200+ Pantun Cinta, Jenaka, Nasehat, Islami dan Lain Sebagainya

Pantun Cinta – Halo selamat datang di ceritaihsan.com. Kali ini penulis akan memberikan berbagai contoh pantun yang bisa dijadikan sebagai bahan untuk bercanda, merayu, menasehati dan lain sebagainya. Terutama pantun cinta yang bisa kamu jadikan sebagai bahan rayuan atau pujian kepada seseorang yang kamu anggap spesial.

Biar tambah berkah, jangan lupa baca basmallah dulu sebelum membaca..
Bismillahirromanirrohim..

Dengan pantun kita bisa memberikan sebuah makna yang kesannya berbeda dengan kata-kata biasa. Karena pantun memanglah memiliki daya tarik tersendiri kepada orang lain ketika mendengarnya. Susunan yang pas dan enak didengar membuat siapa saja terpesona saat mendengarnya.

Tapi tidak semua orang bisa membuat pantun. Harus memilah-milih kata yang baik dan tepat saat ingin membuat sebuah pantun. Butuh skill yang lumayan juga jika ingin membuatnya. Maka dari itu, di sini penulis akan memberikan berbagai contoh pantun, mulai dari pantun cinta, pantun jenaka, pantun nasehat, pantun lucu, pantun agama, dan lain-lain.

Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan pantun. yaa biar kamu makin banyak tau aja.. haha, cekidot!

Pengertian Pantun

pengertian pantun
wanbolifa.blogspot.com

Pantun berasal dari kata “tuntun” yang artinya “mengatur” atau “menyusun” atau “menuntun”. Maksudnya adalah kata yang disusun dengan rapi dan bagus sehingga enak untuk dibaca maupun didengar.

Perlu diketahui bahwasanya pantun adalah sebuah puisi lama nusantara, yang dikenal diberbagai daerah dengan istilah dan bahasa yang beragam. Contoh misal pantun yang dikenal di dearah Padang atau Minangkabau, pantun sering dikenal dengan sebutan patuntun. Kalau dalam bahasa jawa dikenal sebagai parikan, dan bahasa sunda pantun sering disebut dengan paparikan.

Dari semua istilah tersebut, maknanya sama. Semua itu adalah pantun, dan pantun itu sendiri dari zaman dahulu sampai sekarang tidak ada perubahan yang signifikan, artinya sama.

Awalnya pantun diucapkan hanya secara lisan. Namun karena berkembangnya zaman, akhirnya ada yang mengabadikannya dalam bentuk tulisan. Itulah mengapa pantun juga tidak memiliki penciptanya. Karena pantun boleh diucapkan oleh siapa saja tanpa ada hak ciptanya.

Ciri – Ciri Pantun

ciri-ciri pantun
slideshare.net

Pantun memiliki susunan kalimat yang terdiri dari 4 baris dengan sajak silang A-B-A-B atau AAAA. Pantun juga dikenal kalimat yang dibuat dengan pendek, singkat, padat dan mempunyai makna atau maksud yang ingin disampaikan oleh penulisnya/pengucapnya. Setidaknya pantun terdiri dari 4-12 suku kata.

Pantun terdiri dari 2 bagian, pertama adalah sampiran dan yang kedua adalah isi pantun.

Bagian pertama biasanya pantun berisi tentang fenomena alam atau hal-hal lain lainya sebagai penuntun ke dalam bagian isi. Namun pada bagaian pertama, perlu diketahui juga bahwa kalimat yang disampaikan tidak ada kaitannya sama sekali dengan isi pantun. Bagian pertama hanyalah sebuah pembuka.

Barulah di bagian kedua adalah isi dari pantun tersebut. Dengan begitu pendengar akan paham dan mengerti apa maksud yang mau disampaikan oleh si pembuat pantun.

Jenis – Jenis Pantun

jenis jenis pantun
gopengertian.blogspot.co.id

Sebetulnya ada banyak sekali jenis pantun yang dapat kita pelajari. Namun jenis pantun bisa diketahui dari tema bahasan dalam pantun itu sendiri. Contoh misal pantun cinta, maka isi dari pantun cinta ini adalah sebuah kata-kata cinta, kasih sayang, ungkapan rasa suka sampai rayuan.

Pantun jenaka, berisi tentang lelucon yang menggelitik sehingga pembaca atau pendengarnya bisa tertawa saat setelah pantun tersebut diucapkan. Terus pantun nasehat, berisi tentang nasehat kepada orang yang diberi pantun.

Sampai ada pantun teka-teki, dari pantun ini pembaca atau pendengar harus menjawab soal teka-teki yang disampaikan oleh penyampai pantun. Biasanya pantun ini digunakan sebagai bahan obrolan untuk mencairkan suasana biar tidak jenuh.

Baca juga : [Kisah Nyata] Cerita Hantu Seram, Misteri Menakutkan dan Aneh

100 Pantun Cinta

pantun cinta
pexels.com

Berikut adalah berbagai contoh pantun cinta yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pujian untuk seseorang yang spesial buatmu. Kamu juga bisa pilih-pilih jenis mana yang cocok untuk dijadikan bahan pujian untuk sang pujaan.

