalam jejaring media sosial misalnya Facebook. Grupinipun kemudianbisamenjadi wadah jualan online Anda. Banyak orang yang mencari produk yang langsung menuju ke grup tersebut. Anda tinggal menawarkan produk saja, kan akhirnya?

Lakukan Promosi Online

cara sukses jualan online

Promosi menjadi salah satu cara jualan online yang paling efektif. Siapa juga yang akan melirik produk online jika tidak dipromosikan? Bahkan banyak masyarakat yang akhirnya tidak tahu tentang keberadaan produk Anda. Bagaimana cara melakukan promosi?

  • Buatlah akun media sosial di Facebook atau Instagram dengan nama toko atau produk Anda.
  • Postinglah secara teratur tentang produk Anda semenarik mungkin. Pastikan Anda memberikan informasi yang berguna tiap kali posting.
  • Berikan promosi berupa diskon, bundling paket, voucher, bonus, dan lain sebagainya pada saat-saat tertentu.
  • Buatlah event giveaway dengan hadiah produk atau voucher belanja khusus toko Anda. Peserta giveaway harus follow akun media sosial toko Anda sebagai syaratnya.

Baca juga : √ Cara Jualan di Olx untuk Pemula Terbaru

Penutup

Jika Anda ingin berhasil, maka pastikan Anda menerapkan 7 cara jualan online di atas. Jualan online bukan berarti dilakukan tanpa rencana apapun. Tapi persiapan yang matang plus eksekusi yang tepat akan membuat cara jualan online Anda berhasil.

Mungkin cukup sekian dulu untuk pembahasan cara jualan online . Semoga bermanfaat..

Sekian,
Salam dan Terimakasih! 🙂

Yuk baca lagi!

Leave a Comment