16+ Manfaat Buah Nanas yang Dahsyat bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Kali ini kita akan membahas tentang manfaat buah nanas yang hebat bagi kesehatan tubuh kita. Semoga bisa menginspirasi dan membantu Anda yang memiliki masalah dalam tubuh.

Memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa  alaminya semua jenis buah-buahan memiliki peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Kandungan gizi dari buah yang sangat dibutuhkan tubuh membuat manusia harus mengonsumsi buah-buahan disetiap harinya.

Semua buah mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh. Tak terkecuali buah nanas. Kandungan buah nanas yang baik dapat membantu tubuh menjadi lebih sehat.

Lantas apa saja manfaat buah nanas ini?

Mari kita ulas lebih dalam tentang manfaat hebat buah nanas. Tapi sebelumnya, kita kenali dulu buah nanas ini seperti apa dan mungkin ada yang pengen tau tentang manfaat sabun sereh. Langsung kunjungi saja, dan coba kalian cari tau sendiri apa saja manfaat yang terkandung di dalamnya.

Fakta dan Sejarah Buah Nanas

fakta buah nanas
pexels.com

Nanas merupakan salah satu tanaman tropis yang memiliki ketinggian sekitar 5-8 kaki yang tumbuh menyebar sekitar radius 3-4 kaki. Tanaman ini memiliki daun yang menyerupai jarum pada ujungnya, kulit buahnya kasar dan sedikit tajam.

Secara ilmiah, buah ini biasa disebut dangan Ananas Comosus dan masih termasuk famili Bromeliaceae, dalam genus Ananas.

Buah nanas ini telah banyak diteliti oleh para ahli dan memang benar, sangat banyak dan beragam manfaat yang terkandung di dalam buah iklim tropis ini.

Perlu diketahui, bahwa buah nanas dulunya merupakan buah yang berasal dari penduduk pribumi Paraguay lokal Amerika Selatan. Lalu dibawa oleh Columbus ke Spanyol saat setelah menemukan benua Amerika pada tahun 1493.

Setelah itu, buah nanas menyebar sampai ke seluruh dunia oleh pelaut Eropa pada abad ke- 15 dan ke- 16. Bertujuan sebagai perlindungan dari penyakit yang diakibatkan kekurang mengonsumsi vitamin C, biasa disebut penyakit scurvy.

Berbagai manfaat kesehatan terkandung dalam buah nanas. memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyehatkan tulang, mengatasi rasa nyeri, melancarkan pencernaan, dan lain sebagainya.

Kandungan Gizi Buah Nanas

kandungan gizi
doktercantik.com

Manfaat buah nanas sangat banyak sekali. Dalam buah nanas, terdapat sumber vitamin antioksidan yang sangat baik. Nanas mengandung 47,8 atau 80% vitamin C disetiap 100 g. Kangungan yang ada dalam buah nanas ini sangat dibutuhkan untuk sintesis kolagen dalam tubuh.

Kolagen merupakan sebuah protein struktural utama yang ada di dalam tubuh berguna sebagai menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ dan tulang.

Memakan buah nanas dapat mencegah dari penyatkit scurvy, yaitu gagalnya sintesis kolagen dan pembentukan osteoid di dalam tubuh. Hal ini karena kandung buah nanas yang kaya dengan vitamin C.

Selain itu juga mampu untuk meingkatkan kekebalan tubuh. Sehingga bisa terhindar dari radikal bebas proinflamasi dan tahan terhadap serangan infeksi.

Gizi yang terkandung pada buah nanas hampir setara dengan apel, karena di setiap 100 g buah nanas mengandung sekitar 50 kalori. Salah satu sumber serat yang larut dan tidak larut seperti pektin. Dan juga daging yang terkandung didalamnya tidak terdapat lemat jenuh maupun kolesterol.

Dalam 100 gram buah nanas, terdapat kandungan gizi dengan zat-zat sebagai berikut (Sumber: USDA National Nutrient data base):

kandungan gizi buah nanas

kandungan gizi buah nanas
mediskus.com

Manfaat Buah Nanas

manfaat buah nanas
ataslaptop.blogspot.co.id

Manfaat buah nanas sangat banyak bagi penunjang kesehatan tubuh manusia. Buah nanas yang rendah akan kalori membuat buah yang satu ini sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Serat yang terkandung dalam buah nanas bisa membantu pertumbuhan tulang.

Walau kebanyakan orang lebih suka menjadikan buah nanas sebagai jus, tapi hal ini tidak mengurangi tingkat dan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Seperti B1, B2, B3, B5, B6, vitamin C dan bromelain.

Lalu apa saja manfaat dari buah nanas?

Di sini penulis akan memberikan 16 manfaat yang ada pada buah nanas. Walau sebetulnya manfaat yang ada pada buah nanas ini lebih dari itu, tapi jumlah ini mewakili dari manfaat buah nanas yang paling mendominasi. Berikut ulasannya.