Mungkin benar kata orang, cinta itu seperti bunga, kalo gak di siram maka dia akan layu. Nah mungkin kalian bisa jadikan kata-kata menyentuh hati ini sebagai siraman hati agar bungamu tetap segar. Selamat menikmati ..

Pantun Cinta Romantis

pantun cinta
bilikata.com

~ Pantun Cinta Romantis ~

Tak selalu jalan rata,
adakalanya berkelok tak rata.
aku tak lihai merangkai kata,
namun aku sanggup membuatmu cinta.

Meskipun hanya buah jambu
Tapi ini bisa diramu
Meskipun jarang bertemu
Cintaku hanya untukmu

Aku tuh suka banget minum jamu
Apalagi minumnya dibawah pohon jambu
Aku tuh gak mau kehilangan kamu
Karna aku sangat mencintaimu

Pagi-pagi udah sarapan
Lauknya ikan teri
Met pagi aku ucapkan
Untukmu kekasih hati

Jalan-jalan ke Samarinda
Tidak lupa bawa bambu
Makin lama makin bahagia
Lihat kamu berkerudung ungu

Makan roti minumnya susu
Susunya dicampur madu
Walaupun tadi kita udah ketemu
Tapi hatiku masih terasa rindu

Sangat nyaman rebahan di kasur
Rebahan sembari baca majalah
Sayang selamat malam dan selamat tidur
Semoga mimpi indah

Ada taman hati sedang berbunga
Selalu disirami oleh cintamu
Biarkan saja semua menghina
Sayangku tetap hanya untukmu

Terpesona oleh mentari pagi
Aku membuat sebuah lukisan
Tak terasa aku jatuh cinta lagi
Bertemu denganmu begitu berkesan

Anak bebek mandi di kali
Anak angsa makannya roti
Biar cinta kita cuma sekali
Tapi akan ku bawa sampai mati

~ Pantun Cinta Romantis ~

Pantun Cinta Gombalan

pantun cinta gombalan
m-berita.blogspot.co.id

~ Pantun Cinta Gombalan ~

Beli kain warna merah
Dari kediri pakenya batik
Digodain jangan marah
Salah sendiri punya wajah cantik

Burung gelatik di atas nampan
Paling enak dijadikan pancingan
Kamu cantik aku tampan
Cocok banget kali jadian

Buah salak baru dipetik
Buah duku buah delima
Ada banyak wanita cantik
Cuma kamu yang aku cinta

Malam minggu jalan ama pacar
Dia pakai baju biru
Cintaku padamu amatlah besar
Karena separuh aku darimu

Jalan-jalan ke Kota Prancis
Banyak rumah berbaris-baris
Biar mati diujung keris
Asal dapat adinda yang manis

Aku sedang minum jamu
Minumnya di bawah pohon jambu
Aku tak mau kehilangan kamu
Karna ku sangat mencintaimu

Di pinggir kolam makan bubur
Jangan lupa pakai keripik
Dari semalem aye gak bisa tidur
Selalu teringat wajahmu yang cantik

Malem-malem beli lilin
Belinya di toko purwanti
Buat apa mencari yang lain
Kalau di sini ada yang menanti

Paling cakep burung gelatik
Di atas awan terbang melayang
Emang banyak wanita yang cantik
Cuman ade yang abang sayang

Makan micin ditemeni pisang
Makanya pas hari pahlawan
Cincin manis sudah terpasang
Baiknya kita langsung nikahan

~ Pantun Cinta Gombalan ~

Pantun Cinta Lucu

pantun cinta lucu
penyebarinformasi.abatasa.co.id

~ Pantun Cinta Lucu ~

Buah mengkudu dari Taiwan
Buah mangga dibuat petisan
Beribu-ribu anak perawan
Hanya janda itu yang ku impikan

Jalan ke Jogja beli batik
Jalan ke padang beli rendang
Emanga kamu wanita paling cantik
Tapi sayang kupingnya caplang

Kapal api masuk palenmbang
Singgah dulu di pelabuhan
Kena adik suka bimbang
Liat kakak balik bujang

Hujan turun rintik-rintik
Duduk berdua di teras rumah
Ingin punya cewek cantik
Syaratnya rumah dan mobil mewah

Ada burung hinggap di daun
Burungnya burung perkutuk
Hari siapa tak bingung
Aku bilang cinta malah dikutuk

Di sini jualan genteng
Di sana jualan sekoteng
Banyak orang ngaku ganteng
Padahal bopeng!

