5 Menit Cara Membuat Anyaman Kertas dengan Motif yang Menarik

Cara Membuat Anyaman – Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat anyaman. Apa saja langkah-langkahnya, mari kita bahas lebih dalam tentang cara membuat anyaman ..

Biar tambah berkah, jangan lupa baca basmallah dulu sebelum membaca..
Bismillahirromanirrohim..

Anyaman

Tau gak sih? kalau anyaman itu adalah kerajinan seni kriya tradisional yang berasal dari Indonesia asli. Anyaman adalah sebuah kerajinan yang berasal dari Indonesia asli. Kita bisa jumpai diberbagai tempat dari hasil dari kerajinan ini.

Anyaman juga biasanya digunakan sebagai lomba kerajinan. Guna untuk mengasah kreafitas anak di bangku-bangku sekolah dasar maupun ke atas. Bentuk dan hasil yang menarik membuat anyaman banyak digemari oleh berbagai pihak dan kalangan.

Membuat Anyaman

Cara membuat anyaman – Menganyam sendiri adalah suatu kegiatan menyilangkan sebuah bahan yang satu dengan bahan lainya. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat anyaman adalah rotan, lidi, akar, pandan, kertas dan lain sebagainya.

Dengan menganyam maka kita bisa membuat kerajinan tangan yang cukup menarik. Kita bisa gunakan waktu luang kita untuk membuat anyaman yang bagus. Dengan begitu maka kita telah menggunakan waktu yang kita miliki menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Membuat suatu anyaman juga tidak terlalu susah. Bahkan seseorang yang tidak pernah sama sekali membuat anyaman, akan bisa setelah tau cara dan bahan yang diperlukan untuk menganyam.

Bila kamu punya jiwa pengerajin, maka kamu bisa menekuni kerajinan ini. Dengan rutin menekuninya, karyamu yang dihasilkan dari membuat anyaman akan disukai banyak orang. Lalu anyaman tersebut akan memiliki nilai jual, dan kamu bisa menghasilkan uang hanya dari membuat anyaman.

Yah, minimal buat nambah saku jajan lah. Toh juga buatnya tidak begitu rumit. Kecuali jika bahan dasarnya adalah bambu, maka untuk membuat anyaman bambu butuh skill yang lebih.

Biasanya sih membuat anyaman sudah diajarkan pada saat duduk di SD, masih inget gak caranya? Atau sudah lupa?.

Nah kamu yang sudah lupa dan sudah melewati masa-masa SD yang lama sekali, dan tidak ingat sama sekali. Dibawah adalah solusi mengupas bagaimana cara membuat anyaman. Langsung saja apa saja penjelasanya.

Cara Membuat Anyaman dari Kertas

Membuat anyaman dari kertas adalah suatu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan. Mulai dari anak-anak sampai dewasa. Terkadang dari seorang kakak yang mengajarkan kepada adiknya, kadang juga seorang ibu guru kepada muritnya. Intinya membuat anyaman adalah suatu kegiatan yang bermanfaat.

Dengan menggunakan waktu luang kita untuk membuat anyaman, maka kita akan bisa lebih kreatif. Kamu akan lebih banyak tau tentang kerajinan, bisa juga kamu ajarkan kepada adik-adikmu yang ada di rumah.

Atau bahkan jika kamu seorang pengajar, maka mengetahui teknik membuat anyaman cukup bermanfaat untuk murit-mutimu. Sebagai wawasan dan menambah keterampilan.

Sebelum kita membuat anyaman, maka kita perlu beberapa bahan yang harus disiapkan. Gambar anyaman juga penting untuk diperhatikan terlebih dahulu sebelum membuatnya. Tidak lupa juga peralatan yang diperlukan guna membantu dalam proses pembuatan anyaman tersebut. Apa saja yang harus disiapkan?