1. Buah nanas dapat meningkatkan kekebalan tubuh

meningkatkan kekebalan tubuh
webkesehatan.com

Dengan mengonsumsi buah nanas maka kekebalan tubuh kita akan meningkat drastis. Karena kandungannya yang baik dapat menjadikan sistem imun menjadi lebih kebal terhadap penyakit seperti batuk, pilek, sakit tenggorokan ataupun bahkan penyakit bronchitis pun bisa diatasi.

Buah nanas juga terkenal dengan buah pencegah kanker. Karena zat bromelain yang terdapat pada buah nanas mampu melawan dan mencegah penyakit kanker.

2. Manfaat buah nanas yang kaya akan kandungan vitamin C

manfaat buah nanas
totalgymdirect.com

Kandungan buah nanas yang kaya akan vitamin C dan bromealin mampun melawan radikal bebas dari luar yang menyerang tubuh. Karena buah nanas juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Dari vitamin C inilah buah nanas mampu untuk mencegah penumpukan plak pada arteri atheroscldrosis yang dapat menyerang jantung.

3. Khasiat buah nanas yang kaya dengan kandungan serat

serat yang tinggi pada nanas
pixabay.com

Serat yang terdapat pada buah nanas juga mampu melancarkan pencernaan. Dengan rutin memakan buah nanas, maka usus akan lebih optimal dan lebih sehat. Sehingga dapat bekerja lebih baik saat mencerna makan.

Seratnya yang tinggi juga bisa membantu penyembuhan saat terkena cacingan. Selain itu racun-racun yang menumpuk pada ginjal dan hati bisa dihilangkan dengan rutin makan buah nanas.

4. Buah nanas dapat menyehatkan tulang

tulang menjadi sehat
alasehat.net

Manfaat selanjutnya dari buah nanas yaitu dapat menyehatkan tulang. Hal ini didasari karena buah nanas mengandung magnesium dan kaium yang berguna untuk memperkuat tulang serta jaringan ikat.

Dengan rutin memakan buah nanas maka kita akan mendapatkan tulang yang kuat serta kokoh.

5. Pencernaan akan lebih sehat dengan mengonsumsi buah nanas

pencernaah menjadi sehat
biutiva.com

Buah nanas dapat menjadikan pencernaan lebih sehat. Jus nanas bisa membantu orang lebih menyehatkan sistem pencernaan. Penyatkit seperti sembelit dan rasa mual bisa diatasi dengan mengonsumsi buah nanas yang dijadikan jus.

Usus akan lebih teratur sistem kerjanya, karena ada kandungan serat yang tinggi dan nutrisi yang bisa menjaga usus agar tetap sehat. Sebab enzim yang terkandung dalam buah nanas bermanfaat untuk meningkatkan fungsi usus.

Vitamin C yang ada pada buah nanas akan membantu tubuh lebih tahan terhadap penyakit. Karena buah nanas yang dijadikan jus bertindak sebagai pencegah penyakit secara alami.

6. Manfaat buah nanas yang mampu mengatasi rasa nyeri

mengatasi nyeri
everydayhealth.com

Tidak banyak orang tahu bahwa jus nanas bisa mengatasi rasa nyeri pada otot. Kebanyakan binaragawan menyediakan jus buah nanas untuk dijadikan minuman rutin dikarenakan kandungan bromelain yang ada pada buah nanas mampu mengatasi masalah pada otot. Contohnya seperti nyeri sendi.

Buah nanas juga mampu meminimalisir terjadinya pembekuan pada darah.

7. Khasiat buah nanas mampu menyembuhkan luka dengan sangat cepat

manfaat buah nanas menyembuhkan luka
SolusiSehatku.com

Salah satu manfaat buah nanas selanjutnya adalah buah nanas memiliki sifat anti inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan luka dengan sangat cepat.

Cara penggunaanya agar buah nanas dapat digunakan untuk menyembuhkan luka adalah dengan menjadikannya jus nanas yang hancur dan lembut. Lalu oleskan buah nanas yang hancur tersebut kepada bagian yang terluka dan sakit.

Buah nanas yang telah dijadikan jus mampu untuk membersihkan luka, sehingga proses penyembuahannya juga akan menjadi sangat cepat.

8. Manfaat buah nanas mampu meredahkan terjadinya peradangan

nanas mengatasi peradangan
pexels.com

Kandunga yang ada pada buah nanas juga dapat mengatasi peradangan. Meromelain yang ada dalam buah nanas bermanfaat sebagai zat anti peradangan, anti pengentalan dan anti kanker.

Telah diuji coba melalu penelitian degan hasil yang menyatakan bahwa mengonsumsi buah nanas dengan rutin dan teratur dapat melawan arthritis serta masalah pada pencernaan.

