12+ Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, dan Campuran

Contoh Paragraf Deduktif – Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Kali ini kita akan membahas dan memberikan informasi tentang beberapa contoh paragraf deduktif, induktif serta campuran. Mungkin langsung saja kita bahas. Berikut ulasannya …

Biar tambah berkah, jangan lupa baca basmallah dulu sebelum membaca..
Bismillahirromanirrohim..

Pengertian dan Contoh Paragraf Deduktif

pengertian paragraf
pixabay.com

Paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan intinya berada di awal kalimat sebuah paragraf. Lalu dikembangkan dengan beberapa kalimat penjelas. Sebagai penjelasan yang mendetail dari sebuah permasalahan.

Paragraf deduktif biasanya berisi tentang pertanyaan-pertanyaan sebuah masalah dalam suatu karangan, dan masih bersifat umum, lalu dikembangakan kebawah dengan pertanyaan-pertanyaan bersifat khusus.

Jadi bisa diartikan paragraf deduktif adalah sebuah paragraf pengantar suatu bacaan. Jika kalian masih tidak paham dengan pengertian paragraf, maka coba kalian baca lebih ditail di wikipedia.

Contoh-Contoh Paragraf Deduktif :

Contoh Paragraf Deduktif #1

contoh paragraf deduktif 1
pixabay.com

Zaki seorang atlet yang multi talenta. Selain menjadi atlet olahraga voli, Zaki juga seorang fotografer yang sering pergi ke berbagai tempat yang indah untuk mengambil foto. Bakat yang digeluti Zaki dalam olahraga voli, pernah mewakili juara Indonesia memenangkan olimpiade pada 3 tahun yang lalu. Selain voli, Zaki juga masih sering bermain bola dengan teman sekampungnya. Bukan berarti dia tidak bisa dalam olahraga lain, justru dia mahir dalam beberapa bidang olahraga. Meskipun yang paling condong dari sosok Zaki adalah olahraga voli, tapi dia juga mahir di bidang olahraga yang lainya seperti sepak bola, basket, renang dan lain sebagainya. Kini Zaki mencoba dan berusaha untuk memenangkan lompa voli tahun depan.

Penjelasan : Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf, yaitu “Zaki seorang atlet yang multi talenta …”

Contoh Paragraf Deduktif #2

contoh paragraf deduksi 2
pixabay.com

Kasus penganiayaan terhadap anak masih merajalela di negara Indonesia. Banyak anak kecil yang menjerit kesakitan karena dipukuli oleh orang tuanya. Di berbagai wilayah juga melaporkan kepada pihak kepolisian bahwa ada penganiayaan terhadap anak kandung mereka sendiri. Banyak warga yang tidak bisa berbuat apa-apa, dan juga cuma hanya bisa perihatin melihat kejadian itu. Maka dari itu, untuk keberlangsungan hidup yang sejahtera, diharapkan kepada warga yang melihat atau mendapati kejadian serupa, bisa langsung menghubungi pihak berwajib. Agar bisa meminimalisir kejadian yang kurang enak didengar dan dilihat ini. Supaya juga tidak mengganggu ketenangan warga, dan tidak ada lagi yang tersakiti.

Penjelasan : Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf, yaitu “Kasus penganiayaan terhadap anak masih merajalela di negara Indonesia …”

Baca juga : Pengertian Kalimat Efektif (lengkap) Ciri, Syarat dan COntohnya

Contoh Paragraf Deduktif #3

contoh paragraf deduktif 3
pixabay.com

Wanita bercadar membanjiri jalanan Kota Lamongan. Sekarang tidak jarang lagi dijumpai wanita yang berhijab besar yang hampir menyentuh area dengkul berlalu lalang di kota Lamongan. Terutama di daerah pesisir kota, wilayah utara. Sering sekali dijumpai wanita berjilbab yang menutupi mukanya dengan cadar mengendarai sepeda motor. Kadang juga sendirian, kadang juga sama seorang lelaki, pastinya dia adalah suaminya. Kebanyakan dari wanita seperti ini sangat minim sekali kemungkinan kalau gonjengan naik motor dengan lawan jenis selain keluarga atau suaminya.

