10 Kata Kata Bijak Dari Eyang BJ Habibie yang Harus Kamu Dipikirkan Di Hari Mendatang

Kata Kata Bijak Eyang Habibie – Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Kali ini kita akan membahas beberapa kata kata bijak Eyang Habibie yang harus kamu ingat sebelum kamu mengalaminya di masa depan.

Sebetulnya saya sudah membahas di postingan sebelumnya, mengenai kata kata bijak BJ Habibie. Namun saya ingin benget dari mengomentari beberapa kata kata bijak Eyang yang paling the best menurut saya.

Karena bisa jadi dari beberapa yang saya sampaikan berikut bisa kita jadikan bahan renungan untuk melangkah kedepan, dan bisa menjadi senjata untuk berhati-hati dalam menjalani hidup mendatang.

Oke mungkin semuanya juga sudah tau, langsung saja berikut adalah 10 nasehat Eyang Habibie yang the best..

eyang bj habibie

1. Konsisten dalam Satu Bidang

“Harus selalu konsisten dalam menekuni sesuatu dan disiplin ilmu yang anda pelajari. Karena dengan konsisten, anda bisa seperti saya”

Eyang Habibie pernah bilang saat ditanya-tanyai oleh mbak Najwa mengenai mahasiswa yang suka titip absen. Lalu Eyang berkomentar, “orang itu tidak akan maju”. Lalu nasehatnya menyuruh agar rajin dalam belajar. Jika disaat mata pelajaran yang tidak digemari, maka ya sekedar lulus sajalah. Setalah itu waktunya full limpahkan ke bidang yang digemari.

Dan memang menarik ya, dengan sendirinya jika pelajaran itu tidak kita minati maka buat belajar aja males gitu. Kok belajar, masuk kelasnya aja udah ogah. Tapi coba renungkan sekali lagi, jika kita mencintai sesuatu, maka kita akan berjuang untuk mendapatkannya.

2. Selalu Bekerja

“Dalam hidup ini saya memiliki mental seperti orang yang bermain sepeda. Bila saya tidak mengayuh sepeda maka saya akan jatuh, jika saya berhenti bekerja maka saya mati”

Bener sekali kata Eyang. Orang kalau tidak bekerja, lalu buat apa dia hidup? Apa bedanya kan dia sama orang yang sudah mati. Itulah kenapa Eyang tidak pernah berhenti bekerja.

Bekerja disini saya artikan produktif ya coba. Contoh dari mendapatkan uang tiap bulan, memperkaya ilmu dengan belajar, memperbaiki akhlaq, ibadah, masyarakat dan lain sebagainya.

Kita bahkan hanya belajar ilmu agama pun umur kita tidak akan cukup sebelum menyelesaikannya. Belum lagi memperkaya diri, dan membantu masyarakat sekitar. Membaca buku saja ada jutaan buku yang kita jikalau seumur hidup hanya digunakan untuk membaca, kita tak akan sampai.

3. Pintar Tidak Berguna Jika Pemalas

“Tidak ada gunanya IQ tinggi tapi pemalas, tidak disiplin. Yang terpenting adalah anda sehat dan mau berkorban untuk masa depan yang cerah”

Pintar saja tidak cukup. Dan untuk menjadi pintar serta berguna pondasinya adalah sehat. Maka di masa mendatang atau mulai sekarang dimasa yang masih sehat, gunakanlah waktu mu sebaik mungkin untuk kehidupan mendatang yang lebih cerah. Jangan sampai waktu berapi-apimu hilang dan kau menjadi sakit-sakitan. Lalu waktumu sibuk untuk menyembuhkan dan memulihkan apa yang kau kau punya dahulu.

4. Tentang Memori

“Kalau orang makin tua, itu memorinya yang paling kuat adalah memori waktu dia muda”

Ini menurut saya dalem banget. Karena apa? Sebab yang akan menentukan dimasa tua kamu adalah waktu muda.

Yaa terdengar biasa sih, cuman coba kita lihat lagi, Jikalau waktu muda suka dengan membaca, menulis, berfikir kritis, maka sampai tua pun dia akan selalu begitu. Dan jika dia muda malas-malasan, tidak ada tujuan kedepan dan tidak memikirkan apapun, yaudah sampai tua juga dia akan selalu begitu.

