√ Cara Membuat Feed Instagram untuk Jualan yang Keren & Menarik +apk

Cara membuat feed instagram untuk jualan – Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Branding melalui media sosial Instagram kini makin digandrungi. Mungkin Anda juga memperhatikan banyak orang berlomba-lomba memiliki feed yang bagus dan estetik. Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk bisnis, bagaimana cara membuat feed Instagram untuk jualan?

Instagram memang menjadi platform yang sangat mendukung untuk membuat konten visual menarik. Brand Anda menjadi lebih mudah dikenal melalui feed instagram dan ditemukan mengingat jumlah pengguna IG yang semakin meningkat.

Menurut data yang dipublikasikan Hoot Suite, jumlah pengguna aktif IG per 2019mencapai 500 juta. Tak heran jika berjualan di Instagram merupakan kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan.

Cara Membuat Feed Instagram untuk Jualan yang Menarik

membuat feed instagram buat jualan keren dan menarik

Pengguna IG cenderung menyukai tampilan visual yang menarik di mata. Tampilan feed yang rapi dan elegan mampu mendatangkan followers yang banyak. Hal ini bisa dibuktikan dengan akun Instagram influencer yang estetik sehingga banjir follower.

Sebetulnya terdapat trik khusus yang bisa Anda lakukan agar berjualan di IG banyak diminati. Apa sajakah itu? Berikut beberapa cara membuat feed Instagram menarik.

Foto Profile dan Bio yang Keren

membuat feed instagram buat jualan keren dan menarik

Apa yang pertama kali Anda lihat ketika mengunjungi profil IG? Sebagian besar orang akan melihat foto profil dan bio terlebih dahulu. Selain mempercantik feed instagram, profile instagram juga penting. Tak jarang seseorang akan menjadi follower ketika melihat foto profil dan bio yang menarik.

Oleh karena itu, gunakanlah gambar terbaik yang mendeskripsikan bisnis Anda. Kemudian tulis bio yang mudah dipahami setiap pengguna yang membacanya. Jangan lupa menambahkan informasi detail, terutama  deskripsi akun dan kontak yang bisa dihubungi.

Jika dirasa kontak yang perlukan terlalu banyak di bio, Anda bisa menggunakan layanan pemendek url gratis. Misalnya Tiny URL, bit.ly, URL Shortener, dan masih banyak lagi. Selain itu, gunakan pula LinkTree versi gratis yang bisa menampilkan beberapa kontak maupun website sekaligus.

Tentukan Tema Feed Instagram yang Cocok dengan Produk Anda

membuat feed instagram buat jualan keren dan menarik

Menentukan tema feed Instagram merupakan gambaran identitas brand Anda. Sayangnya, hal ini seringkali diabaikan dan membuat postingan random tanpa tema. Padahal feed dengan tema khusus lebih banyak menarik pelanggan.

Feed Instagram sebaiknya tidak asal penuh dengan postingan, melainkan juga perlu diberi konsep agar calon pembeli tertarik melihatnya. Misalnya jika produk yang Anda jual berupa skincare berbahan herbal, Anda bisa menggunakan tema nature.

Warna Seirama dengan Foto Produk

membuat feed instagram buat jualan keren dan menarik

Setelah menentukan konsep atau tema feed, cara membuat feed Instagram untuk jualan berikutnya adalah menggunakan warna seirama dengan foto produk. Postingan Anda akan terlihat rapi, teratur, dan enak dilihat. Selain itu, feed yang tertata rapi menandakan olshop yang profesional.

Konsep warna seirama bukan berarti warna harus sama seluruhnya dengan produk. Misalnya jika warna hijau army bisa dipadukan dengan coklat milo dan lain sebagainya.

Pilih Foto Berkualitas Tinggi

membuat feed instagram buat jualan keren dan menarik

Postingan foto produk berkualitas tinggi, ampuh menarik pengguna Instagram yang dikenal suka dengan visual. Terlebih jika Anda memadukannya dengan efek estetik sehingga bernilai seni. Setiap yang melihatnya akan merasa penasaran, kemudian mengunjungi profil Anda.

Pengaruh foto berkualitas tinggi memang cukup besar. Jika diperhatikan, brand yang sedang naik daun pun selalu menggunakan foto yang jelas, tidak blur, jernih, dan dipadukan dengan seni. Dengan melakukan cara membuat feed Instagram untuk jualan ini, akan membuat Instagram jadi menarik.

Membuat Foto Menjadi Beberapa Bagian

membuat feed instagram buat jualan keren dan menarik

Feed instagram dengan fitur ini menjadi salah satu yang sedang tren di kalangan pengguna Instagram. Bahkan banyak influencer dan selebgram yang menggunakan fitur ini untuk menarik banyak followers. Anda bisa membagi postingan menjadi beberapa bagian sesuai tampilan yang diinginkan.

