7+ Khasiat dan Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Kali ini kita akan membahas tentang khasiat dan manfaat jahe yang berperan penting untuk kesehatan badan kita. Harapannya supaya kita lebih tahu dan banyak wawasan seputar jahe dan lebih lagi kita bisa menerapkan untuk mengonsumsinya tiap hari.

Kalian sudah tahu kan jahe itu seperti apa? apa itu jahe? pastinya sudah tau dong. Biasanya nih, kalo bahan-bahan dapur kayak gini, anak cowok sering keliru. Tak jarang juga cowok keliru menyebut jahe dengan lengkuas. Hmm, mungkin terlihat sama bagi para lelaki, tapi bila dilihat lebih jeli lagi teramat berbeda.

Nah untuk kalian nih, yang menyepelekan tentang jahe penulis akan memberikan info seputar manfaat jahe dan apa saja khasiatnya untuk kesehatan tubuh manusia. Cita rasa yang panas dan aroma yang khas membuat jahe jarang dinikmati oleh para khalayak. Padahal ada segudang manfaat yang bisa diambil dari rempah yang satu ini.

Sebelum itu maka kita pahami terlebih dahulu tentang jahe

Jahe

manfaat jahe
pexels.com

Jahe adalah salah satu tanaman rimpang yang begitu terkenal sebagai rempah-rempah dan sebagai bahan obat-obatan. Rimpangnya memiliki bentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Jahe memiliki rasa dominan pedas dan panas dikarenakan senyawa keton bernama zingeron. Jahe merupakan suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah ini diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta singaberi.

Manfaat Jahe

manfaat jahe
pexels.com

Jahe merupakan tanaman obat yang sudah dipercaya banyak penduduk Indonesia dan sangat populer. Biasanya jahe dinikmati dan dijadikan obat dengan olahan sebagai minuman hangat. Dengan mencampurkan jahe ke dalam segelas air panas dan ditambahkannya gula, jahe ini sudah bisa dinikmati banyak kalangan.

Terkadang juga ada yang mencampurkannya dengan susu. Sebab rasa yang seperti ada pedas di dalam mulut membut penikmat jahe gemar untuk menambahkannya di berbagai minuman. Ada juga yang dicampurkan dengan kopi. Semua orang punya selera yang berbeda.

Sebab kandungan jahe sendiri memang dapat menghangatkan tubuh seseorang. Karena itu jugalah alasan kenapa jahe memiliki rasa layaknya pedas. Dari hal ini juga jahe yang memiliki sifat penghangat itu, sudah digunakan oleh banyak produsen obat yang menggunakan jahe sebagai bahan utama racikan produk mereka.

Nah tertarik kah Anda untuk mengetahui apa saja manfaat jahe ini? Langsung saja kita ulas tuntas khasiat dan manfaat jahe. Berikut penjelasannya.

Khasiat dan Manfaat Jahe untuk Kesehatan

khasiat dan manfaat jahe
1001budidaya.com

1. Jahe bisa berfungsi untuk menghangatkan tubuh

Bila di daerah pegunungan, bisa jadi minuman wajib bagi masyarakat yang tinggal disana adalah jahe hangat, atau kerap disebut wedang jahe. Sebab jahe ini memiliki sifat yang dapat menghangatkan tubuh. Selain itu juga, jahe mengandung anti virus dan toksin yang mampu untuk mengobati sakit tenggorokan dan melegakannya. Jahe juga bisa digunakan untuk mengobati batuk dan masuk angin.

2. Manfaat jahe sebagai pencegah timbulnya kanker

Kandugan baik yang ada pada jahe juga perperan untuk pencegahan kanker pada seseorang. Jahe yang telah di ekstrak bisa menekan agar pertumbuhan kanker tidak menjalar. Berbagai kanker dapat dicegah dengan rutin minum jahe, seperti gejala kanker kulit, kanker paru-paru dan lain sebagainya.

Bagi kalian para wanita juga harus lebih waspada dengan yang namanya kanker serviks. Karena penyakit ini salah satu alasan kematian terbesar di kalangan wanita. Untuk lebih berhati-hati agar rahim sehat dan tidak terkena penyakit-penyakit lain seperti rahim turun, jagalah diri anda dengan pola hidup sehat dari sekarang.

3. Jahe bisa mengatasi Masalah Pernafasan

Jahe juga mampu untuk mengobati berbagai masalah pernafasan. Biasanya masalah yang sering ditimbulkan pada daerah pernafasan ialah batuk dan pilek. Kedua penyakit ini kerap kali mengganggu sistem kerja pernafasan tubuh manusia.

Fungsi jahe di sini berperan sebagai melegakan sistem pernafasan yang bekerja untuk memecahkan serta menghilangkan lendir atau dahak yang mengganggu. Sebab jahe salah satu jenis ekspektoran alami yang berfungsi untuk mengani hal-hal itu.

