5 Contoh Naskah Drama Pendek yang Mudah dan Simpel untuk Pentas Seni

Naskah Drama – Hallo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Kali ini kita akan membahas tentang naskah drama. Ada beberapa jenis naskah drama yang bisa ditampingkan, mungkin lebih jelasnya kita bahas langsung apa itu naskah drama ..

Naskah Drama

Naskah Drama
bandung.bisnis.com

Dalam setiap pertunjukan drama pastilah membutuhkan sebuah sekenario agar para pemain dalam sebuah drama tersebut bisa berjalan lancar dan tepat. Tujuan dari drama yaitu menghibur para penontonnya. Selain itu juga, drama mengandung pesan yang ingin disampaikan para penonton.

Oleh karena itu, dalam drama diperlukan sebuah naskah agar semua tujuan itu tercapai. Tidak lah mudah untuk mengatus semua hal tentang drama tersebut jika mana tidak ada tatanan dan sekenario yang mengatur semua itu.

Tidak lupa juga pada kenyataannya, di dalam sebuah pertunjukkna pentas seni pastilah ada kejadian dan obrolan yang membawakan cerita tersebut. Semua itu perlu ditulis dan dirangkum dengan cukup matang ke dalam sebuah naskah yang ingin dijadikan pacuan agar cerita yang dibawakan tepat dan benar.

Nah berikut ini adalah beberapa contoh naskah drama yang bisa kamua pelajari dan contoh simpelnya agar kamu bisa dengan gampang untuk membuat sebuah drama milik kamu sendiri. Namun sebelumnya, mari kita simak sebentar apa yang dimaksud drama.

Pengertian Drama

Naskah Drama – Drama adalah sebuah karya sastra yang dituliskan dalam bentuk percakapan, obrolan, dialog yang perankan oleh sebuah tokoh dan bertujuan untuk ditampilkan kepada kalayak orang banyak.

Kata lain dari drama adalah teater.

Dalam arti sempit atau khusunya drama bisa diartikan sebagai sebuah kisah hidup dari kehidupan manusia yang diceritakan di atas panggung/pentas, disaksikan oleh penonton dengan media percakapan, obrolan, gerak dan laku oleh tokoh drama.

Lalu dilengkapi dengan hiasan dan dekor, musik, tarian yang melengkapi suasana drama serta naskah dialong yang sudah disusun rapi untuk dipentaskan.

Apabila kalian kurang jelas mengenai makna drama itu sendiri, coba kalian cari tau lebih dalam apa dan maksud dari derama tersebut di wikipedia.

Jenis Jenis Drama

Drama memiliki banyak jenis, salah satunya adalah drama komedi. Dalam drama, yang dipentaskan dan dilihat orang banyak, itu juga salah satu tujuannya adalah menghibur para penonton.

Jadi sebuah drama tersebut adalah sebuah meadia buat menenangkan diri, atau ingin melihat kekaguman seorang tokoh dalam ber-akting, dan lain sebagainya.

Adapun jenis drama tersebut terbagi menjadi tiga. Dari jenis ini drama terbagi karena didasari dari penyajian kisah drama, naskah drama itu sendiri, sarana dalam drama.

  •  Dari penyajian kisah, drama terbagi ke dalam delapan jenis, yaitu :
  1. Drama tragedi : Suatu drama yang menceritakan kesedihan.
  2. Drama komedi : Suatu drama yang menceritakan kelucuan.
  3. Drama tragekomedi : Suatu drama yang menceritakan antara kesediahan dan kelucuan.
  4. Drama opera : Suatu drama yang menceritakan suatu kisah dengan dinyanyikan sitiap bergialog, dan diiringi dengan musik.
  5. Drama melodrama : Suatu drama yang menceritakan suatu kisah dan setiap dialog yang ada di dalamnya diiringi dengan musik.
  6. Drama farce : Suatu drama yang menceritakan suatu kisah seperti layaknya dagelan. Bukan dagelan, tapi hanya mirip dan tidak sepenuhnya sama persis dagelan.
  7. Drama tablo : Suatu drama yang menceritakan suatu kisah dengan lebih menonjolkan gerak dalam cerita. Para tokoh yang terlibat tidak menunjukakan dialog sama sekali, akan tetapi menunjukkan sebuah gerakan yang nuansanya mengsikahkan seuatu kejadian.
  8. Drama sendratari : Suatu drama yang menceritakan suatu kisah dengan menggabungakan seni tari.
  • Dari sarana pementasannya, drama dibagi menjadi enam jenis, yaitu :
  1. Drama panggung : Suatu drama yang dalam pementasannya, sepenuhnya dimainkan di atas pentas/panggung.
  2. Drama radio : Suatu drama yang tidak bisa dilihat dalam pementasanya, karena drama ini hanya bisa didengar melalui radio.
  3. Drama televisi : Suatu drama yang bisa dilihat melalui televisi.
  4. Drama film : Suatu drama film yang biasanya ditayangkan dengan menggunakan layar lebar, contohnya dibioskop.
  5. Drama wayang : Suatu drama yang diiringi oleh pagelaran wayang.
  • Drama berdasarkan dari ada dan tidaknya naskah dibedakan menjadi 2, yaitu :
  1. Drama modern : Menggunakan naskah.
  2. Drama tradisional : Tidak menggunakan naskah.

Unsur Unsur dalam Drama

Unsur yang terkandung dalam drama adalah :

  1. Tema, ide pokok atau gagasan utama yang terkandung dalam cerita.
  2. Alur, jalannya sebuah cerita dalam drama.
  3. Tokoh, orang/pemeran yang menjalankan sebuah cerita.
  4. Watak, sifat karakter yang dimiliki dari tokoh dalam drama.
  5. Latar, suasana yang digambarkan dalam drama yang menyangkut tempat, waktu, kondisi yang sedang terjadi.
  6. Amanat, pesan yang ingin disampaikan dalam drama.

Sebetulnya ada kesamaan mengenai unsur yang terkandung dalam sebuah drama dan sebuah cerpen. Jika jerpen sendiri memiliki unsur intrinsik yang bisa membangun dan menjadikan sebuah cerpen tersebut kokoh. Begitupun drama dengan unsur yang tertera di atas.

Ciri Ciri Teks Drama

Sebuah Teks drama bisa diketahui dengan melihat ciri-cirnya. Adapun ciri-ciri tersebut adalah :

  1. Dari keseluruhan kisah yang terkandung, teks tersebut berbentuk dialog. Mulai dari awal cerita hingga berahirnya kisah tersebut.
  2. Teks yang terkandung dalam drama, dialognya tidak berbentuk tanda petik. Karena dalam drama langsung ditujunkan kepada tokoh yang memaiknanya, bukan tulisan-tulisan cerita yang menghadirkan kalimat langsung.
  3. Pada naskah drama terdapat tanda sebagai petunjuk untuk para pemain mengenai apa yang harus dia lakukan dalam perannya. Biasanya petunjuk tersebut ditulis dalam tanda kurung.
  4. Naskah pada drama biasanya terletak di atas dialog atau juga bisa disampingnya.

Nah untuk contoh naskah drama sendiri, kalian bisa baca ulasan berikut ini dengan seksama. Inilah beberapa contoh naskah drama persembahan dari ceritaihsan.com untuk kalian semua.

Contoh Naskah Drama Pendek dimainkan 6 orang.

Leave a Comment