Hal ini dikarenakan, di Kota Lamongan terutama daerah pesisir, banyak pondok pesanten yang menjadikan anak didik mereka sebagai pengajar agama dan ustadz desa. Sehingga mereka juga mengajarkan tentang berjilbab yang lebih tinggi levelnya, yaitu mengenakan cadar.

Masyarakat awalnya dulu ketika pengguna cadar masih sangat minim resah dengan kedatangan orang-orang seperti ini. Tapi dengan berjalanya waktu dan terus bejumpa dengan orang seperti ini, akhirnya masyarakat sudah terbiasa.

Karena ternyata memang orang-orang yang pengguna cadar ini tidaklah menggangu penduduk setempat. Malah akhlak yang ditunjukan oleh mereka sangat disegani oleh masyarakat.

Penjelasan : Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf, yaitu “Wanita bercadar membanjiri jalanan Kota Lamongan …”

Contoh Paragraf Deduktif #4

contoh paragraf deduktif 4
pixabay.com

Sekolah Dasar Islam Al-Huda diakui oleh desa sebagai sekolah ter-favorit di wilayah Kecamatan Brondong. Sekolah ini berbasis pendidikan Islam. Di dalam kurikulumnya pun hampir seluruh harinya ada pelajaran membaca Al-Qur’an. Seragam yang dikenakan sehari-hari pun sekali dalam seminggu menggunakan baju koko. Bukan baju koko biasa, tapi memang baju tersebut didesain sebagai seragam resmi murit SDI. Tepat pada seragam koko itu harus menggunakan peci yang mana itu juga standar baju seragam yang ditetapkan oleh kepala sekolah.

Prestasi yang sering dicapai oleh sekolah SDI juga membuat masyarakat ingin menyekolahkan anaknya ke sana. Mulai dari lomba matematika, lomba pidato, lomba tilawah dan lain sebagainya. Bahkan SDI pun kini membatasi kuota murit yang masuk. Karena terlalu banyak murit yang mendaftar.

Kejadian tahun kemaren saja contohnya. Pendaftaran siswa-siswi jenjang sekolah dasar baru dibuka, pihak SDI sudah tidak menerima murit baru. Pamflet dan banner yang di pajang di berbagai pinggir jalan dari pihak SDI hanya bertahan beberapa hari saja, lalu dituliskan pendaftaran ditutup.

Karena banyak dari orang tua kawasan desa mendaftarkan jauh sebelum pendaftaran itu dibuka. Khawatirnya anaknya tidak bisa masuk sana, karena saking banyaknya peminat orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya disana.

Penjelasan : Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat pertama paragraf, yaitu “Sekolah Dasar Islam Al-Huda diakui oleh desa sebagai sekolah ter-favorit di wilayah Kecamatan Brondong …”

Baca juga : Pengertian Kalimat Majemuk (lengkap) dengan Ciri dan Contohnya

Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif

pengertian dan contoh paragraf induktif
pixabay.com

Contoh Paragraf Induktif – Paragraf induktif adalah paragraf yang letak kalimat intinya berada di akhir suatu paragraf. Pengembangan topik dijabarkan terlebih dahulu di awal paragraf dan di akhiri kalimat inti dari satu paragraf tersebut.

Bisa dibilang paragraf induktif adalah sebuah paragraf yang menyimpulkan sebuah gagasan yang dijelaskan diawal paragraf.

Sehingga paragraf induktif adalah paragraf yang pada awal kalimatnya menjelaskan dan penjabaran suatu topik yang terjadi, lalu berkembang, barulah pada akhir kalimat paragraf, ada suatu hukum atau kesimpilan dari penjabaran di atas.

Contoh-Contoh Paragraf Induktif :

Contoh Paragraf Induktif #1

contoh paragraf induktif 1
pixabay.com

Dari Desa Sedayulawas sampai wilayah Desa Nanjan tempat di mana Wisata Bahari Lamongan berada, kita bisa menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah. Lautan yang terbentang luas bisa kita lihat dengan mata telanjang. Angin laut sepoi-sepoi semakin memanjakan kita saat perjalanan. Pohon yang rindang di seberang pinggir jalan menambah ketenangan suasana hati. Sampai di are wisata, kita bisa melihat patung kodok yang menempel di dinding tepat di depan pintu masuk Wisata Bahari Lamongan. Di bawah patung tersebut kita dapat melihat keindahan bunga yang bermekaran. Para pengunjung semakin dimanjakan dengan pelayanan satpam yang mengarahkan dan membantu parkir para wisatawan. Sungguh menyenangkan bermain di Wisata Bahari Lamongan yang terkenal dengan wahana airnya.