Adanya kandungan tersebut membuat pernafasan sangat terbantu untuk menghilangkan masalah-masalah itu dengan mudah. Lalu dikeluarkannya lendir dan dahak tersebut serta memulihkan kembali sistem pernafasaan yang rusak seperti semula.

4. Manfaat jahe mampu untuk melancarkan pencernaan

Manfaat jahe yang lainnya juga dapat melancarkan pencernaan. Bukan hanya buah saja yang dapat mengatasi masalah dalam pencernaan. Sebab sifat jahe yang dapat membantu penyerapan makanan dapat untuk melancarkan pembuangan sisa-sisa makan.

Sifat yang lainnya juga jahe dapat mencegah dan mengurangi peradangan pada perut. Sehingga kemungkinan besar sakit perut akan dapat diatasi dengan mengonsumsi jahe.

5. Jahe dapat mengatasi memar dan rasa nyeri

Manfaat baik yang ada pada jahe juga dapat untuk meredakan rasa nyeri. Kandugan anti inflamasi yang terdapat pada jahe mempu untuk mengurangi nyeri yang disebabkan oleh gejala penyakit rematik.

Selain itu juga jahe juga berguna untuk meredakan rasa nyeri akibat memar. Bisanya memar yang terjadi pada tubuh disebabkan karena adanya benturan terhadap suatu benda. Sehingga menyebabkan memar. Dengan kandungan jahe yang merupakan anti inflasi ini, nyeri yang terjadi bisa mereda secara alami.

Manfaat Jahe untuk Kecantikan

manfaat jahe untuk kecantikan
pexels.com

1. Mengatasi Kulit Berminyak

Jahe dapat mengatasi kulit wajah yang memproduksi minyak berlebihan. Bahan alaminya dipercaya dapat mengatasi minyak yang kerap mengganggu pada wajah. Adapun langkah-langkah untuk menggunakannya adalah sebagai berikut :

  1. Gambung semua bahan menjadi satu, dari jahe yang sudah diparut, bubuk kayu manis, pala bubuk dan garam laut.
  2. Lembutkan semua bahan tersebut hingga benar-benar halus. Gunakan air untuk membantu proses menghaluskannya. Pastikan bahwa sampai berbentuk seperti pasta.
  3. Setelah itu, taruh pada muka yang perpotensi besar menghasilkan minyak.
  4. Biarkan selama kurang lebih 10 menit.
  5. Setelah itu basuh dengan air dingin dan keringkan.

2. Menghilangkan ketombe

Manfaat jahe juga berperan sebagai cara menghilangkan ketombe. Ekstrak sari jahe dapat dipakai sebagai salah satu bahan alami pencuci rambut. Jahe ini juga dapat berfungsi untuk mencegah kerontokan yang terjadi pada rambut.

Manfaat Air Jahe

manfaat air jahe
pexels.com

Jahe memang paling enak untuk dijadikan wedang, atau menjadikaanya air jahe. Bisa dikonsumsi rutin disetiap pagi hari, sehingga manfaat yang terkandung di dalamnya dapat maksimal untuk kebaikan tubuh. Manfaat air jahe ini juga kurang lebih sama seperti hal yang sudah disebutkan di atas. Seperti misalnya menghangatkan tubuh, menjadi anti virus, melegakan tenggorokan dan lain sebagainya.

Untuk membuat air jahe sendiri kalian bisa gunakan beberapa cara berikut :

  1. Siapkan bahan-bahan terlebih dahulu seperti 1 liter air, 100gr gula pasir, 2 buah jahe yang sudah dimemarkan, 1 buah daun pandan wangi.
  2. Setelah itu rebus air hingga mendidih dan tuangkan pada cangkir gelas.
  3. Aduk jahe bersama gula pasir.
  4. Masukan daun pandan dengan diiris tipis yang menambah aroma wangi dari jahe.
  5. Wedang jahe siap untuk dinikmati.

Kegunaan Jahe

kegunaan jahe
pexels.com

Jahe yang termasuk tanaman obat ini mempunyai berapa kegunaan. Selain sebagai obat alami dengan begitu banyak kandungan yang bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, jahe juga biasa digunakan untuk bahan masakan dirumah. Sifatnya yang sedikit pedas dan panas membuat cita rasa masakan menjadi lebih nikmat.

Jahe juga bisa berguna untuk menghilangkan bau amis yang ada pada sejumlah bahan makanan, seperi daging, ayam dan ikan. Karena perkembangan zaman yang maju, jahe sudah menjadi bahan yang sangat mudah ditemui di toko-toko rumahan, dan langsung bisa digunakan. Sebab banyak pada saat ini jahe sudah dibuat menjadi instant.

 

Itulah beberapa manfaat jahe yang dapat kita pelajari dan kita manfaatkan untuk menunjang kesehatan tubuh. Harapannya kita bisa untuk rutin untuk mengonsumsinya. Semoga kalian mendapatkan banyak manfaat dari membaca artikel ini.

Sekian,

Salam dan Terimakasih! 🙂

 

Leave a Comment