Cara Membuat Puisi yang Baik dan Benar bagi Pemula

Cara Membuat Puisi – Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Kali ini penulis akan membahas tentang bagaimana cara membuat puisi yang baik dan benar. Langsung saja kita bahas ..

Biar tambah berkah, jangan lupa baca basmallah dulu sebelum membaca..
Bismillahirromanirrohim..

Membuat Puisi

cara membuat puisi
pexels.com

Sebetulnya, membuat puisi itu gampang-gampang susah. Kita harus memiliki kosa kata yang banyak untuk menjadikan sebuah puisi itu terlihat indah. Butuh imajinasi yang tinggi agar puisi tersebut menjadi nyata dan hidup.

Sama halnya membuat cerpen, dalam cerpen juga kita harus mengeluarkan seluruh tenaga dan pikiran kita agar terfokus kepada kata-kata yang tepat untuk isi di dalam karangan tersebut.

Tapi dengan kemauan dan kerja keras, seiring berjalannya waktu maka karanganmu berupa puisi akan semakin indah tanpa kau sadari. Tinggal kamu mau bersabar dalam berjuang, atau memilih menyerah di tengah jalan.

Baiklah,

Sekarang kita akan membahas cara jitu membuat puisi yang baik dan benar bagi pemula. Lanjut!

Cara Membuat Puisi yang Benar

Tips jitu cara membuat puisi :

  1. Berfikir sekreatif mungkin
  2. Tingkatkan terus kualitas puisimu
  3. Jadikan puisimu seperti memiliki soul, jiwa.

Berfikirlah Sekreatif Mungkin

berfikir kreatif
pexels.com

Cobalah kamu gali terus kekreatifan yang ada pada dirimu, terus.. dan terus..

Karena dari pikiran kreatif, maka akan banyak ide yang di dapat dengan mudah. Ide yang terkumpul juga akan beragam dan unik jika kita memiliki kreatifitas yang tinggi.

Maka dari itu langkah awal untuk membuat puisi, kamu cukup memikirkan ide-ide lalu tulis semua ide tersebut yang melayang-layang di atas kepalamu ke dalam kertas putih. Dengan begitu kamu akan dipaksa untuk mencari terus ide yang kreatif dan ujung-ujungnya pikiranmu akan semakin berkembang.

Mari kita bahas lebih dalam tentang ide.

Baca juga : 30+ Contoh Doodle Monster yang Lucu dan Cara Mudah Membuatnya

Cara Menggali ide puisi

menggali ide puisi
pexels.com

Dalam bab ini, kita sebetulnya bisa mendapatkan ide dari mana saja, di mana saja, kapan saja, apa saja yang bisa kita dengar, rasakan, dan kita lakukan bisa menjadi ide dalam membuat puisi.

Misal saja saat kita sedang santai di depan rumah dan melihat taman-taman bunga yang indah, pejalan kaki yang berjalan di pinggir trotoar.

Senja sejuk hijau di pinggir jalanan

Sedang apa kau wahai lelaki

Diam tanpa kata melihat kerumuan orang melintas

Yah, contoh kecilnya seperti itu. Kamu pasti bisa melakukannya yang lebih dari pada yang saya contohkan.

Dengan ide kamu akan tau harus berbuat apa, lalu mampu menentukan target karangan yang hendak dibuat. Teruslah mencari jangan putus di tengah jalan.

Kalau boleh saran buat kamu yang ingin membuat puisi, hendaknya kamu jika sudah mendapatkan ide, maka lakukanlah :

  1. Tulis segera ide yang kamu dapat.
  2. Selesaikan saat itu juga menjadi puisi, hasil dari ide yang di dapat.
  3. Jangan lakukan editing atau menghina tulisanmu, selesaikan terlebih dahulu tulisanmu.

Kenapa tiga saran tersebut harus kamu lakukan?

Ketika kita mendapatkan ide, pada saat itulah otak dan diri kita akan sangat mendalami dari diri kita sendiri. Seolah-olah ada jiwa yang memanggil untuk membuatmu menulis.

Berbeda dengan kita yang mendapatkan ide lalu kita biarkan berlarut-larut. Walaupun kita masih bisa mengingatnya, tapi kita tak akan mendapatkan rasa yang sama ketika pertama kali kita mendapatkan ide tersebut.

Bila mau bukti contoh, coba buat suatu puisi pendek saja, lalu setelah selesai buang puisi tersebut ke tong sampah. Terus tulis ulang ide yang baru saja kamu dapatkan, maka kita lihat hasilnya, apakah kamu masih bisa menuliskannya seindah karanganmu yang pertama.

Nah kenapa kita tidak boleh melakukan editing?

Kalau menurut saya, pengalaman yang sering terjadi jika kita melihat terus puisi yang belum jadi dan kita melakukan editing di puisi tersebut, maka satu puisi itu tidak akan pernah jadi.

Serius, Tidak akan pernah jadi.

Kalau pun jadi, puisi tersebut akan jelek dan pembuatannya akan memakan waktu yang sangat lama, padahal hanya untuk satu puisi saja.

Cara lain untuk mencari ide adalah kalian bisa mendengarkan atau membaca puisi-puisi orang lain atau dari puisi-puisi yang terkenal.