Mungkin sedikit kita simak terlebih dahulu vidio berikut :

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

cara membuat anyaman
pexels.com

Beberapa bahan yang perlu disiapkan adalah :

  • Dua lembar kertas asturo, sediakan kertas dengan warna yang berbeda supaya motif dari anyaman tersebut terlihat jelas dan menarik. Kamu juga bisa menambah warna dan memilih kertas lainya sesuai dengan keinginanmu. Contoh kertas lain adalah kertas manila.
  • Gunting, berguna sebagai pemotong dan juga merapikan sisa-sisa kertas pada anyaman.
  • Penggaris, berguna sebagai membuat pola garis pada anyaman. Alat ini juga berfungsi untuk membantu saat proses pemotongan dengan menggunakan silet, agar potongan bisa lurus dan rapi.
  • Kater atau silet, berguna sebagai memotong lembaran secara kecil pada kertas anyaman. Sehingga menjadi rapi dan siap digunakan untuk membuat anyaman.
  • Pensil, berguna sebagai membuat garis-garis pola pada kertas yang akan dibuat sebagai bentuk anyaman.
  • Lem kertas, berguna sebagai perekat anyaman. Alat ini juga berfungsi sebagai perekat pada figura yang bisa digunakan dan hasilnya akan menjadi hiasan dinding.

Baca juga : 18+ Kumpulan Origami Kertas Keren dan Cara Mudah Membuatnya – 2018

Langkah-Langkah Membuat Anyaman Kertas

langakah membuat anyaman
masfikr.com

jika alat dan bahan sudah tersedia, maka kamu bisa langsung membuat anyaman yang kamu inginkan. Langkah-langkah membuat anyaman adalah seperti dibawah ini :

  1. Pertama kamu harus membuat pola pada lembaran kertas yang akan dibuat menjadi anyaman. Gunakan pensil dan penggaris untuk membuatnya. Beri jarak antar garis 1-1,5 cm saja. Sisihkan jarak 2 cm pada tepi kertas. Kamu juga bisa mengatur jarak ini sesuai selera. Hasil juga tergantung bagaimana kreatifitasmu.
  2. Potonglah pola garis yang telah dibuat menggunakan kater atau silet. Gunakan penggaris untuk membantu potongan agar menjadi rapi.
  3. Ambil kertas yang kedua, lalu gunting memanjang dengan jarak 1 cm atau 1,5 cm. Pastikan jarak antara kertas yang pertama dengan yang kedua sama.
  4. Setelah itu kamu bisa langsung menganyam. Bagi kamu yang baru pertamakali membuat anyaman, kamu bisa membuat anyaman dengan pola yang sederhana terlebih dahulu. Kalau sudah beberapa kali percobaan dan hasilnya bagus, maka kamu bisa membuat motif anyaman yang lebih sulit dari sebelumnya.
  5. Jika sudah selesai menganyam, maka merapikan ujung-unjung kertas yang masih berantakan. Kamu bisa gunakan gunting ataupun kater untuk merapikannya.
  6. Lalu langkah terahir adalah gunakan lem untuk merekatkan kertas pada bagian tepi. Fungsinya adalah supaya anyaman yang telah kamu buat tidak mudah lebas.
  7. Nah, agar anyaman kamu lebih menarik untuk dilihat, maka gunakan figura dan masukan atau tempelkan anyaman kamu ke dalamnya. Lalu pajang anyaman tersebut di tempat yang kamu suka. Jika ingin digunakan untuk hiasan yang lainya juga boleh.

Begitulah kurang lebihnya cara membuat anyaman dari bahan kertas. Mungkin untuk membacanya kamu hanya butuh waktu 5 menit saja, bahkan kurang. Nah saatnya untuk langsung mencoba dan membuatnya.

Untuk bagian lebar dan jarak, sebetulnya itu relatif. Tergantung kamu saja bagaimana pengennya. Tapi di atas adalah cara sederhana untuk membuat anyaman. Kamu juga bisa mengembangkanya sendiri dengan ilmu yang telah kamu dapat.

Bisa juga dikembangkan dengan menggunakan tiga warna kertas sekaligus. Keterampilanmu akan berkembang dengan sendirinya beriringan dengan berjalannya waktu dan seringnya kamu membuat anyaman.

