10+ Manfaat Kayu Manis yang Ajaib untuk Kesehatan Tubuh

Halo semuanya Selamat datang di cerita ihsa.com. kali ini kita akan membahas tentang manfaat kayu manis. Mungkin sudah banyak Ada yang tahu tentang kayu manis. Karena Kayu Manis ini adalah salah satu bahan dapur yang sangat sering kita jumpai di rumah-rumah.

Manfaat Kayu Manis

manfaat kayu manis
Disehat.com

Pastinya di rumah kita juga ada dong. Tentang kayu manis ini kita akan membahas apa saja manfaat dari yang terkandung di dalamnya.

Kayu Manis merupakan jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu berbagai macam makanan. Fungsi dari Kayumanis ini adalah sebagai aroma penyebab karena memiliki bau bau yang khas.

Selain memiliki bau yang sedap ternyata Kayu Manis juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Berikut adalah ulasan tentang mengenai manfaat kayu manis yang berperan penting untuk kesehatan tubuh kita.

1. Manfaat kayu manis untuk gula darah menjadi lebih stabil

Dengan mengonsumsi kayu manis yang rutin maka gula darah akan menjadi terkontrol.

Hal ini dikarenakan Kayumanis memiliki antioksidan yang dapat mengontrol gula darah.

Pencernaan juga akan lebih sehat karena Kayu Manis membantu proses pencernaan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien pasien yang mengendap diabetes tipe 2.

Banyak peneliti mengatakan bahwa 1 gram Kayumanis saja dapat menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.

Pernah juga dalam penelitian bahwa bahwa kayu manis dapat menurunkan resiko penyakit jantung pada pasien diabetes. Data Ini didapat dari whfoods.com

2. Kayu manis menjadi anti infeksi

Manfaat yang kedua dari kayu manis adalah sebagai anti infeksi natural. Kayu Manis dapat menyembuhkan sakit maag di perut dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

Karena dalam penelitian Kayumanis terbukti sangat efektif menghilangkan bakteri H. Pylori.

3. Kayu manis dapat meningkatkan fungsi otak

manfaat kayu manis bagi tubuh

Selanjutnya manfaat dari kayu manis adalah dapat meningkatkan fungsi kerja otak. Dengan mencium bau kayu manis yang diketahui dapat meningkatkan aktivitas otak.

Sumber sayang sama menjelaskan bahwa kayu manis bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu konsentrasi otak jika mengingat dan kecepatan bekerja pada program komputer.

4. Manfaat kayu manis dapat menurunkan kolesterol

Kayu manis sangat baik untuk kesehatan pencernaan usus dan dapat melindungi diri dari penyakit jantung.

Karena kandungannya yang kaya akan kalsium serat dan banyak mineral seperti mangan yang mampu untuk mencegah penyakit penyakit masuk kepada diri kita.

Kayu Manis juga dapat menurunkan kolesterol. Garam yang ada pada tubuh yang menyebabkan kanker usus bisa dihilangkan dengan menggunakan kayu manis yang dikonsumsinya setiap hari karena kandungan kalsium dan serat manis bisa membantu menghilangkan 2 unsur tersebut.

Tidak hanya itu konstipasi atau diare juga dapat diobati dengan mengonsumsi Kayu Manis karena serat kayu manis yang bermanfaat melancarkan pencernaan.

6. Kayu manis bisa mencegah pertumbuhan sel kanker

Kayu Manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Hari ini diteliti oleh kampus University of Texas. Tidak cukup hanya di situ Kayu Manis dapat menyembuhkan sel kanker dan membunuhnya.

7. Manfaat kayu manis dapat menghangatkan tubuh

Kayumanis dipercaya dapat menyembuhkan panas demam pada seseorang.

Pengobatan tradisional China Kayu Manis sebagai obat demam dan influenza. Hal ini dikarenakan Kayu Manis mengandung zat yang dapat membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.

Sehingga pengobatan ini turun temurun digunakan untuk menyembuhkan panas demam.

8. Kayu manis bisa mencegah penggumpalan darah

Masih dari sumber yang sama bahwa dari penelitian Kayu Manis dapat mengeluarkan asam lemak anti peradangan yang disebut arachidonic. Dari zat inilah kemudian dapat mengurangi radang dan penggumpalan darah.

9. Manfaat kayu manis dapat meringankan sakit pada penderita rematik

manfaat kayu manis untuk tubuh

Manfaat selanjutnya dari kayu manis adalah dapat meringankan sakit pada penderita rematik.

