√ Tips Cara Mudah Menjadi Dropshipper Sukses untuk Pemula Era 2020

Cara menjadi dropshipper –  Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Berjualan online itu tidak harus membeli stok barang dalam jumlah banyak. Tidak seperti toko kelontong atau supermarket, Anda bisa menjalankan usaha ini dengan sistem dropship. Anda kemudian disebut sebagai seorang dropshipper. Lalu bagaimana cara menjadi dropshipper?

Kemudahan dalam sistem dropship ini telah membuat banyak penjual kecil terbantu. Anda pun dijamin bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi dropshipper. Kuncinya adalah menemukan produk yang tepat dengan harga jual yang terjangkau.

Tapi banyak juga orang yang masih bingung apa itu sebenarnya dropshipper? Apakah sama saja dengan menjadi reseller? Ternyata dua sistem ini berbeda jauh. Jangan sampai salah bekerjasama dengan menjadi reseller jika tak ingin mengeluarkan lebih banyak modal.

Apa Itu Dropshipping?

cara menjadi dropshipper

Sistem dropship barang akhir-akhir ini begitu populer dengan semakin meningkatnya transaksi jual beli online. Bisnis dropshipping pun kian diminati, utamanya bagi orang-orang yang berusaha mencari sumber penghasilan tambahan. Menjadi dropshipper bisa dibilang cukup praktis dan minim modal.

Dropship adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sistem penjualan online yang mana tugas utama Anda adalah menjualkanbarangmilik supplier. Tapi dalam sistem ini Anda tak perlu menyetok barang jualan. Tugas Anda adalah mempromosikan dan memasarkan di toko online saja.

Lalu dimana letak barang yang akan dijual? Inilahbedanyadropshipperdan reseller. Jika seorang reseller harus menyetok dulu barang yang akan dijual, seorang dropshipper tak perlu melakukannya. Barang yang dijual tetap ada di tangan supplier.

Baca juga : √ Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tahun 2020

Cara Kerja Dropshipper

cara menjadi dropshipper

Secara garis besar, cara menjadi dropshipper bisa digambarkan sebagai berikut:

  1. Dropshipper pertama harus mencari supplier barang yang dipercaya dengan harga yang terjangkau.
  2. Kemudian dropshipper memasarkan barang supplier di website toko atau media sosialnya.
  3. Jika ada konsumen yang tertarik kemudian membeli barang tersebut, maka Anda langsung menghubungi supplier.
  4. Supplier kemudian akan mengirimkan paket barang dari gudangnya dengan nama toko Anda.
  5. Anda harus melakukan pembayaran barang ke pihak supplier.

Sistemdropshipinimengambilkeuntungan dari selisih harga barang. Anda yang menjalankan bisnis ini bisa menjual barang dengan margin keuntungan tertentu dari harga yang dipatok oleh supplier. Semakin banyak menjual barang, itu artinya Anda dapat semakin banyak keuntungan.

Manfaat/Keuntungan Sistem Dropship

cara menjadi dropshipper

Menjalankan sistem dropshipping ternyata punya segudang keuntungan. Anda yang belum punya banyak modal bisa bergabung menjadi dropshipper hanya dengan bekal kuota internet. Apa saja sebenarnya keuntungan menjalankan bisnis ini?

  1. Anda tidak perlu menyetok barang. Jadi, Anda tidak butuh modal untuk membeli produk yang akan dijual.
  2. Bisamenjualberbagaimacam barang dari supplier yang berbedadenganpilihansendiri.
  3. Anda bisa menentukan harga jual produk sendiri. Konsumen nantinya akan mentransfer uang ke Anda, bukan ke supplier.
  4. Tidak membutuhkan gudang atautokofisik, karenabarangberada di tangan supplier.
  5. Anda tidak perlu kerepotan melakukan packing dan pengiriman barang.
  6. Nama toko Anda tetap ditulis sebagai pengirim paket, sehingga pembeli tidak akan tahu darimana barang tersebut aslinya berasal.

Baca juga : √ Contoh Kumpulan Kata Kata Promosi Agar Jualan Makin Laris

Cara Menjadi Dropshipper

cara menjadi dropshipper

Menjadi dropshipper bisa dibilang cukup mudah. Bahkan kini Anda bisa menemukan supplier besar yang memang menjual produknya dengan sistem dropship. Ada banyak produk yang bisa Anda jual. Tapi Anda tetap harus memperhatikan cara menjadi dropshipper yang dijamin berhasil,yaitu:

1. Memilih Supplier yang Tepat

Langkah pertama untuk bisa menjadi dropshipper sukses adalah memilih supplier yang tepat. Bagaimana caranya?

  • Pilihlah supplier barang yang setidaknya ada dalam 1 kota atau wilayah dengan Anda.
  • Carilah supplier di marketplace yang punya ulasan bagus dari para konsumennya.
  • Ada beberapa brand besar yang membuka kerjasama dengan sistem dropship. Gunakan kesempatan ini untuk bekerjasama dengan brand tersebut.

2. Mulai Kerjasama dengan Supplier dan Tentukan Harga Jual

Jika Anda sudah berhasil menemukan supplier yang terpercaya, saatnya Anda serius menjalin kerjasama. Jika Anda mencari supplier di e-commerce terkenal, Anda tidak perlu menandatangani dokumen atau perjanjian apapun. Misalnya Anda menjual produk dari supplier di Shopee. Pada bagian akhir saat checkout barang sudah disediakan fitur “kirim sebagai dropshipper”.

Itu akan memudahkan Anda dalam menjalankan usaha, mencari barang jualan, hingga menentukan harga jualnya. Tapi jika Anda secara khusus ingin menjadi dropshipper untuk sebuah brand produk, Anda harus menjalin kerjasama. Anda biasanya akan diarahkan untuk mendaftar menjadi member. Kemudian Anda akan diberi panduan singkat tentang informasi dan harga jual produk.

3. Analisa Kompetitor

Menjadi seorang dropshipper bukan berarti terbebas dari persaingan usaha. Apalagi bisnis ini dijalankan sepenuhnya secara online. Lakukan analisis dengan melihat harga jual, pelayanan, dan juga kualitas produk para pesaing Anda.

Persaingan usaha di bidang dropship juga semakin berkembang. Salah satu kunci untuk bisa bertahan dalam dunia bisnis ini adalah dengan mengedepankan kepuasan pelanggan Anda. Cara menjadi dropshipper yang banyak dilupakan adalah faktor pelayanan. Anda harus menjadi penjual yang ramah kepada pembeli.

Biarkan pembeli mengetahui dengan rinci kualitas barang yang akan mereka beli. Kalau perlu, berikan edukasi secara berkala tentang manfaat produk Anda di media sosial toko. Cara ini terbuktiampuhmempertahankan customer.

Baca juga : √ Cara jualan di Marketplace Terbaru 2020

Penutup

Ternyata menjadi dropshipper yang notabene tidak butuh banyak modal pun ada ilmunya. Cara menjadi dropshipper ini bisa Anda praktekkan sebelum memulai bisnis. Kemudian, kuncinya lakukan pemilihan supplier yang tepat dan promosikan barang semenarik mungkin.

Mungkin cukup sekian dulu untuk pembahasan cara menjadi dropshipper . Semoga bermanfaat..

Sekian,
Salam dan Terimakasih! 🙂

Yuk baca lagi!

Leave a Comment