Jika sudah namanya cinta
Hati terasa berbunga-bunga
Kalau sudah terbawa suasana
Senyum sendiri seperti orang gila

Berakit-rakit ke hulu
Berenang-renang ketepian
Mantan udah ke penghulu
Eloe masih kesepian

Bunga skuntum boleh di ikat
Bunga dahlia hanya sebatang
Sekali senyum aku terpikat
Senyum kedua dompetku hilang

Kacang ijo beli di bali
Di bali ada opah gue
Kalo loe punya nyali
Nih taklukin hati gue

~ Pantun Cinta Lucu ~

Pantun Cinta Galau

pantun cinta galau
youtube.com

~ Pantun Cinta Galau ~

Juragan pisau makan buah
Buah kotor kena tinta
Jangan risau jangan gundah
Karena cinta bumbu cinta

Anak ayam belajar berenang
Anak itik di paya bakau
Mulut menyebut hati terkenang
Rindukan adik jauh dirantau

Mari berbalas pantun cinta
Tuliskan rindu di sepanjang jalan
Mari kita bercanda ria
Hilangkan muram dan kesedihan

Pohon salak pohon leci
Kalau tak disiram akan mati
Janganlah kita selalu menanti
Karena cinta tak harus memiliki

Burung elang makanya nasi
Burung kutilang suaranya merdu
Duhai sayang pujaan hati
Abang kangen dan sangat rindu

Bulan purnama begitu menggoda
Air di danau beriak-riak bahagia
Meski rindu kadang menyiksa
Aku tetap akan setia

Pohon selasih tumbuh melata
Tumbuh perdu jauh di sana
Sepasang kekasih mabuk bercinta
Siang merindu malam merana

Jalan pagi-pagi
Jangan lupa ngajak santri
Walau kita tidak bersama lagi
Tapi kau kan selalu di hati

Beli ikan di Belgia
Di buka dan dibagi rata
Akan ku berikan kau bahagia
Tanpa luka dan air mata

Pakai sepatu warnanya merah
Rasanya nyaman walau tak baru
Hati rindu hati gelisah
Terobati karena kehadiran dirimu

~ Pantun Cinta Galau ~

Pantun Cinta Rayuan

pantun cinta rayuan
duadua-22.blogspot.co.id

~ Pantun Cinta Rayuan ~

Nasi uduk masih anget
Beli_nye di pinggir jalan
Yang lagi duduk manis banget
Boleh gak kite kenalan

Kalau kau punya keris
Bunuhlah ikan hiu
Kalau kau pandai bahasa inggris
Apa arti I love you?

Meski aku sudah kenyang
Tetap harus minum jamu
Perempuan yang ku sayang
Bolehkah aku bertamu?

Jalan-jalan ke pasar baru
Jangan lupa beli kain biru
Kalau kamu cinta padaku
Katakanlah I love U

Wahai seruling buluh perindu
Suaranya memikatku
Wahai gadis pujaanku
Aku sangat mencintaimu

Sangat nyaman rebahan di kasur
Rebahan sembari baca majalah
Sayang selamat malam dan selamat tidur
Semoga mimpi yang indah

Pulang belanja dari pasar baru
Tidak lupa beli kacang
Neng cantik yang menunggu
Awal bulan kita tunangan

Walau banyak bunga di taman
Bunga mawar masih dikenang
Walau banyak kupunya teman
Dalam hatiku dinda seorang

Jalan-jalan sama si Tata
Jangan lupa membeli roti
Walaupun kau jauh di mata
Tapi kau dekat di hati

Tukang jamu
Jualan sambil lari
Apapun permintaanmu
pasti akan aku beri

~ Pantun Cinta Rayuan ~

Pantun Cinta Cemburu

pantun cinta cemburu
bloggericav.blogspot.co.id

~ Pantun Cinta Cemburu ~

Pagi pagi makan pepaya
Minumnya es kelapa muda
Walau kau sudah ada yang punya
Tapi diriku tetap cinta

Buah dukuh buah rambutan
Matang satu ditengah hutan
Cintaku bukan buatan
Seperti paku nempel dipapan

Anak bangsawan menjahit tabir
Sulam di tepi siku keluang
Benci tuan cuma di bibir
Dalam hati membara sayang

Pohon sagu jatoh ditebang
Pohon duku dibikin sarang
Jangan ragu jangan bimbang
Cintaku hanya untuk mu seorang

Buah nanas buah nangka
Mati satu karena tak ada airnya
Bagaimana hati tak terluka
Ketika kamu selingkuh dengannya

Mengolah jamu pake belati
Dicampur kentang dari lahanku
Cobalah kamu mengerti
Sedikit tentang perasaanku

Ada wanita yang rambutnya sebahu
Ternyata dia seorang penjual jamu
Hari ini kau harus tahu
Aku tak bisa hidup tanpa cintamu

Gula pasir lebih manis gula jawa
Buah mahoni lebih pahit dari jamu
Hatiku ini takkan mendua
Karena hari ini telah jadi milikmu

Hati senang diundang pesta
Sahabat lama yang sedang dinanti
Apakah ini artinya cinta
Jika tanpa tulus dihati

Kueh cucur enak rasanya
Kueh serabi putih warnanya
Hatiku hancur karena cinta
Siapakah yang akan jadi pengobatnya?

