√ Tips & Contoh Membuat Nama Olshop yang Bagus dan Menarik Untuk Jualan

nama olshop yang bagus – Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Tahukah Anda, bahwa memiliki toko online yang bagus merupakan investasi jangka panjang? Bisnis Anda bisa mudah dikenali dan diingat apabila memiliki nama yang unik. Menentukan nama olshop yang bagus bisa mempermudah seller melakukan branding.

Pada dasarnya, memutuskan nama olshop yang tepat memang susah-susah gampang. Anda perlu memperhatikan beberapa aspek agar nama yang dibuat melekat dan tidak ketinggalan zaman.

Oleh karena itu, pemberian nama toko online tidak boleh sembarangan. Perlu diketahui, perubahan nama brand seringkali mengharuskan Anda mengeluarkan banyak biaya. Pikirkanlah secara matang sebelum memutuskan memberi nama olshop Anda.

Tips Menentukan Nama Olshop

contoh nama olshop yang bagus dan menarik

Membuat nama toko memang membutuhkan trik khusus, tidak asal nama yang keluar dari mulut. Nama yang tepat untuk olshop pada dasarnya tidak boleh terlalu pasaran maupun terlalu unik. Jika terlalu unik, seringkali hal tersebut malah mengesankan sesuatu yang aneh.

Tak heran jika memutuskan nama olshop memang menghabiskan waktu yang lama. Hal ini bisa Anda siasati dengan memahami kriteria nama olshop yang bagus untuk digunakan. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda:

Singkat dan Sederhana

Tips yang pertama adalah buat nama olshop yang singkat dan sederhana. Alasannya sangat simple, tentunya agar mudah diingat banyak orang. Tidak hanya itu, nama yang simple berpotensi membuat toko Anda lebih menonjol dibanding lainnya.

Bagaimana membuat nama olshop dengan singkat dan sederhana? Simak beberapa langkahnya berikut ini :

  • Cari kata kunci yang berkaitan dengan niche produk jualan Anda.
  • Pilih kata kunci sederhana yang bisa Anda plesetkan menjadi nama toko, misalnya Jilbab menjadi Jilbrave.
  • Buat nama toko yang terdiri dari dua suku kata, misalnya HijUp (baca : Hij-Up).
  • Usahakan buat nama dengan rima, misalnya Dunkin’ Donuts.

Unik dan Berbeda

Cara membuat nama olshop yang bagus berikutnya adalah original dan otentik. Tidak hanya sekedar simple, buatlah nama dengan impresi yang melekat padabanyak orang. Caranya bisa dengan memikirkan nama yang tidak berhubungan dengan niche produk Anda.

Contohnya Tanalia Greentea. Kata Tanalia sendiri diambil dari kata “Tanah Liat” yang merupakan jenis tanah fleksibel untuk dijadikan beragam benda. Nama seperti ini akan mengesankan toko online Anda memang unik dan berbeda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan nama sendiri sebagai toko online. Mungkin terkesan narsis, namun tidak ada salahnya dicoba. Terlebih jika Anda memiliki personal branding yang bagus, tentunya hal ini bermanfaat untuk dijadikan nama toko buat jualan online.

Otentik dan Original

Menentukan nama olshop yang bagus memang cukup menyita banyak pikiran. Namun, hal ini bukan menjadi alasan untuk mengambil nama brand lain untuk dimodifikasi. Apalagi menjiplaknya tanpa rasa bertanggung jawab.

Apabila ada seller yang melakukan hal ini, harus bersiap-siap mempertaruhkan reputasi bisnis yang dikelolanya. Bisnis Anda bisa dianggap abal-abal oleh pelanggan sehingga banyak yang beralih ke toko online lain.

Oleh karena itu , buatlah nama olshop yang original dan otentik. Tidak ada trik khusus untuk kriteria ini, pada dasarnya Anda perlu memperhatikan jika nama brand belum pernah dipakai orang lain.

Melakukan Riset Nama Olshop

contoh nama olshop yang bagus dan menarik

Melakukan riset nama olshop juga tak kalah pentinguntuk dilakukan. Anda bisa menemukan nama-nama toko yang ada di area pangsa pasar incaran. Carilah olshop sesuai dengan niche Anda, kemudian perhatikan nama seperti apa yang mereka gunakan?

Selain itu, perhatikan pula target pasar dan bagaimana teknik pemasaran yang dilakukan.

Pilih Nama Olshop yang Mudah dibaca dan diingat

Tips ini nampaknya memang wajib dipertimbangkan oleh setiap seller. Buatlah nama olshop yang mudah dibaca dan diingat. Hal ini untuk meminimalisir kebingungan banyak orang, misalnya typo karena salah ketik.