Kandugan broelain yang ada pada nanas juga sering digunakan sebagai mengatasi berbagai masalah peradangan pada kulit seperti contohnya memar, keseleo, menyembuhkan bengkak dan mengurangi rasa sakit.

9. Jantung akan menjadi lebih sehat dengan buah nanas

jantung menjadi sehat
SolusiSehatku.com

Sebuah penelitian di Firlandia menunjukkan hasil bahwa buah nanas dapat memperlancar kinerja jantung serta mengurangi pembekuan dalam darah. Tubuh yang tercukupi dengan vitamin C akan sangat berguna sekali untuk melawan penyakit jantung serta menurunkan resiko terserangnya penyakit jantung koroner.

Maka dari itu kita harus selalu menjaga tubuh kita dari sakit, terutama jantung. Karena jika jantung sudah rusak, tidak menutup kemungkinan seluruh organ tubuh yang ada agan bekerja tidak maksimal. Dan ujung-ujungnya penyakit akan mudah masuk dan menyerang organ lainnya.

10. Meminum buah nanas dapat menyegarkan tubuh

manfaat buah nanas menyegarkan tubuh
pexels.com

Buah nanas juga dipercara mampu menjadikan tubuh lebih segar. Rasa lelah yang dialami sesorang bisa segera hilang dengan meminum jus nanas. Maka dari itu kita dianjurkan untuk menjadikan buah nanas sebagai makanan dan minuman rutin setiap hari.

11. Khasiat buah nanas dapat mencegah penyakit katarak

mencegah katarak
pexels.com

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi dari vitamin C dapat membantu dalam mengurangi resiko penyakit katarak. Vitamin C yang terkandung dalam buah nanas memang perperan penting dalam mengatasi kesehatan mata.

Memang sebenarnya, secara umum bahwa vitamin C dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin C juga dapat mencegah degenerasi pada manusia.

12. Menjaga kesehatan gusi pada gigi

gusi sehat
ujiansriutami2.wordpress.com

Vitamin C yang terdapat pada buah nanas juga dapat menjaga kesehatan gigi. Buah nanas mampu menurunkan resiko peradangan pada gusi, serta mencegah penyakit-penyakit yang berhubungan denga gusi.

13. Khasiat nanas sebagai kesuburan pria dan wanita

menambah kesuburan
pexels.com

Manfaat buah nanas yang satu ini yang menjadikan buah nanas spesial. Buah nanas dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita.

Buah nanas jika dikonsumsi dengan dijadikannya menjadi jus, memiliki kandungan yang terdiri dari vitamin C yang telah dibawas di atas, mineral, beta karotem, tembaga, seng, dan juga folat.

Kandungan-kandungan tersebut memiliki manfaat yang dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Ditambah lagi jus buah nanas memiliki manfaat yang tidak kalah penting dalam seksualitas.

Namun bukti yang ada belum didukung oleh teori ilmiah, sehingga tidak bisa dibuat rujukan akan benar adanya.

14. Manfaat buah nanas dapat mencegah penyakit asma

manfaat buah nanas mencegah penyakit asma
pexels.com

Studi penelitian yang telah dilakukan, kandungan beta karoten yang terdapat pada buah nanas dapat mengurangi resiko seseorang terkenanya penyakit asma. Karena dalam buah nanas mengandung beta karoten yang diubah menjadi vitamin A berperan aktif selama proses pencernaan di dalam tubuh.

Akan tetapi data ini tidak bisa dijadikan patokan. Karena penelitian yang dilakukan masih pada tahap awal dari proses penelitian tersebut.

15. Mengonsumsi buah nanas sebagai sumber energi

manfaat buah nanas menambah tenaga
sepositif.com

Buah nanas mengandung vitamin B1  yang bermanfaat mengubah gula menjadi energi. Jadi nanas cukup penting untuk dikonsumsi setiap hari agar kita tetap terus terjaga kesehatannya dan memiliki tenaga saat beraktifitas.

16. Meminimalisir penyakit sinusitis

buah nanas meringankan sinusitis
pexels.com

Terahir yaitu buah nanas dapat mengurangi penyakit sinusitis. Dalam kasus ini, kandungan enzim yang terdapat pada buah nanas mampu mencerna protein. Yaitu enzim bromelain yang memiliki sifat anti inflamasi. Enzim ini mampu untuk mengurangi lendir dan peradangan pada sinusitis.

Baca juga : 7+ Khasiat dan Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh Manusia

 

Itulah penjelasan dari berbagai kandungan dan manfaat buah nanas. Semoga dengan ini kita bisa rutin untuk mengonsumsi buah nanas. Karena dikira sangat penting untuk menunjang kehidupan dan kesehatan tubuh kita.

Semoga kalian mendapatkan banyak manfaat dari membaca artikel ini..

Sekian,.

Salam dan Terimakasih! 🙂

Leave a Comment