Dengan sering membaca dan mendengarkan puisi maka kita ibarat mengumpulkan berbagai amunisi, lalu kita tinggal gunakan jika kita membutuhkannya.

Sisi positif dari seringnya membaca puisi juga kita akan mendapatkan pembendaharaan kata yang banyak. Kita juga bisa ambil contoh dari puisi-puisi terkenal sebagai reverensi.

Coba bandingkan puisi yang telah kamu buat dengan puisi-puisi yang sudah terkenal. Jika kata dan irama puisimu masih jelek, maka akan sangat terlihat jika dibandingkan puisi kelas atas. Asah terus kemampuanmu.

Tingkatkan Terus Kualitas Puisimu

meningkatkan puisi
pexels.com

Jika kita sudah mulai untuk membuat puisi, sejenak kita harus berhenti.

Untuk apa?

Untuk menambah kualitas tabungan puisi yang sudah kita buat. Dari sini kita bisa lihat dan cermati apa yang masih salah dari puisi kita. Jangan-jangan ada hal yang tidak di inginkan yang akan merusak isi dari puisi tersebut.

Salah satu dampak baik dari membandingkan hasil puisi kita dengan puisi yang lain juga kita bisa lihat, apakah puisi kita sudah cukup berkualitas apa belum.

Dari segi bait, irama, makna dan kata yang terkandung.

Pilihlah kata yang tepat

Berbicara tentang kata, dalam pembuatan puisi kamu dipaksa untuk memilah-milih kata yang tepat, agar menjadi sebuah puisi yang indah.

Terlalu banyak kata yang tidak penting akan membuat puisimu jelek dan membosankan.

Maka dari itu, pilihlah dan cermati kata yang akan dijadikan isi dari sebuah puisi tersebut.

Deskripsikan suasa dalam puisi

Salah satu puisi yang bikin powerfull banget juga dari penggambaran suasana di dalam karangan.

Dari sini para penikmat puisi akan semakin terbawa ke dalam kandungan dan isi dari puisi tersebut. Makna yang akan disampaikan juga akan lebih mudah ditangkap oleh pembaca.

Berikan suatu pesan dalam sebuah puisi

Dibagian ini tergolong cukup susah, karena apabila puisi kita tak bermakna sama sekali, yaa .. pembaca akan langsung melupakannya setelah membacanya sekilas.

Belajarlah untuk memberi sebuah pesan yang terkandung dalam puisi karanganmu. Jika hanya membuat puisi saja maka akan masih tergolong mudah, tapi kalau puisi yang ngena banget di hati para pembaca dan susah untuk dilupakan adalah puisi yang mengandung pesan tertentu.

Baca juga : 1000+ Kata Kata Bijak Motivasi Bahasa Inggris yang Keren Kekinian dan Artinya

Jadikan Puisimu Seperti Memiliki Soul (Jiwa)

jiwa puisi
pexels.com

Di bagian ini seharusnya anda sudah harus membuat puisi dari beberapa cara membuat puisi di atas.

Karena dari bagian ini kamu tidak bisa menilai apakah puisimu sudah menjiwai ataukah belum jika kamu tidak memiliki contoh puisi.

Lalu bagaimana mengetahuinya kalau puisi kita sudah memiliki soul?

penulis akan memberikan beberapa tips untuk kamu supaya puisi kamu lebih membekas di hati para pembaca.

Tapi perlu diketahui bahwa, tak ada air sumur yang bersih untuk pertama kali menimbanya setelah membuatnya.

Artinya kita harus terus menimba air tersebut sehingga pasir yang ada di dalam sumur tersebut habis. Lali baru kita bisa menikmati air jernih yang ada di dalamnya.

Tips yang harus kamu lakukan :

1. Pertama

Bacalah kembali puisi yang telah kamu buat. Baca dengan benar dan menghayatinya. Dengan begitu kamu bisa merasakan dan menilai dari hasil puisimu.

Layak apa belum atau masih ada yang harus diperbaiki dan dibenahi. Cara ini cukup efektif bagi para pembuat puisi pemula.

Jika masih banyak yang harus dibenahi, maka tandailah mana saja yang memang perlu untuk diperbaiki.

2.  Kedua

Setelah puisi buatanmu telah kamu dengarkan dan baca kembali, maka beberapa yang telah kamu tandai kini harus dirombak.

Dengan merombak puisimu dan menulis ulang dengan yang lebih baik, maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Ketiga

Coba bagikan puisimu ke berbagai teman. Di sinilah mentalmu akan diuji dan di sini jugalah terlihat apakah puisimu itu sudah bagus ataukah belum.

Karena orang bisa menilai lebih baik dari pada diri kita sendiri. Pun juga tujuan dari kita membuat puisi agar di dengar dan dibaca oleh orang banyak.

Jangan takut dikritik.

Karena dari situlah puisimu akan semakin berkembang.

 

Sekian dari pembahasan cara membuat puisi. Semoga kamu mendapat banyak manfaat dari artikel ini. Jangan lupa selalu kunjungi web kami karena sebisa mungkin akan ada info-info menarik yang update setiap harinya, di ceritaihsan.com.

Dah gitu ajaa,
Salam dan Terimakasih! 🙂

Leave a Comment