Nama yang terlalu rumit juga cenderung sulit diingat. Terlebih di era digital marketing yang semakin berkembang, kesalahan pengetikkan memang bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, hindari hal ini dengan membuat toko online yang mudah dieja.

Efek typo yang bisaterjadi adalah nama toko Anda bisa tidak muncul pada laman hasil pencarian. Tak jarang, pelanggan justru beralih ke olshop lain.

Menyesuaikan Nama Olshop dengan Produk yang dijual

Nama olshop harus sesuai dengan produk yang dijual. Artinya, nama yang digunakan langsung bisa memperkenalkan produk yang Anda jual. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot mendeskripsikan panjang lebar mengenai produk yang ditawarkan.

Membuat nama olshop sesuai niche pada dasarnya cukup mudah. Cukup mencari dan mengumpulkan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis online Anda. Sudah banyak brand yang melakukan hal ini dan namanya mudah diingat.

Sesuaikan dengan Posisi Kamu

Menyesuaikan dengan posisi artinya membuat nama olshop yang memiliki background cerita. Pada dasarnya, tips satu ini memang tidak ada hubungannya secara teknis. Meski demikian, brand yang memiliki cerita tentunya dapat menambah keyakinan konsumen.

Seiring berkembangnya tren online shop, seseorang terkadang berbelanja tidak hanya karena kualitas. Melainkan sebagai identitas diri, hal ini mengartikan brand bukan hanya sekedar logo. Oleh karena itu, Anda bisa membuat nama olshop sesuai pengalaman dan cerita yang dialami.

Contoh Nama Olshop yang Keren

contoh nama olshop yang bagus dan menarik

Setelah menyimak tips-tips membuat nama olshop yang bagus, kini saatnya Anda menemukan inspirasi. Inspirasi ini bisa Anda dapatkan dengan melihat beberapa contoh nama olshop yang keren, yaitu sebagai berikut :

1. Tokopedia

Tokopedia tentunya sudah tidak asing bagi pecinta belanja online di tanah air. Nama e-commerce ini bisa dibilang unik karena diambil dari serapan kata “ensiklopedia”, yaitu sebuah buku berisi berbagai macam pengetahuan.

Penamaan ini bukan tanpa alasan, mengingat Tokopedia sudah menjalin kerjasama dengan jutaan toko. Penjualan toko pun sukses di berbagai macam bidang, misalnya makanan, pakaian, elektronik, produk kecantikan, dan lain-lain.

2. HijUp

HijUp merupakan  e-commerce yang diluncurkan pada 2011. Toko online ini bergerak di bidang fashion muslim yang elegan dan bervariasi. Bahkan toko ini menjadi e-commerce busana muslim pertama di dunia dengan konsep ala mall.

Pelanggan bisa memilih outfit dari berbagai desainer di tanah air. Nama toko online ini diambil dari plesetan kata Hijab menjadi Hij-Up. Brand ini seperti memunculkan istilah baru yang dimaksudkan dengan Dress Up maupun Make Up.

3. Cotton Ink

Nama olshop ini disebut-sebut sebagai H&M-nya Indonesia di bidang fashion. Pada dasarnya, nama toko online tidak memiliki cerita khusus, namun penamaannya cukup unik bukan?

Nama cotton sendiri berati kapas, sedangkan ink artinya tinta. Nampak tidak ada hubungan diantara keduanya karena tanaman kapas tidak menghasilkan tinta. Namun, nama olshop ini unik dan otentik sehingga sukses melakukan branding.

4. Shopee

Siapa tidak mengenal e-commerce  yang memberikan banyak voucher gratis ongkir ini? Nama Shopee begitu melekat di banyak orang, terlebih nama e-commerce ini simple dan unik.

Olshop ini sendiri berasal dari kata Shopping yang kemudian diplesetkan menjadi Shopee. Kedengarannya memang sederhana, namun mudah diingat bukan?

Kesimpulan

Mencari nama olshop, pada dasarnya merupakan PR tersendiri bagi pelaku bisnis online. Meski terkesan sepele, hal ini bahkan berpengaruh pada kesuksesan olshop itu sendiri di masa depan. Oleh sebab itu, Anda bisa memahami cara membuat nama olshop yang bagus sesuai ulasan di atas.

Mungkin segitu saja untuk pembahasan nama olshop yang bagus kali ini. Semoga bermanfaat dan menginspirasi..

Sekian,
Salam dan Terimakasih! 🙂

Leave a Comment