Telah diteliti oleh Departemen of internal medicine, Hai manis dapat mengurangi sitokin, yaitu protein-protein kecil dan mediator mengatur imunitas inflasi dan hematopoesis. Yang mana dari silikon ini dapat menyebabkan rematik pada seseorang.

10. Manfaat kayu manis sebagai obat serbaguna

Kayu Manis dapat dijadikan pengawet makanan yang alami. Kayumanis berfungsi banyak bagi tubuh dan memiliki manfaat serta obat serbaguna yang dapat dimanfaatkan oleh orang-orang banyak. Kandungan kayu manis yang natural biasanya disebut cinnamaldehyde yang berfungsi sebagai penyeimbang hormon hormon progesteron dan mengurangi hormon testosteron pada wanita.

Ada lebih banyak lagi sebetulnya dari manfaat kayu manis ini. Kalian bisa baca-baca lagi mengenai manfaat kayu manis yang terkandung di dalamnya. Atau mungkin kalian ingin mengetahui sejarah dari kayu manis ini kenapa bisa digunakan sebagai bahan masakan dapur? Coba kalian cek saja di wikipedia.

Nah untuk kayu manis sendiri, biasaya penggunaan dari kayu manis sering konsumsi dengan menggunakan madu. Khasiatnya pun lebih banyak dan lebih lengkap. Karena pada dasarnya sendiri, madu telah mengandung manfaat yang sangat banyak.

Bahkan madu disebutkan dalam kita suci Al-Quran yaitu sebagai obat untuk manusia. Jadi madu itu sendiri sudah memiliki manfaat yang banyak segali untuk tubuh manusia. Bisa dibilang, madu adalah salah satu obat yang dapat mengatasi beragam jenis penyakit.

Bila kalian ingin mengetahui bagai mana cara mengonsumsi kayu manis dan madu, berikut adalah sedikit tips bagi kalian yang ingin rutin menerapkan mengonsumsi kayu manis ini.

Cara Membuat Olahan Kayu Manis dan Madu

manfaat madu dan kayu manis bagi tubuh

Di sini adalah sedikit penjelasan dan tips membuat olahan kayu manis yang dicampur dengan madu. Semoga kalian bisa menerapkannya dalam sehari hari.

Bahan:

  1. Dua rimpang jahe (dimemarkan/digeprek)
  2. 1 batang serai (dimemarkan)
  3. Gula aren atau gula jawa (secukupnya)
  4. 1 batang kayu manis atau ½ sdt bubuk kayu manis
  5. 1 liter air putih
  6. Madu (secukupnya)

Cara pengolahan:

  1. Siapkan wadah atau secangkir gelas/mangkok untuk menampung minuman
  2. Tuangkan air ke dalam wadah lalu panaskan dengan api sedang
  3. Masukkan jahe, gula aren/jawa dan kayu manis ke dalam rebusan air
  4. Masak sampai mendidih dan aroma jahe tercium wangi
  5. Apabila air rebusan sudah mendidih, maka tuangkan madu secukupnya
  6. Aduk air rebusan, lalu angkat
  7. Saring rebusan air ke dalam gelas saji
  8. Nikmatilah selagi panas

Itu dia teman-teman sedikit informasi mengenai pengolahan kayu manis yang bisa kalian terapkan dikehidupan sehari-hari. Dengan manfaat yang banyak sekali, pastinya kalian ingin dong untuk menjadikan hidup kalian lebih sehat lagi.

Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Hidup juga akan lebih bermakna.

Baca juga : 16+ Manfaat Buah Nanas yang Dasyat bagi Kesehatan Tubuh

Sedikit informasi bagi kalian di daerah malang yang ingin menguras isi wc dan menjadikan bersih lagi, mungkin kalian bisa kunjungi dan lihat harga biaya sedot wc malang. Karena salah satu cara agar kita tetap sehat adalah selalu menjaga kebersihan.

Mungkin itu saja penjelasan tentang manfaat kayu manis semoga kalian dapat mengambil berbagai Manfaat setelah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk mengunjungi kami lagi di ceritaihsan.com. Karena di sini kalian akan mendapat banyak manfaat dan makin banyak ilmu.

Sekian

Salam dan terima kasih 🙂

1 thought on “10+ Manfaat Kayu Manis yang Ajaib untuk Kesehatan Tubuh”

Leave a Comment