Penjelasan : Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat terahir, yaitu “Sungguh menyenangkan bermain di Wisata Bahari Lamongan yang terkenal dengan wahanya airnya …”

Contoh Paragraf Induktif #2

contoh paragraf induktif 2
pixabay.com

Bintik merah di area wajah di sertai gatal dan ingin terus menyentuhnya dicurigai sebagai gejala jerawat. Seorang yang terkena jerawatan akan merasakan ketidak nyamanannya dan akan terus ada rasa ingin memencet pada titik jerawat. Jika gejawa jerawat yang ringan ini tidak segera ditangani, dikhawatirkan maka akan semakin membesar dan bernanah. Semua gejala di atas hendaknya segera dikonsultasikan kepada dokter spesialis, meskipun jerawat tidak termasuk penyakit yang mematikan.

Penjelasan : Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat terahir, yaitu “Semua gejala di atas hendaknya segera dikonsultasikan kepada dokter spesialis, meskipun jerawat tidak termasuk penyakit yang mematikan …”

Contoh Paragraf Induktif #3

contoh paragraf induktif 3
pixabay.com

Sering dijumpai sampah lewat melalui gorong-gorang komplek depan rumah warga Desa Sedayulawas. Bukan hanya sampah kering, tapi sampah-sampah basah pun tak jarang terlintas di depan mata. Sampah basah seperti pempes bayi, sisa sayuran dan lain sebagainya. Jika musim hujan datang, maka tidak menutup kemungkinan bahwa saluran air yang ada akan tersumbat oleh sampah-sampah tesebut. Hal ini berarti masih banyak kurangnya kesadaran warga untuk mengolah sampah yang seharusnya dibakar dan tidak dibuang pada saluran air.

Penjelasan : Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat terahir, yaitu ” Hal ini berarti masih banyak kurangnya kesadaran warga untuk mengolah sampah yang seharusnya dibakar dan tidak dibuang pada saluran air …”

Contoh Paragraf Induktif #4

contoh paragra induktif 4
pixabay.com

Lingkaran hitam yang ada dibawah mata bisa jadi adalah sebuah pertanda badan kurang sehat. Seorang akan merasakan mudah letih ketika membaca atau fokus melihat satu titik objek. Biasanya gejala ini akan hilang dengan sendirinya. Tapi juga bisa malah akan semakin parah jika penyebabnya dilakukan dengan terus menerus. Mata akan semakin bertambah parah dengan tanda urat otot sekitar mata menjadi merah. Semua gejala tersebut menandakan bahwa kita kurang tidur, kurang menjaga kesehadan mata, dan kurang untuk mengonsumsi air putih.

Penjelasan : Gagasan utamanya terletak pada baris dan kalimat terahir, yaitu “Semua gejala tersebut menandakan bahwa kita kurang tidur, kurang menjaga kesehadan mata, dan kurang untuk mengonsumsi air putih …”

Baca juga : Jenis-jenis Paragraf (Lengkap) dengan Pengertian dan Contohnya

Pengertian dan Contoh Paragraf Campuran

pengertian dan contoh paragraf campuran
pexels.com

Contoh Paragraf Campuran – Paragraf campuran adalah sebuah paragraf yang memadukan antara paragraf deduktif dan paragraf induktif. Paragraf campuran kalimat intinya berada di awal paragraf dan di akhir paragraf.

Sebuah karangan  yang menggunakan paragraf jenis ini bisanya berguna untuk mempertegas. Pada awal paragraf telah diungkapkan topik masalahnya, lalu diperinci pada pertengahan paragraf, dan diakhiri dengan penekanan pada kalimat akhir suatu paragraf.