~ Pantun Cinta Cemburu ~

Pantun Teka-Teki Cinta

pantun cinta teka teki
pexels.com

~ Pantun Teka-Teki Cinta ~

Ada harta tidak terjaga
Ada peti tidak terkunci
Bahana cinta anak remaja
Sekejap kasih sekejap benci

Dari desa ke kota
Jangan dikira tamasya
Dari pada bingung mikirin cinta
Lebih baik jadian ma saya

Naik basikal pergi ke pekan
Singgah membeli periuk belanga
Sungguh manis bila dimakan
Kulitnya merah rambutnya pula

Tiap pagi pergi ke sawah
Mencari rezeki untuk keluarga
Terkenal sebagai raja buah
Durinya tajam tidak terkira

Kampung seberang dipukul ribut
Jadi sebutan zaman berzaman
Rasa gerun bila disebut
Tetapi lembut bila ditelan

Selepas subuh pergi ke kota
Meraduk lumpur dan juga paya
Buah ini mempunyai mahkota
Badannya pula dipenuhi mata

Adik kecil mukanya bersih
Selepas dimandi oleh bunda
Kulitnya hitam isinya putih
Rasanya manis seperti gula

Pergi ke muara menaiki rakit
Bawa balik bunga yang mekar
Buah ini pelik sedikit
Bijinya pula ada diluar

Pak Hitam pergi ke hutan
Membawa pulang kayu utas
Bentuknya seperti buah rambutan
Hendak makan badannya dipulas

Pekerjaan ini sangat mulia
Merawat orang yang memerlukannya
Serba putih warna pakaiannya
Ada saja yang dapat dirawatnya

~ Pantun Teka-Teki Cinta ~

Pantun Cinta Sindiran

pantun cinta sindiran
pexels.com

~ Pantun Cinta Sindiran ~

Duhai kasih
Duhai sayang
Emang cantik sih
Tapi kok pipinya kayak kentang

Ada laki-laki
Makan kue pancong
Gwa kira laki-laki
Eh ternyatanya bencong!

Pakai baju batik lengan panjang
Batiknya khas Pekalongan
Wahai wanita cantik anaknya Pak Dadang,
Cantik-cantik kok kumisan?

Pergi ke mall beli pernak-pernik
Udah gitu dibawa pulang
Senengnya punya wanita cantik
Tapi bedaknya bikin habis uang

Ada lelaki beradu panco
Cewek lewat disapanya hay
Bener sih tuh cowok maco
Tapi tangannya kok melambay

Ketuk pintu bilang permisi
Lalu masuk sambil copot sandal
Bener kata orang dia seksi
Tapi rambutnya ikal

Bunga di taman sedang mekar
Bunyanya di Tambakboyo
Kelihatanya sih kekar
Tapi kok ototnya loyo

Ada gue ada eloh
Bareng-bareng jangan sampe pudar
Aduh cantiknya itu loh
memancarkan sinar

Pak Samsul bawa kebo
Pak Tamkin Lagi main gitar
Gingsulnya itu loh bro
Yang bikin hati bergetar

Ke hutan lagi berburu
Dapetnya malah buah apel
Itu baju
Apa kain pel?

~ Pantun Cinta Sindiran ~

Pantun Cinta Islami

pantun cinta islami
pantun cinta

~ Pantun Cinta Islami ~

Senja hari langit merah
Bangau pulang ke sarangnya
Cinta adalah anugrah
Jaga dalam keridhaan-Nya

Anak-anak membawa tas
Membawa tas pergi ke sekolah
Sayang selamat beraktifitas
Serta semoga dapat rezeki barokah

Dikarenakan anda tetap jujur
Bikin hatiku jadi tambah sayang
Sayang sehabis sholat dhuhur
Ku ucapkan met makan siang

Kurang makan badan lesu
Makannya sepiring bedua
Cinta itu bukan nafsu
Cinta untuk ketentraman jiwa

Sedikit cinta jagalah mata
Tiada iri lapanglah dada
Jagalah kesucian cinta
Jangan biarkan cinta ternodai

Pancing ikan dalam kolam
Dapat banyak satu keranjang
Tumbuh cinta setiap malam
Dalam doa sujud panjang

Kelelawar di dalam goa
Indah sekali burung bulbul
Sama-sama kita berdpa
Bila berjodoh pasti terkabul

Hujan deras tiada terkira
Amat dingin semilar anginnya
Cinta menyulut api asmara
Bagaimana memadamkannya

Berdiri tegak tangkai tebu
Tebu diperas sambil berlagu
Badai asmara selalu menggebu
Duduk di pelaminan yang di tunggu

Badai laut terus mendera
Perahu karam lubang di rongga
Apa sebab cinta membara
Agar semarak rumah tangga

~ Pantun Cinta Islami ~

Pantun Cinta Jawa

pantun cinta jawa
pexels.com

~ Pantun Cinta Jawa ~

Mangan getuk
Marai lemu
Senajan ngantuk
Tak enteni balesan chatmu

Tuku cakwe tekan jerman
Karo pacare nang karaoke
Ojo gawe wong wedok nyaman
Yen akhire mbok tinggalake