5. Cinta adalah keikhlasan

“Cinta itu keikhlasan. Tak ada paksaan ataupun rasa pelampiasan”

Ketika kita mencintai seseorang, jika kita ditanya kamu mencintainya karena apa? Dan kau menjawabnya dengan “aku tidak punya alasan” maka itu adalah sebuah ketulusan. Dan sejatinya begitulah cinta.

Jika kita hanya mencintai seseorang hanya karena baru saja diputusin seseorang, maka itu pelampiasan. Atau terpaksa kita mencintai seseorang karena dia kaya, atau apapun itu maka itu bukanlah cinta sejati.

Tulus dan ikhlas untuk mencintai seseorang berarti kamu dan dia saling rela mendekat.

6. Cinta Butuh Kecerdasan

“Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup”

Menarik sekali. Jika orang memiliki kecerdasan, kepintaran dalam suatu bidang tanpa memiliki cinta, maka kecerdasan itu berbahaya. Contoh dia cerdas membuat bomb atom, tanpa adanya cinta pada dirinya maka kecerdasanya akan berbahaya ke orang lain. Begitu juga kecerdasan-kecerdasan lainnya.

Dan jika cinta tanpa kecerdasan, itu kurang. Kita berani mencintai tapi kita tidak cerdas mengolah cinta tersebut, maka hubungan saling mencintai tersebut juga akan rapuh. Akan sangat membosankan, dan lemah.

7. Kelemahan Menjadi Cinta

“Cinta sejati itu memandang kelemahan lalu diubah menjadi sebuah kelebihan untuk selalu mencintai”

Normalnya kelebihan seseorang bisa kita lihat dan menjadikan kita saat melihatnya itu terasa berbeda dari orang lain. Itu membuat kita mudah dalam mencintainya, misal dia pintar, cantik, sopan dan lain sebagainya.

Namun, harusnya juga kelemahan seseorang juga akan membuat dia akan berbeda dari orang lain. Dan itulah PR besar yang harusnya kita olah menjadikan kita semakin cinta terhadapnya.

Sebab kekurangan maupun kelebihannya membuat dia sama-sama berbeda kan dengan orang lain?

8. Tentang Kesetiaan

“Kesetiaan berarti ketulusan untuk menyimpan satu hati di dalam hati, dan berjanjilah untuk tidak menghianati”

Janji untuk setia itu bukan main-main. Apalagi terhadap wanita. Dan wanita tidak bisa untuk berbagi hati kepada hati yang lain. Dia ingin hati yang utuh untuk dirinya sendiri.

9. Pengalaman

“Pengalaman tidak bisa dipelajari, tapi harus dilalui”

Meskipun kita dapat mendengar dari pengalaman-pengalaman orang lain, namun itu tidak cukup untuk menjadikan kita mendapatkan suatu pengalaman tersebut.

Karena jika dapat pengalaman dari orang lain, maka itu hanya bisa membuat kita hati-hati dalam melangkah. Namun jika kita mendapatkan pengalaman dari diri sendiri, maka harusnya kita tahu bahwa ada lupan, atau tanjakan, bahkan krikil yang pernah ada di jalan yang pernah kita lalui.

10. Indonesia Dipegang oleh Anak Muda

“Kita tidak boleh lelah dan kita tidak boleh kalah, masa depan Indonesia berada di anak muda. Anak muda harus dituntun ke arah positif.”

Wahai pemuda Indonesia, bangkitlah. Jangan hilangkan masa mudamu hanya untuk bermalas-malasan. Bangsa ini berada ditangan kalian. Rubahlah dunia seperti mimpi yang dilakukan oleh Eyang Habibie. Jangan kalah dengan  dirimu sendiri. Yakin bahwa kamu bisa.

Penutup

Mungkin cukup sekian untuk artikel kali ini. Semoga dengan adanya kata kata bijak dari Eyang Habibie ini bisa mmemotivasi kalian semua.

Dah gitu, semoga bermanfaat 🙂

Leave a Comment