4+ Manfaat Buah Nanas yang Ampuh untuk Melancarkan Pencernaan

Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Kali ini kita akan mengulas tuntas tentang manfaat buah nanas yang befungsi untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh kita. Penasaran dengan khasiatnya? Langsung saja, mari kita cari tau lebih dalam.

Pastinya kita sudah tau seperti apa buah nanas itu. Karena buah ini sangat sering dijumpai di pasar. Namun tidak banyak orang tau manfaat dari buah yang satu ini.

Padahal kalau kita tahu kandungan yang ada pada buah nanas ini, pastilah kita akan mengonsumsinya dengan rutin. Sebab buah ini memiliki funsi yang baik sekali bagi pencernaan kita.

Buah Nanas

manfaat buah nanas
pexels.com

Seperti yang kita tau, buah nanas merupakan buah yang berwarna kuning dengan mahkota berduri tidak terlalu tajam di atasnya dengan kulit badan dagingnya yang memiliki banyak totol-totol berbentuk seperti mata.

Namun warna dan bentuk buah nanas berbeda-beda. Tergantung jenis dan macam buah itu sendiri.

Perlu diketahui juga bahwa buah nanas ini adalah sebuah jenis tanaman iklim tropis yang bisa tumbuh kapanpun tanpa mengenal musim.

Kurang lebih penggambaran buah nanas adalah seperti itu bentuknya. Ya, Insyaallah sudah pada tau lah ya..

Manfaat Buah Nanas yang Ambuh Bagi Sistem Pencernaan

manfaat buah nanas
pexels.com

Sebetulnya dari semua jenis buah-buahan memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Begitu juga buah nanas. Buah nanas ini memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh, seperti vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B1, serta folat.

Disamping itu, nanas juga berperan sangat baik dalam sistem pencernaan manusia. Apa saja khasiat buah nanas, berikut penjelasannya.

1. Kandungan enzim yang ada pada buah nanas baik untuk pencernaan

Manfaat buah nanas bagi pencernaan salah satu sebabnya adalah karena buah nanas memiliki kandungan enzim pencernaan yang baik. Enzim ini biasa disebut bromelain.

Enzim yang merupakan campuran dari enzim proteolitik ini bisa membantu usus kita memecar, serta dapat berfungsi untuk meyerap protein lebih baik.

Bromelain ini juga mampu meringankan masalah ringan yang ada di perut, misal sakit perut dan diare.

Enzim ini diteliti dari Medical Center di Maryland Universiy yang menyatakan tentang kandungan buah nanas.

2. Manfaat buah nanas dapat melancarkan sistem pencernaan

Buah nanas memang sungguh spesial. Buah ini termasuk buah yang kaya dengan serat dan mampu untuk meringankan kerja lambung. Dari kebanyakan buah yang mengandung serat, hanya buah nanaslah yang mudah larut saat dicerna.

Karena hakikatnya memang kebanyakan buah yang mengandung kaya serat susah untuk decerna oleh sistem kerja perut.

Bukan hanya itu, buah nanas juga dapat menyerap air lebih baik pada usus karena kandungan vitamin dan mineralnya.

Pada sistem pencernaan manusia yang normal, perlu dari dalamnya mengandung unsur serat seberat 14 gram dari total 1000 kalori perharinya. Buah nanas bisa mewakili semua itu.

Penelitian dari Colorado State University Extension menerangkan bahwa, memakan buah nanas setengah potong saja telah menucukupi tubuh dengan serat sebanyak 2,2 gram dari total serat makanan.

3. Buah nanas mampu menangkal sakit akibat perut kembung

Kebanyakan orang panik dengan sakit kembung yang sering dialami pada saat yang tidak diduga-duga. Padahal untuk menangani kembung ini cukup mudah. Hanya perlu mengonsumsi buah nanas, maka dalam sekejap kembung akan mereda dengan sendirinya.

Kembung terlihat pada seseorang dari beberapa tanda, seperti perut yang membesar dan ada tekanan gas yang lebih kuat. Kembung ini disebabkan oleh memakan makanan yang menyebabkan refluks atau gas pencernaan.

Kembali mengenai kandungan enzim bromelain tadi. Bahwasannya enzim yang terdapat pada buah nanas bermanfaat untuk pencernaan, yang memiliki sifat sebagai penenang perut. Dari sini makanan yang menyebabkan refluks dan gas di dalam perut dapat diredakan secara alami.

4. Manfaat dari buah nanas bisa mencegah kanker usus

Manfaat buah nanas selanjutnya yaitu, mampu mencegah usus dari penyakit kanker. Kandungan antioksidan dari vitamin C yang ada pada buah nanas mampu melawan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Bukan hanya itu, buah nanas juga kaya akan kandungan antioksidan lainya, seperti vitamin A, beta karoten, bromelain, dan berbagai senyawa flavonoid.

Buah nanas juga memiliki fungsi yang bermanfaat untuk menangkar radikal bebas penyebab pertumbuhan sel kanker.

Efek samping kebanyakan makan buah nanas

manfaat buah nanas
jellygamat.co

Kita semua pasti setuju, bahwa apa saja yang berlebihan pastilah tidak baik. Tidak terkecuali pada buah nanas. Meskipun manfaat dari buah nanas ini sangat banyak yang mana kaya akan vitaminnya, namun jika dikonsumsi terlalu berlebihan akan menimbulkan dampak buruk juga.

Efek dari makan buah nanas yang terlalu banyak adalah rasa bengkak dan gatal di bagian area bibir, lidah dan pipi bagian dalam. Penyebabnya karena sifat dari daging nanas itu sendiri yang panas. Namun biasanya akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa jam.

Tapi jikalau gatal itu masih berkelanjutan dan disertai sulit bernapas, jangan-jangan Anda memang alergi degan buah nanas. Bukan berarti buah nanas bereaksi kepada semua orang seperti itu. Buah nanas masih tetap sama dengan manfaatnya yang banyak.

Teruntuk wanita hamil, jangan memakan buah nanas dengan jumlah banyak sekaligus. Karena asupan kandungan bromelain yang berlebihan akan mengakibatkan kontraksi rahim yang berpotensi menimbulkan keguguran.

Namun, bukan berarti ibu hamil tidak boleh makan nanas. Akan tetapi, dalam kasus ini wanita yang sedang hamil akan berpotensi buruk memakan buah nanas jika dia memakannya berlebihan. Takarannya dimulai jika wanita tersebut sudah sampai memakan dua buah nanas utuh sekaligus.

 

Nah seperti itulah gambaran dan berbagai manfaat yang terdapat pada buah nanas. Semoga kamu dapat mengambil banyak manfaat buah nanas yang ada pada artikel ini. Ohh ya, kamu bisa lebih mengetahui lagi tentang manfaat buah nanas dengan membaca artikel lainnya yang berjudul Manfaat buah nanas yang dahsyat bagi kesehatan

Sekian,.

Salam dan Terimakasih! 🙂

Leave a Comment