Jogja Malang
Ponorogo
Kadung sayang
Ora wani kondo

Dolan kalimantan
Numpak kapal
Ketemu Mantan
Pengen tak untal

Sore-sore numpak yamaha
Tuku jae nggo gawe jamu
Seora-orane nyonh wis berusaha
Senajan ora bernilai nang matamu

Mbah kakung
Putune ayu
Arep ditembung
Wonge melayu

Wit gedang
Cacahe telu
Cintaku tehalang
Brengose bapakmu

Mbah marikan tuku salak
Tuku selusin ditaleni kawat
Masio bapakmu galak
Aku tetep nekat

Golek banyu
Tekan jerman
Ora kudu ayu
Sing penting nyaman

Tonggo sebelah adol jamu
Minggu wingi munggah kaji
Yen aku sayang awakmu
Opo yo kudu seloro iki?

~ Pantun Cinta Jawa ~

Baca juga : Kumpulan Cerita Lucu Dewasa Kocak dan Bikin Ngakak | Cerita Pendek, Humor, Bahasa Jawa

Pantun Nasehat

Selanjutnya adalah pantun nasehat. Kalian bisa gunakan pantun ini untuk menasehati teman, adik, sahabat dan lain sebagainya.

Contoh Pantun Nasehat

pantun nasehat
daweed.blogspot.co.id

~ Pantun Nasehat ~

Pergi ke pasar beli salak
Salaknya dimakan berdua
Hey kamu anak bapak
Patuhlah pada kedua orang tua

Buah manggis buah markisa
Buah nanas buah pepaya
Nak, menangislah di hadapan orang tua
Semoga doa terkabul olehnya

Pagi-pagi baca koran
Semoga saja kamu kurang
Jangan lupa baca Al-Quran
Semoga saja harimu terang

Kadang salah kadang benar
Kadang terang kadang bunar
Rajinlah belajar
Agar kamu menjadi pintar

Pagi hari ditemani sang surya
Hangat tubuh karna sinarnya
Belajarlah setinggi-tingginya
Lalu pulanglah berdakwah sesama

Hormatilah seorang guru
Agar ilmu menjadi bermanfaat
Ikhlaslah dalam mencari ilmu
Insyaallah kau kan bermartabat

Teman kamu apa kabar
Nyalakan api agar selalu berkobar
Wahai teman bertahanlah dan bersabar
Dunia tau mana yang benar

Siang-siang minum es
Minumnya sambil nonton upin ipin
Kamu tau siapa itu orang sukses
Sukses itu adalah orang-orang rajin

Pakai baju ukurannya pas
Baju biru pemberian mertua
Jangan lupa belajar dengan ikhlas
Agar kelak mendapat ridho_Nya

Baca mantra, mantra yang manjur
Moga saja bisa dapatkan dia
Jadilah orang yang jujur
Moga-moga besar pahalanya

Hari rabu memetik salak
Buah segar hilang dahaga
Hormati ibu juga bapak
Agar kelak masuk surga

Orang dahulu hidup di goa
Biawak hidup di dalam rawa
Ikuti perintah orang tua
Tiap solat tak lupa berdoa

Tari piring tari saman
Tari lilin apinya berpijar
Al-Quran adalah pedoman
Rajin-rajinlah engkau belajar

Kancil menulis di daun lontar
Ketika mentari telah bersinar
Belajar tak sekedar pintar
Namun menjadi pribadi benar

Sungguh indah syait setanggi
Menyusun kata bagai hiasan
Ilmu itu mesti tinggi
Jangan dunia sebagai batasan

Kolam penuh ikan sepat
Untuk dimasak di daun talas
Kalau ingin ilmu manfaat
Cari guru yang tulus ikhlas

Sepah tebu rasanya hambar
Bila dibakar pasti berkobar
Jika engkau selalu bersabar
Ilmu pasti kan lebar

Kepada siapa datangnya wahyu
Kepada Nabi wahyu turun
Dari mana datangnya ilmu
Dari belajar dengan tekun

Air jeruk dalam kulkas
Makan roti dengan keju
Niatlah belajar dengan ikhlas
hanya Allah yang dituju

~ Pantun Nasehat ~

Pantun Jenaka

Berikut adalah pantun jenaka. Fungsi dari pantun ini adalah untuk menghibur orang yang mendengarnya. Kita bisa gunakan pantun ini ketika saat sedang santi bersama teman terdekat kita.