Bentar teman-teman, di sini ada yang suka dengan bola? terutama futsal. Nah bagi kalian maupun kakak kalian yang membutuhkan jaring futsal, kita ada nih linknya. Kunjungi aja link jual jaring futsal. Nah entar kalian akan mendapatkan pengetahuan seputar jaring futsal, bentuk, harga dan lain sebagainya.

Baca juga :  Contoh Cerpen Singkat, Cinta, Lucu, Persahabatan, Lengkap dengan Penjelasannya

Contoh gambar anyaman lima warna :

cara membuat anyaman
3.bp.blogspot.com

Saran ketika proses pembuatan anyaman

Ada beberapa saran untuk kamu yang ingin membuat anyaman. Sebelum membuat anyaman, saran dari penulis adalah :

  • Sebelum membuat anyaman, cobalah untuk membuat berbagai pola dan motif anyaman yang menarik, supaya lebih memudahkan proses pembuatannya.
  • Manfaatkan penggaris untuk menyisipkan anyaman dengan rapi saat proses pembuatannya.
  • Carilah berbagai motif anyaman yang menarik dari berbagai sumber. Bisa dari internet, baca buku dan lain-lain. Sehingga kita bisa mencontoh beberapa anyaman yang bagus dan cocok untuk kita buat hiasan di rumah.

Contoh motif anyaman kertas

Penulis akan memberikan beberapa contoh gambar anyaman yang bisa kamu tiru motif dan bentuknya. Dengan contoh berikut maka kamu bisa langsung membuatnya. Jangan lupa ajak teman yang lain untuk ikutan membuat. Agar semakin asik, tidak hanya sendirian.

Berikut contoh-contoh anyaman dari bahan kertas :’

contoh anyaman
4.bp.blogspot.com

Anyaman yang terdiri dari perpaduan dua warna dengan warna ungun dan putih. Cukup simpel dan menarik untuk dibuat. Kalian bisa menggunakan warna putih dari buku gambar saja, lalu menambahkannya dengan warna ungu. Bisa kalian beli di toko-toko disekitar rumah kamu.

contoh anyaman
ragamhandicraftrajapolah.files.wordpress.com

Anyaman dengan perpaduan warna kuning dan biru. Motif yang digunakan dalam anyaman ini meniru seperti ketupat. Kotak-kotak simpel yang mudah dibuat. Kalian bisa mencobanya dengan mudah.

contoh anyaman
1.bp.blogspot.com

Anyaman yang satu ini cukup rumit untuk dibuatnya. Karena motif yang susah dan butuh keahlian khusus untuk membuatnya. Namun kalian tetap bisa mencobanya jika ingin menirunya. Usaha yang lebih memberikan hasil yang lebih pula.

contoh anyaman
1.bp.blogspot.com

Kalau Anyaman yang satu ini kalian tinggal memadukan warna hitam dan warna putih kertas. Dari mutihnya kalian harus lihat-lihat terlebih dahulu dan teliti bagaimana cara membuatnya.

contoh anyaman
chlorophilia.files.wordpress.com

Anyaman yang memadukan warna coklat keruh dan putih. Motif seperti sarung yang sering kita jumpai membuat anyaman ini menjadi lebih menarik.

contoh anyaman
3.bp.blogspot.com

Anyaman ini terbuat dari kertas yang memadukan warna hitam dan putih. Motif ketupat yang beruntun menjadikan anyaman kertas ini menjadi lebih indah.

contoh anyaman
encrypted-tbn0.gstatic.com

Nah kalau anyaman yang satu ini adalah anyaman yang dibuat dengan motif yang beragam dan dengan berbagai warna. Motif yang dibuat juga cukup rumit, pelajari terlebih dahulu baru kalian bisa mencoba untuk membuatnya.

Demikianlah info tentang cara membuat anyaman. Kamu bisa langsung menerapkannya meskipun kamu baru pertama kali membuat anyaman. Dengan melihat bagaimana cara membuat anyaman seperti wacana di atas, kamu pasti bisa. Selamat mencoba

Salam dan Terimakasih! 🙂

1 thought on “5 Menit Cara Membuat Anyaman Kertas dengan Motif yang Menarik”

Leave a Comment