Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi, Lengkap dengan Jenis, Ciri-Cirinya.

Contoh Paragraf Eksposisi – Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan contoh paragraf eksposisi. Sebetulnya ada banyak jenis paragraf. Kalian bisa mengunjungi artikel yang lainya di sini untuk mengetahui jenis-jenis paragraf tersebut. Tapi kali ini kita akan membahas tentang paragraf eksposisi. Langsung saja kita lihat apa itu paragraf eksposisi ..

Biar tambah berkah, jangan lupa baca basmallah dulu sebelum membaca..
Bismillahirromanirrohim..

Pengertian Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang isi kontennya dikembangkan dengan bertujuan untuk memberikan penjelasan bagi pembaca tentang sebuah informasi. Sehingga pembaca dapat suatu pengetahuan dari membaca sebuah paragraf tersebut.

Pada paragraf eksposisi memberikan informasi berupa pengetahuan ilmiah, yang mana sebuah hal nyata dan tidak dibuat-buat atau sebuah mitos.

Sumber dari pembuatan paragraf eksposisi tersebut bisa di dapat dari pengamatan, atau penelitian dan pengalaman.

contoh paragraf eksposisi
pexels.com

Macam-Macam Paragraf Eksposisi

Macam-macam paragraf eksposisi antara lain adalah :

  1. Eksposisi definisi
  2. Eksposisi proses
  3. Eksposisi klarifikasi
  4. Eksposisi ilustrasi
  5. Eksposisi perbandingan dan pertentangan
  6. Eksposisi laporan
contoh paragraf eksposisi
pexels.com

Ciri-Ciri Paragraf Eksposisi

Ciri-ciri paragraf eksposisi antara lain adalah :

  1. Sebuah paragraf yang memberikan suatu pengetahuan dan pengertian atas suatu hal.
  2. Menjawab semua pertanyaan pembaca dari pertanyaan-pertanyaan dimana, mengapa, apa, kapan dll,  tentang pengetahuan yang dipaparkan.
  3. Paragraf yang disuguhkan bersikap netral, tidak memihak atau memaksa agar pembaca ikut dengan pendapat penulis.

Bagi kalian yang ingin menentukan dan membuat paragraf eksposisi, sebelumnya kalian harus memilih tema yang tepat dulu. Dengan begitu kalian akan dengan mudah untuk membuat paragraf eksposisi. Juga tak kalah pentingnya adalah perbanyak kata dan sering membaca, dengan begitu kalian akan sangat terbantu untuk menulis kata-kata dan membuat paragraf eksposisi.

Baca juga : 12+ Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, dan Campuran

Contoh Paragraf Eksposisi Definisi

contoh paragraf eksposisi
pexels.com

“Bekam dan hijamah adalah sebuah teknik pengobatan tradisional yang dilakukan dengan mengeluarkan darah kotor (racun yang berbahaya) melalui kulit. Menurut pemahaman umum, sebenarnya bekam dan hijamah ini berfungsi sebagai pembuang darah yang kotor dan rusak. Sehingga tubuh tidak bisa lagi menggunakan darah itu, atau bahkan bila tetap berada di dalam tubuh, maka akan merusak sistem tubuh. Penyebabnya karena dari dalam tubuh mengandung oksidan yang tinggi sehingga darah tersebut teroksidasi dan tidak dapat digunakan.”

Contoh Paragraf Eksposisi Proses

contoh paragraf eksposisi
pexels.com

“Sampai saat ini, bantuan untuk para korbar letusan gunung merabi belum bisa menggapai keseluruhan. Hal ini bisa dilihat dari beberapa wilayah Kebumen. Contohnya seperti di desa A, sampai saat ini warga desa A hanya bisa memakan singkong. Itu pun diambill dari beberapa kebun warga. Ada beberapa warga yang memakan nasi, tapi beras tersebut di dapat dari reruntuhan bagunan yang mereka kumpulkan. Pastinya tidak utuh dan tidak bagus juga untuk dimakan. Tapi apa boleh buat, demi bertahan hidup mereka melakukannya. Keadaan desa yang seperti ini menunjukan bahwa bantuan dari pemerintah belum merata keseluruhan.”