Contoh-contoh paragraf campuran :

Contoh Paragraf Campuran #1

contoh paragraf campuran 1
pixabay.com

Bunga anggrek cukup diminati banyak orang. Selain bunganya yang menawan, bunga ini juga sangat wangi. Bukan hanya itu, warna bunga anggrek juga indah untuk dipandang mata. Sehingga bunga ini cocok sekali sebagai hiasan dekat rumah dan cocok sebagai tanaman hias. Oleh karena itu, bunga ini salah satu bunga favorit bagi para pecinta tanaman dan bunga.

Penjelasan : Gagasan utamanya terletak pada baris kalimat pertama dan kalimat terahir, yaitu :

1. “Bunga anggrek cukup diminati banyak orang …” 2. “Oleh karena itu, bunga ini salah satu bunga favorit bagi para pecinta tanaman dan bunga …”

Contoh Paragraf Campuran #2

contoh paragraf campuran 2
pixabay.com

Bagi warga Indonesia, nasi putih adalah makanan pokok. Nasih adalah makanan pokok bagi warga negara Indonesia. Bisa dibilang, belum makan seorang tersebut jika belum makan nasi. Walaupun banyak makanan pengganti nasi pada saat itu, seperti roti, kentang, jagung dan lain sebagainya. Tapi tetap saja entah bagaimana warga negara Indonesia masih tidak dikatakan makan sarapan, makan siang, makan malam, kalau belum makan nasi. Oleh karena itu nasi menjadi makanan wajib bagi  sebagian besar masyarakat Indonesia.

Penjelasan : Gagasan utamanya terletak pada baris kalimat pertama dan kalimat terahir, yaitu :

1. “Bagi warga Indonesia, nasi putih adalah makanan pokok …” 2. “Oleh karena itu nasi menjadi makanan wajib bagi  sebagian besar masyarakat Indonesia …”

Baca juga : 200+ Pantun Cinta, Jenaka, Nasehat, Islami, dan Lain Sebagainya

Contoh Paragraf Campuran #3

contoh paragraf campuran 3
pixabay.com

Keluarga Pak Kamto adalah keluarga yang berwibawa. Satu keluarga tersebut dari istri, anak pertama sampai ke lima sangat dihormati oleh warga setempat. Jasa dari keluarga Pak Kamto yang membuat orang segan dengannya. Karena mereka banyak ikut andil dalam mengembangkan desa. Anak-anak yang dewasa dan pintar juga tak kalah penting untuk memajukan desa agar lebih berkembang. Oleh sebab itu, satu keluarga Pak Kamto sangat dihormati warga desa.

Penjelasan : Gagasan utamanya terletak pada baris kalimat pertama dan kalimat terahir, yaitu :

1. “Keluarga Pak Kamto adalah keluarga yang berwibawa …” 2. ” Oleh sebab itu, satu keluarga Pak Kamto sangat dihormati warga desa …”

Contoh Paragraf Campuran #4

contoh paragraf campuran 4
pixabay.com

Dimas adalah seorang muadzin masjid besar Desa Sedayulawas. Suaranya yang merdu membuat pemuda itu resmi dijadikan muadzin setiap saat hari raya tiba. Tidak jarang juga dia menjadi imam di musholla kompleks di daerah desa. Belajar yang cukup lama di pondok membuat dia ahli untuk adzan. Itulah Dimas sang muadzin desa.

Penjelasan : Gagasan utamanya terletak pada baris kalimat pertama dan kalimat terahir, yaitu :

1. “Dimas adalah seorang muadzin masjid besar Desa Sedayulawas …” 2. “Itulah Dimas sang muadzin desa …”

Baca juga : Contoh Cerpen Singkat, Cinta, Lucu, Persahabatan

Nah apabila kamu masih bingung terhadap apa yang telah penulis jelaskan, maka kamu bisa juga untuk mengunjungi situs lain yang menjelaskan lebih detail dan lengkap tentang hal itu, di situs kursus milik kami.

Seperti itulah beberapa penjelasan dan contoh paragraf deduktif, induktif dan campuran. Semoga kamu dapat mengambil banyak manfaat dari membaca artikel ini. Jangan lupa selalu kunjungi web kami karena sebisa mungkin akan ada info-info menarik yang update setiap harinya, di ceritaihsan.com.

Salam dan Terimakasih! 🙂

1 thought on “12+ Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, dan Campuran”

Leave a Comment