Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi, Lengkap dengan Jenis dan Cirinya

Contoh Paragraf Argumentasi – Halo semuanya, selamat datang di ceritaihsan.com. Kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan contoh paragraf argumentasi. Langsung saja kita lihat apa itu paragraf argumentasi ..

Biar tambah berkah, jangan lupa baca basmallah dulu sebelum membaca..
Bismillahirromanirrohim..

Pengertian Paragraf Argumentasi

contoh paragraf argumentasi
pexels.com

Paragraf argumentasi adalah suatu paragraf yang isi kalimat pengembangannya berupa pendapat, ulasan, bahasa dan ide dari penulisnya.

Harapan dari pemaparan paragraf ini adalah agar pembaca dapat sepaham dengan penulisnya. Walaupun pembaca tidak melakukan suatu tindakan apa-apa setelah mebaca suatu paragraf seperti ini.

Berbeda dengan paragraf eksposisi. Jika paragraf eksposisi tujuannya adalah untuk mempengaruhi pembaca agar melakukan suatu tindakan seperti penulis tuliskan.

Untuk bisa mempengaruhi pembaca terhadap suatu paragraf argumentasi, penulis harus menyediakan gambaran atau penjelasan yang aktual dari fakta-fakta yang ada. Seperti hasil riset, data dan juga perkataan dari para ahli atau lain sebagainya.

Dengan begitu para pembaca akan lebih mantap dan yakin terhadap apa yang telah penulis tuliskan. Alasan kenapa juga harus terdapat fakta itu juga agar pembaca tidak merasa dibohongi. Sehingga pembaca bisa ikut sependapat terhadap tulisan tersebut.

Baca juga : Pengertian dan Contoh Paragraf Persuasi (Lengkap) dengan Jenis, Ciri, dan Contoh Kaliamatnya

Ciri-Ciri Paragraf Argumentasi

contoh paragraf argumentasi
pexels.com

Telah kita jelaskan tentang apa itu sebuah paragraf argumentasi, dari penjelasan di atas kita bisa mengidentifikasikan ciri-ciri paragraf yaitu :

  • Isi yang dipaparkan berupa pendapat, pandangan dan keyakinan penulis terhadap suatu masalah.
  • Telah riset dan mempunyai data yang faktual agar meyakinkan para pembaca.
  • Dapat mengurangi beban pada suatu permasalah dengan cara menganalisa dan memberikan sebuah analogi.
  • Pada akhir paragraf biasanya berisi sebuah kesimpulan berupa pendapat yang luas, bukan penegasan atau penjabaran kembali sebuah topik utama.

Jenis Paragraf Argumentasi

contoh paragraf argumentasi
pexels.com

1. Paragraf argumentasi sebab-akibat

Paragraf argumentasi sebab-akibat, pengembangan kalimat awalnya berupa sebuah pendapat dari sebab-sebab suatu masalah. Lalu dari masalah tersebut diarahkan kepada kesimpulan umum yang dinamakan akibat dari sebab-sebab tersebut.

2. Paragraf argumentasi akibat-sebab

Sebaliknya, paragraf argumentasi akibat-sebab pengembangan kalimat awalnya sebuah pendapat berupa akibat dari suatu masalah. Lalu dari masalah tersebut diarahkan penjelasan lebih meluas penyebab dari akibat-akibat tersebut.

Contoh-Contoh Paragraf Argumentasi

Berikut penulis akan memberikan beberapa contoh paragraf argumentasi :

contoh paragraf argumentasi
pexels.com

1. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan

contoh paragraf argumentasi
pexels.com

Sistem pendidikan yang ada di Indonesia cukup tertinggal jauh dibandingkan dengan pendidikan negara lain di dunia. Pantaslah masih dikatakan negara berkembang, bersaing dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura saja masih sangat jauh.

Salah satu alasan kenapa Indonesia masih tertinggal jauh adalah karena negara lain mampu untuk menyekolahkan kebanyakan dari penduduknya sampai ke jenjang perguruan tinggi.