Contoh Pantun Jenaka

pantun jenaka
pantun jenaka

~ Pantun Jenaka ~

Pergi kepasar beli koran
tak lupa juga beli gulali
Kepala botak kok sisiran
Ada ada aja kamu ini

Indahnya hati saat senang 
Selalu enak saat makan 
Kamu kok goyang-goyang 
Saat angin datang 

Nemu kopiah di pekarangan
Anehnya kok bisa karatan
Jangan nyampah sembarangan
Entar pacarnya tak rupawan

Jalan-jalan ke pinggir empang
Nemu katak di pinggir empang
Hati siapa tak bimbang
Kamu botak minta dikepang

Pak Tegus pergi ke Bali
Melihat bule sedang menari
Aduh pantas kau bau sekali
Kau belum mandi enam hari

Burung Glatik
Lagi hinggap di batu. . .
Kamu memang cantik
Tapi kok badannya bau

Good morning
Selamat pagi
Gigi kuning
Ga pernah gosok gigi

Ada so’imah
Megang kayu
Terus masalah
buat you?

Meler-meler ingus keteter
Sampai sakit di kepala
Hati-hati sering teler
Bikin kamu meninggal dunia

Makan pagi sepiring berdua
Rasanya enak tiada tara
Awas cowok pandai menggoda
Diam-diam watak buaya

~ Pantun Jenaka ~

Pantun Teka Teki

Kalau pantun yang satu ini malah lebih asik lagi bila digunakan untuk bercanda ria. Karena dari pantun teka teki ini kita akan memberi pertanyaan kepada seseorang dan orang tersebut harus bisa menjawab apa yang kita tanyakan, tentunya pertanyaannya dalam bentuk pantun.

Contoh Pantun Teka Teki

pantun teka teki
interioritats.blogspot.co.id

~ Pantun Teka Teki ~

Pisang berangan dibuat pengat
Dicampur dengan gula melaka
Setiap detik setiap saat
Menghitung waktu tak kita masa
(Jawabanya : jam)

Bunga melur bunga cempaka
Letak disanggul oleh sidara
Dipakai untuk lihat dan membaca
Ada pula untuk bergaya
(Jawabannya : Cermin mata)

Matahari terbit sudah tinggi
Itulah tanda sudah dinihari
Selalu dipakai dibawah kaki
Untuk berjalan dan juga berlari
(Jawabanya : kasut)

Bila tuan muda teruna,
Pakai seluar dengan gayanya,
Bila tuan bijak laksana,
Biji di luar apa buahnya?
(Jawabannya: Buah Jambu Mete)

Meski dibungkus bukan kiriman,
Sudah takdir Allah yang satu,
Walau ditanam bukan tanaman,
Cobalah terka apakah itu?
(Jawabannya: Mayat/jenazah)

Buah budi bedara mengkal
Masak sebiji di pinggir pantai
Hilang budi bicara akal
Buah apa yang tidak bertangkai?
(Jawabannya: Buah hati)

Anak-anak bermain batu
Batu dilempar satu persatu
Berbadan lurus matanya satu
Ekornya tajam apakah itu?
(Jawabannya: Jarum)

Jika tuan pakai lencana
Pakailah songkok di atas kepala
Jika tuan memang bijaksana
Binatang apakah tak berkepala?
(Jawabannya: Ketam/Kepiting/yuyu)

Dina merenung suaranya sumbang,
Duduk bersantai dan telah pasrah,
Dia berdengung tapi bukan kumbang,
Punya belalai namun bukan gajah?
(Jawabannya: Lebah)

Sebuah benda bentuknya bulat,
Ianya ada dari pada besi,
Jika bermain diikat kuat,
Dilempar hidup dipegang mati?
(Jawabannya: Gasing)

~ Pantun Teka Teki ~

Pantun Anak Anak

Terkadang juga anak-anak suka dengan hal baru. Mungkin kita bisa perkenalkan pantun yang bernuansa anak-anak ini kepada adik-adik kita.

Contoh Pantun Anak

pantun anak
pexels.com

~ Pantun Anak Anak ~

Benih padi sedang ditebar
Burung mematuk sedang dikejar
Ayahku memang sangat penyabar
Jadilah aku suka belajar

Kancil melompat katak heran
Katak lompat pelan-pelan
Sebentar lagi kita liburan
Ingin aku jalan-jalan

Beli penggaris dari mika
Cicak menatap hati merenung
Kemana yang kamu suka
Liburan ke pantai atau gunung

Burung merpati burung dara
Terbang tinggi jauh melanglang
Hati ini amat gembira
Sebentar lagi ayah pulang

Burung dara terbang melanglang
Hinggapnya di pucuk dedahanan
Setiap kali ayah pulang
Selalu saja ada makanan

Kolang kaling es kelapa
Campur sedikit air nira
Ayah pulang bawa apa
Ayah pulang bawa gembira

Rajut kain dengan benang
Rajutnya dengan putri dayang
Ayah pulang hati senang
Wajah ibu juga riang

Sapi putih tarik pedati
Pedatinya bergoyang-goyang
Ayah selalu baik hati
Aku ditimang aku disayang

Benih padi sedang ditebar
Burung mematuk sedang dikejar
Ayahku memang sangat penyabar
Jadilah aku suka belajar

Kancil melompat katak heran
Katak lompat pelan-pelan
Sebentar lagi kita liburan
Ingin aku jalan-jalan