Baca juga : Pengertian Kalimat Majemuk (Lengkap) Contoh dan Ciri-Cirinya

Contoh Paragraf Eksposisi Ilustrasi

contoh paragraf eksposisi
pexels.com

“Seorang ayah dalam rumah tangga adalah ibarat nahkoda di dalam kapal pesiar. Ayah adalah sesosok manusia yang bertanggung jawab penuh atas keluarga yang dipimpinnya. Sama halnya dengan nahkoda kapal pesiar, bila nahkoda tersebut ingin pergi ke timur, maka semua penumpangnya akan pergi ke timur. Bila nahkoda itu tersesat dan tak tahu arah, maka penumpangnya juga akan tersesat. Begitulah peran ayah dalam suatu keluarga.”

Contoh Paragraf Eksposisi Klarifikasi

contoh paragraf eksposisi
pexels.com

“Ada dua macam tanaman mini, pertama adalah tanaman mini asli dan tanaman mini bukan asli. Tanaman mini bukan asli ini, jika ditanam ditanah, maka tanaman ini tidak bisa tumbuh besar. Dan juga bila ditanaman pada sebuah pot, maka tumbuhan ini akan mengecil. Sehingga lebih terlihat indah untuk dipandang dan sebagai hiasan rumah. Tanaman ini contohnya adalah chrysantium dan anthurium.

Kedua adalah tanaman mini yang bukan asli. Jika tanaman ini dibiarkan untuk tumbuh di tanah biasa, maka tanaman ini akan tumbuh normal dan membesar seperti biasa. Tapi jika tanaman ini tumbuh dalam sebuah pot, maka dia akan mengecil atau pertumbuhannya menjadi lambat. Contoh dari tanaman ini adalah palem, beringin, udang, dan pohon asam.”

Baca juga : Pengertian Kalimat Efektif (Lengkap) Ciri, Syarat dan Contoh Kalimatnya

Contoh Paragraf Eksposisi Perbandingan

contoh paragraf eksposisi
pexels.com

“Jajanan kueh dan apem adalah makanan ringan yang biasa dijumpai di pasar. Kedua jajanan pasar ini sama dalam bahan pembuatanya, yaitu dari bahan tepung terigun. Jajanan ini juga asli dari daerah pesisir. Namun dari kedua jajanan ini, rasanya berbeda.

Kalau jajanan kueh rasanya manis tapi kalau jajanan apem, ada sedikit rasa kecut yang membuat ciri khas dari jajan tersebut. Pada intinya sih sebetulnya rasa yang ditonjolkan dari keduanya adalah manis. Dari bentuknya juga berbeda.

Kueh biasanya menonjolkan bentuk yang indah dan menarik, sehingga banyak digemari oleh banyak orang. Tapi kalau apem, hanya digoreng dengan wajan yang berbentuk bulat dan berwarna ke coklatan, sehingga hanya orang yang benar-benar tau cara menikmatinya lah yang suka terhadap jajanan ini.”

Contoh Paragraf Eksposisi Laporan

contoh paragraf eksposisi
pexels.com

“Kuda laut adalah hewan yang berkembang biak dengan cara kehamilan pada si jantan. Dari situ, kuda laut jantang memiliki kantung pengeraman yang disebut dengan brood pouch yang terdapat pada perutnya. Pasangan kuda laut adalah pasangan sehidup semati. Apabila pada hewan lain terjadi transfer sperma dari jantan ke betina, maka pada kuda laut malah sebaliknya. Kuda laut betina akan mentransfer sel telurnya ke kantong pengeraman kuda laut jantan hingga telur tersebut menetas. Kuda laut biasanya bisa mencapai tingkat dewasa pada usia 7 bulan.”

Baca juga : Tips Jitu Cara Membuat Pantun yang Baik dan Benar

Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Donor Darah

contoh paragraf eksposisi tentang donor darah
galena.co.id

“Mulai tanggal 1 Septermber sampai 8 September akan di adakan sumbangan donor darah ke berbagai kampus dari RS Sutomo Surabaya. Donor darah ini akan dilakukan menyeluruh ke berbagai kampus dan kampung yang ada di kota Surabaya.