Sedangkan Indonesia tidak mampu untuk menyekolahkan dari banyak penduduknya sampai ke perguruan tinggi. Penyebabnya adalah biaya sekolah yang mahal.

Tidak jarang juga bagi rakyat kecil yang masih ingin menyekolahkan anaknya, kandas di tengah jalan karena biaya yang tak mampu dia bayar.

Terutama penduduk Indonesia daerah Papua, NTB, NTT. Daerah ini sangat minim mengeyam dunia pendidikan. Hal ini termasuk bukti bahwa pemerintah Indonesia belum bisa memfasilitasi seluruh warga dengan diberikannya pendidikan yang layak.

Selain itu, kurangnya jasa guru ke daerah pelosok juga mempengaruri ketertinggalannya pendidikan yang ada di Indonesia.

Sehingga daerah yang jauh dan sulit dijangkau tersebut, sedikit sekali yang mendapatkan pendidikan. Hasilnya pendidikan di Indonesia tidak merata dan semakin tertinggal dari negara-negara lain.

Baca juga : 4+ Sudut Pandang Dalam Sebuah Cerpen Beserta Contohnya

2.  Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sekolahan

contoh paragraf argumentasi
pexels.com

Sekolah SMA Al-Iman meraih penghargaan sebagai sekolah da’i terbaik di kabupaten. Banyak murit yang menjadi da’i walau masih dalam usia muda.

Hal ini terbukti dari banyaknya da’i di pelosok desa maupun kota yang mengaku lulusan dari SMA Al-Iman. Mereka mampu menjadi imam masji-masjid yang ada di daerah tersebut.

Bahkan untuk khotbah jum’at saja sering di isi dengan anak-anak muda dari lulusan SMA tersebut.

Hal ini karena pendidikan yang matang dari yayasan sehingga mampu mencetak kader-kader da’i yang berkualitas.

Progam tahfidz yang ada di dalam SMA tersebut juga yang mampu membuat anak-anak menjadi hafidz/hafidzoh. Jadi anak didik tersebut tidak canggung lagi bila dihadapkan dengan masyarakat langsung.

Dengan ilmu yang diajarkan begitu dalamnya, mental anak didik SMA Al-Iman terbentuk. Dari situlah kesiapan calon kader da’i dilatih. Dan siap diterjunkan kepada masyarakat setempat.

Harapanya juga SMA Al-Iman terus berkembang dan maju sehingga mencetak lebih banyak da’i yang hebat. Lalu bisa membangun masyarakat yang Robbani.

3. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lingkungan

contoh paragraf argumentasi
pexels.com

Saat ini merupakan musim hujan yang paling parah yang terjadi di Indonesia dalam kurun waktu 3 tahun terahir. Selama 8 bulan hujan terus turun menyebabkan banjir dimana-mana.

Menurut BMKG, diperkirakan hujan baru akan berhenti total pada bulan depan. Jika hal ini terjadi, maka bisa dipastikan fenomena hujan tahun ini adalah musim hujan yang paling sebentar. Karena 3 tahun yang lalu, hujan turun lebih lama dari pada tahun sekarang. Bahkan pada kurun waktu 3 tahun lalu, saat sudah memasuki musim kemarau pun masih terjadi hujan beberapa kali.

Akibatnya petani garam akan sangat kesusahan jika musim hujan terus seperti ini. Apalagi mereka yang bekerja di tambak garam saja dan mengharapkan hasil dari garamnya, akan sangat kesulitan dalam menjalani hidup.

Baca juga : 12+ Contoh Paragraf Deduktif, Induktif, Campuran

4. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Lalu Lintas

contoh paragraf argumentasi
pexels.com

Kasus tilang yang terjadi pada bulan ini cukup banyak. Hal ini dinyatakan oleh Kepolisian Republik Indonesi di daerah Jawa Timur. Bahwa cukup dikatakan banyak dari berbagai kasus pelanggaran yang dilakukan oleh penduduk.

Dari data kasus tilang yang terjadi, kebanyakan dari mereka adalah tidak memakai helm. Padahal hal ini sangat penting bagi pengendara sendiri untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat berada di jalan.