Beli penggaris dari mika
Cicak menatap hati merenung
Kemana yang kamu suka
Liburan ke pantai atau gunung

Bunga cantik namanya seroja
Hewan cantik namanya rusa
Jalan-jalan ke mana saja
Pergi ke kota atau ke desa

Empek-empek tambah cuka
Lezat sekali dirasa lidah
Ke kota aku sangat suka
Ke desa juga banyak yang indah

Pasar baru tempatnya kain
Awas dompet jangan hilang
Desa tempatnya bermain
Seperti bolang berpetualang

Kain batik banyak sekodi
Perca banyak dalam goni
Turun ke sawah menanam padi
Bermain lumpur seperti petani

Terbang burung amat rendah
Terbangnya dia ke utara
Sawah itu amat indah
Terhampar bagai selendang sutra

Enak rasanya es campur
Ditemani dengan rujak
Bermain di tanam lumpur
Naik kerbau yang membajak

~ Pantun Anak Anak ~

Pantun Pendidikan

Kalau pantun yang satu ini, berfungsi sebagai motivasi kepada para perlajar agar kita lebih semangat dalam menimba ilmu.

Contoh Pantun Pendidikan

pantun pendidikan
pexels.com

~ Pantun Pendidikan ~

Tanam padi di tengah sawah
Sawah subur hasil melimpah
Pagi hari ke sekolah
Sore hari ke madrasah

Masak angsa di kuali
Bukan lagi di perigi
Sebaiknya kamu mengabdi
Di pangkuan ibu pertiwi

Kain tenun dari sumbawa
Kain batik dari pekalongan
Kalau ingin jadi mahasiswa
Sekolah Dasar jangan diabaikan

Kalau kau pergi ke dusun
Jangan lupa bawa beras
Belajarlah dengan tekun
Supaya kau naik kelas

Pergi ke hutan cari rusa
Hendaklah kau bawa tali
Wahai anak cucu bangsa
Hendaklah kau bangun ngeri

Di sana gunung di sini gunung
Ditengah-tengahnya danau Toba
Ke sana bingung ke situ bingung
Lebih baik sekolah saja

Kain tenun dari sumbawa
Kain batik dari pekalongan
Kalau ingin jadi mahasiswa
Sekolah Dasar jangan diabaikan

Citah perang melawan citah
Seekor pelatuk mati di tengah
Jika kau tak mahu sekolah
Ayah bunda pasti gelisah

Hari minggu pergi berburu
Berburu rusa bersama teman
Anak baik hormati guru
Itu namanya murid budiman

Pohon jati kuat kayunya
Pohon kapuk tinggi batangnya
Murid rajin banyak ilmunya
Murid malas banyak bohongnya

~ Pantun Pendidikan ~

Pantun Lucu

Selanjutnya adalah pantun Lucu. Kita bisa gunakan pantun lucu ini sebagai bahan candaan dan untuk mengawali pembicaraan kepada teman terdekat kita.

Contoh Pantun Lucu

pantun lucu
indonesiadalamtulisan.blogspot.co.id

~ Pantun Lucu ~

Burung perkutut
burung kutilang
Kamu kentut
kagak bilang bilang

Jual betik dengan kandil,
Kandil buatan orang Inggeris,
Melihat buaya menyandang bedil,
dan kerbau tegak berbaris

Orang menganyam sambil duduk,
Bila sudah bawa ke balai,
Melihat ayam memakai tanduk,
Datang musang meminta damai

Makan jengkol
Perut melilit
Doyan miscall
Pulsa dikit

Jualan es
Depan sekolah
Sms
Laah…!!!

Buah kedondong
Buah atep
Dulunya bencong
Sekarang tetap

Buah semangka
Buah duren
Nggk nyangka
Kue keren

Kotak amal
Di goyang-goyang
Kemarin aku di ramal
Jodohnya sama abang

Ada orang maluku di jitak
Dijitak sama orang batak
Selama jantungku masih berdetak
Cintaku tak akan luluh lantak

Jalan jalan ke kota depok
Nemuin uang segepok
Ada apa dibalik tembok
Ada nenek lagi cebok

~ Pantun Lucu ~

Pantun Agama

Pantun agama ini juga disebut dengan pantun nasehat, tapi lebih memandang ke sisi agamanya. Supaya orang yang kita beri nasehat ini lebih semangat untuk beribadah.