Hal ini dilakukan untuk membantu para pasien yang butuh bantuan donor darah. Karena stok darah yang ada di rumah sakit sangat kekurangan. Maka dari itu, pihak rumah sakit sangat butuh apresiasi terutama ke pada warga Surabaya agar ikut berpartisipasi dalam progam ini.

Salah satu penyebabnya stok darah habis adalah karena saat bulan-bulan kemaren, banyak pasien sakit atau kecelakan yang kekurangan darah cukup banyak datang berbarengan. Dan pada saat itu stok darah rumah sakit dalam keadaan kritis. Alhasil rumah sakit sangat kekurangan sekali darah yang bisa dibuat membantu para korban.

Progam ini dilaksanakan ke berbagai tempat menyeluruh di Kota Surabaya. Membutuhkan 5 dokter dan 15 perawat sekaligus pada setiap hari sampai progam ini selesai. Untuk menjalankan progam ini pun membutuhkan 50 juta rupiah agar terlaksana dengan baik.

Bagi siapa saja yang telah rela mendonorkan darahnya kepada rumah sakit, maka akan mendapat bukusan menarik langsung di tempat. Dan pihak rumah sakit akan sangat berterimakasih sekali kepada masyarakat dan para mahasiswa yang mau ikut progam ini.

Bila para warga ingin mendonorkan langsung ke rumah sakit, maka pihak yang berwenang akan menyambut dengan senang hati. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi nomer yang tertera di bawah ini.”

Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Penyu

contoh paragraf eksposisi tentang penyu
arratrrapost.com

“Penyu adalah seekor kura-kura laut yang bisa ditemukan hampir di semua samudra di dunia. Menurut data lengkap para ilmuan, penyu sudah ada semenjak akhir zaman Jura (145 – 208 juta tahun yang lalu) atau sama dengan usia dinosaurus. Pada masa itu penyu Archelon, ukuran panjang badannya bisa mencapai enam meter, dan Cimochelys telah berenang di laut purba seperti penyu pada masa kini.

Pada tubuh Penyu, terdapat sepasang tungkai depan yang berupa kaki pendayung. Fungsinya bisa memberikan ketangkasan berenang di dalam air yang dalam. Walaupun pada semasa hidupnya berkelana di dalam air, terkadang sesekali hewan kelompok vertebrata, kelas reptilia ini tetap harus naik ke permukaan air untuk mengambil napas. Hal itu karena penyu bernapas menggunakan paru-paru. Penyu biasanya bermigrasi dengan jarak yang cukup jauh dan waktu yang bisa dibilang tidak terlalu lama. Jarak 3.000 kilometer saja hanya ditempuh 58 sampai 73 hari.”

Baca juga : 200+ Pantun Cinta, Jenaka, Nasehat, Islami dan Sebagainya

Contoh Paragraf Eksposisi Tentang Jeruk Nipis

contoh paragraf eksposisi tentang jeruk
starberita.com

“Jeruk nipis adalah buah yang mudah dan sering sekali dijumpai. Hampir di seluruh pasar pasti ada yang menjual buah yang satu ini. Selain murah buah ini mengandung banyak manfaat. Jeruk nipis juga sering dijumpai di berbagai makanan, seperti soto.

Biasanya jeruk nipis digunakan untuk perawatan wajah. Memang kandukannya yang baik tersebut dapat memelihara wajah dan terhindar dari penuaan dini. Tapi tak kalah dengan jeruk nipis yang diminum. Bagi tubuh juga sangat luar biasa menyehatkan.

Dari berbagai manfaatnya jika jeruk nipis ini diminum adalah terhindar dari kanker. Hal ini dikarenakan jeruk nipis mengandung zat antioksidan yang dapat menghambat dan mencegah perkembangan kanker dalam tubuh manusia.”

 

Demikian lah beberapa penjelasan dan contoh paragraf eksposisi. Kalian bisa membuka jenis paragraf agar kalian tau lebih lengkap tentang semua paragraf. Semoga kalian dapat mengambil manfaat dari membaca artikel ini. Jangan lupa selalu kunjungi web kami karena sebisa mungkin akan update info-info yang menarik setiap harinya, di ceritaihsan.com.

Salam dan Terimakasih! 🙂

Leave a Comment