Namun yang paling sering dari membuat feed instagram dari fitur ini adalah membagi foto menjadi 3 bagian. Salah satu aplikasi yang menyediakannya adalah Instagrid yang populer digunakan selebgram. Anda bisa membuat postingan seperti ini di tengah-tengah postingan produk biasanya.

Perlu diperhatikan, jangan membuat postingan membagi foto terlalu sering. Terkadang hal ini malah seperti spam yang tidak disukai pengguna. Selain itu, gunakan warna yang senada agar tidak terlalu kontras ketika melihatnya.

Aplikasi untuk Membuat Feed Instagram Keren untuk Jualan

membuat feed instagram buat jualan keren dan menarik

Salah satu cara membuat feed Instagram untuk jualan yang cepat dan efektif adalah dengan bantuan aplikasi. Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi mobile berikut ini untuk hasil postingan yang menarik:

Canva

Bagi pecinta desain, mungkin aplikasi  ini sudah tidak asing lagi guna membuat feed instagram. Canva merupakan aplikasi mobile untuk membuat desain dengan puluhan ribu template gratis. Anda bisa menyesuaikan ukuran template dengan ukuran standar postingan di Instagram.

Pilihlah template yang sesuai dengan tema feed yang digunakan. Dengan demikian, feed yang terlihat akan lebih elegan dan menarik untuk jualan.

Photogrid

Photogrid menjadi salah satu aplikasi mobile yang banyak digunakan untuk posting foto feed di Instagram. Mungkin Anda pernah melihat feed instagram dari para selebgram yang nampak rapi, ternyata salah satu rahasianya adalah Photogrid.

Sesuai dengan namanya, Anda bisa membagi dan memotong foto sesuai keinginan. Selain itu, aplikasi ini langsung terhubung ke Instagram dan beberapa media sosial lainnya. Dengan demikian, memposting foto pun jadi lebih cepat langsung dari Photogrid dan membuat feed instagram jadi lebih cepat.

VSCO CAM

Mungkin Anda pernah merasa penasaran aplikasi apa yang digunakan untuk menghasilkan efek estetik di Instagram. Aplikasi ini memang populer di kalangan anak muda yang senang mengedit foto dan mengisi feed instagramnya. Banyak sekali efek yang disediakan dan bisa disesuaikan dengan tema feed.

VSCO memang dikenal sebagai vendor aplikasi editing foto yang menyediakan layanannya secara gratis. Aplikasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengedit postingan dan feed ig menjadi lebih bernilai seni. Selain itu, penggunaannya pun cukup mudah untuk berbagai kalangan.

Snapseed

Aplikasi keren untuk jualan berikutnya adalah Snapseed. Aplikasi  mobile ini memang cukup ringan, namun menyediakan menu editing yang mumpuni. Snapseed dapat membuat feed Instagram Anda lebih profesional.

Terdapat fitur unggulan yang menjadi favorit banyak pengguna, yaitu fitur healing, ekspostur, saturasi, HDR, dan lain-lain.Selain itu, Anda juga bisa menambahkan filter agar foto nampak lebih cantik dan menarik. Tak heran jika aplikasi ini cukup terkenal di kalangan influencer.

Lightroom

Lightroom sangat mendukung pengeditan untuk foto produk. Mungkin Anda pernah menggunakan Adobe di desktop, nah Lightroom ini merupakan versi mininya. Meski tidak selengkap Adobe, aplikasi ini mampu membuat feed Instagram lebih menarik dipandang.

Terdapat beberapa opsi unggulan yang bisa digunakan, yaitu effect, presets, light, color, dan lain-lain. Menariknya, Anda juga bisa menyimpan hasil editing beresolusi tinggi dengan aplikasi ini.

Picsart

Siapa yang tidak mengenal aplikasi editing fenomenal seperti Picsart? Aplikasi ini memang sudah cukup lama dirilis, menunya pun sudah banyak diupdate. Berbagai fitur bisa Anda gunakan secara gratis seperti membuat kolase, filter, efek, HDR, dan lain-lain.

Aplikasi ini bisa menjadi partner yang pas untuk membuat feed Instagram yang rapi dan bernilai seni. Selain itu, tersedia berbagai jenis preset yang bisa diterapkan secara gratis.

Penutup

Meski fungsi utamanya sebagai media sosial, Instagram nyatanya mampu menjadi media jual beli online yang efektif. Semoga beberapa cara membuat feed Instagram untuk jualan di atas bisa menjadi referensi yang menarik untuk Anda.

Mungkin cukup segini saja untuk pembahasan cara membuat feed instagram untuk jualan. Semoga menginspirasi dan bermanfaat..

Sekian,
Salam dan Terimakasih! 🙂

Leave a Comment