Contoh Pantun Agama

pantun agama
pinterest.com

~ Pantun Agama ~

Kalau tuan pergi ke Kedah
Singgah semalam di Kuala Muda
Sembahyang itu perintah Tuhan
Jika ingkar masuk neraka

Ramai orang menggali perigi
Ambil buluh lalu diikat
Ilmu dicari tak aka rugi
Buat bekalan dunia akhirat

Kulit lembu celup samak
Mari buat tapak kasut
Harta dunia janganlah tamak
Kalau mati tidaklah ikut

Pak Kulup anak juragan
Mati diracun muntahkan darah
Hidup di dunia banyak dugaan
Kepada Allah kita berserah

Letak bunga di atas dulang
Sisipkan daun diasan tepinya
Banyak berdoa selepas sembahyang
Mohon diampun dosa di dunia

Encik Borhan seorang kerani
Terkemut-kemut bila meniti
Tinggalkan sembahyang terlalu berani
Seperi tubuhnya takkan mati

Sungguh indah pintu dipahat
Burung puyuh di atas dahan
Kalau hidup hendak selamat
Taat selalu perintah Tuhan

Daun terap diatas dulang
Anak udang mati dituba
Dalam kitab ada terlarang
Yang haram jangan dicoba

Bunga kenanga diatas kubur
Pucuk sari pandan Jawa
Apa guna sombong dan takabur
Rusak hati badan binasa

Anak ayam turun sepuluh
Mati seekor tinggal sembilan
Bangun pagi sembahyang subuh
Minta ampun kepada Tuhan

~ Pantun Agama ~

Baca juga : 1000+ Kata Kata Bijak Motivasi Bahasa Inggris yang Keren Kekinian dan Artinya

Pantun Perpisahan

Nah ini nih pantun yang bikin baper. Biasanya pantun ini berguna untuk mewakili perasaan seseorang untuk mengatakan kata perpisahaan atau semacamnya. Jangan terbawa suasana ya bacanyaa

Contoh Pantun Perpisahan

pantun perpisahan
ireport.cnn.com

~ Pantun Perpisahan ~

Batang selasih permainan anak
Daunnya sehelai dimakan kuda
Bercerai kasih bertalak tidak
Seibu tahun kembali juga

Pucuk pauh selara pauh
Sembilu ledung ledungkan
Adik jauh Abangda jauh
Bila ridu sama menungkan

Kalau ada sumur di ladang
Boleh saya numpang mandi
Kalau ada umur panjang
Boleh kita berjumpa lagi

Anak tani mengutip lokan
Lokan dikutip untuk dimakan
Sayang anak tangan-tangankan
Sayang istri tinggal-tinggalkan

Berjalan di malam kelam
Ada baiknya mengajak teman
Mengapa pungguk rindukan bulan
Bunga banyak kembang ditaman

Hilir rakit berkajang kain
Dimana teluk singgah bertimba
Niatku bukan pada yang lain
Adinda seorang tiada yang kedua

Bunga lada tingginya sama
Petik setangkup bunga melati
Kanda pergi terlalu lama
Manakah sanggup dinda menati

Lebah tidak bersarang lagi
Habis pulang ke gunung ledang
Sembah tidak dipanjangkan lagi
Perut lapar hari dah petang

Kerisi, Cencaru, siikan Parang
Ikan belut siikan gerut
Tidak sangka orangnya curang
Lain dimulut lain diperut

Kayu mempoyan kulitnya manis
Patah galah dalam paya
Laku perempuan mulutnya manis
Cakap sepatah jangan percaya

Ambil setangkup bunga melati
Hiasan rambut puteri jelita
Kenapa dinda tak sanggup menanti
Mana perginya janji setia

Berinai orang berhitam kuku
Mandi disiram si air mawar
Tuan seorang biji mataku
Racun diminum jadi penawar

Kain buruk jatuh di papan
Patah terkulai dahan meranti
Biarlah butuk rupamu tuan
Asal pandai mengambil hati

Bunga lada tingginya sama
Ambil setangkup bunga melati
Kanda berjanji terlalu lama
Manalah sanggup dinda menanti

Leher merah itu helang
Terbangnya tangkas perangai garang
Jangan dinda berhati walang
Kasih kanda padamu seorang

Kalaulah jadi pergi keladang
Kain panjang cari dahulu
Kalaulah jadi pergi berdagang
Induklah semang cari dahulu

Hilit rakit berkajang kain
Dimana teluk singgah bertimba
Niatku tidak pada yang lain
Adinda seorang tiadalah dua

Berjalan di malam kelam
Baiklah kiranya berteman
Kenapa pungguk rindukan bulan
Bunga banyak kembang ditaman

Serapah disembur mengubat gatal
Tok bomoh membaca jampi
Sebelum tidur ditepuk bantal
Menyeru nama dalam mimpi

Pulau Sipadan pulau Lingitan
Tempat singgah raja Bulungan
Risau dibadan galau ingatan
Ingat pungguk rindukan bulan

Batang selasih permainan anak
Tumbuhnya jarang di tepi telaga
Bercerai kasih bukan kehendak
Paksaan orang dituruti juga

~ Pantun Perpisahan ~

Akhirnya selesai sudah berbagai contoh pantun yang bisa kamu jadikan referensi dan pembelajaran. Setelah sekian lama dan teramat panjang, pantun cinta ini selesai juga. Semoga kalian mendapatkan banyak manfaat setelah membaca artikel ini.

Jangan lupa selalu kunjungi web kami karena sebisa mungkin akan ada info-info menarik yang update setiap harinya, di ceritaihsan.com.

Udah gitu aja ya,
Salam dan Terimakasih! 🙂

Leave a Comment