Mungkin karena tidak kepedulian dalam keselamatan, mereka meremehkan begitu saja dan terus-terusan melakukan pelanggaran ini. Dianggap mereka akan baik-baik saja saat berlalu lintas. Tapi buktinya tidak, masih banyak kejadian kecelakaan yang terjadi di Indonesia.

Maka dari itu berjaga-jaga dalam masalah ini sangatlah penting. Dari pihak kepolisian juga harus terus menidak-tilangi para warga yang terus saja bandel. Demi kebaikan mereka sendiri agar tidak banyak terjadi hal yang tidak diinginkan.

5. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sosial Budaya

contoh paragraf argumentasi
pexels.com

 

Saat ini maraknya remaja yang memiliki perilaku kurang sopan dan tidak baik di masyarakat. Menggangu ketenangan warga yang lagi istirahat.

Remaja masa kini lagi trendingnya balap liar. Padahal hal ini melanggar aturan dan sangat tidak bermoral.

Dengan mereka melakukan hal ini, maka para masyarakat yang sedang istirahat akan terganggu dengan suara sepeda motor yang kencang tersebut.

Bukti ini di dapat dari pihak kepolisian yang menangkap banyak dari anak muda melakukan balap liar pada malam hari. Untuk hari-hari ini polisi harus lebih sering razia anak muda yang masih melakukan balap liar.

Hal ini juga harus ada pengawasan dari orang tua dan suruhan tegas agar mereka tidak keluar di jam yang sudah terlalu larut malam. Sehinga bisa meminimalisir akan terjadinya kegiatan buruk ini.

Sangat disayangkan bila anak tersebut bolos tidak masuk sekolah hanya karena kecapekan balapan. Atau bahkan sampai puncak parah kenakalannya, anak tersebut ingin berhenti sekolah karena pikiran yang telah dirasuki oleh teman-temannya, bahwa sekolah itu tidak penting.

Jika hal ini terus berlanjut, maka banyak anak bangsa yang akan kehilangan masa depannya.

6. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Ekonomi

contoh paragraf argumentasi
pexels.com

Saat ini bahan pangang melambung tinggi di pasaran. Semua kebutuhan pokok berkali libat lebih mahal dari harga sebelumnya.

Rakyat kecil dan para pedangan enggan untuk membeli kebutuhan mereka.

Apalagi para pedangan bakso, nasi goreng dan lainnya, sangat kesulitan berjualan karena cabai dan daging yang mereka akan beli terlalu mahal. Sehingga mereka juga mikir apakah masih bisa dapat keuntungan jika terus berjualan.

Kejadian semacam ini harus ditindak segera oleh pemerintah. Karena bila hal ini terus berlanjut, maka bisa dipastikan akan banyak rakyat kecil yang sangat kesusahan dalam mencari nafkah.

Dan hal ini akan berdampak menyeluruh pada barang dan kebutuhan yang lainnya juga.

Baca juga : Pengertian Kalimat Majemuk (lengkap) Contoh dan Cirinya

7. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan #1

contoh paragraf argumentasi
pexels.com

Merokok adalah kebiasaan buruk yang banyak dilakukan orang di masyarakat Indonesia. Bahkan sebagian riset mengatakan bahwa perokok aktif rela untuk tidak makan, yang penting masih bisa merokok.

Dengan merokok, maka akan memperpendek umur yang diberikan oleh Sang Kuasa.

Artinya adalah banyak keburukan dan kerugian yang akan terjadi bila seseorang tersebut menrutinitaskan kebiasaan buruk ini. Sehingga dia akan lebih dekat dengan kematian.

Kandungan rokok yang buruk dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti diabetes, kangker, impotensi bahkan berujung sampai kematian.

Kementerian Kesehatan telah mendata bahwa ada orang meninggal disebabkan oleh rokok setiap kurun waktu 10 menit di Indonesia. Data tersebut menandakan masih sangat banyak orang yang terjebak dengan rokok.

Salah satu sifat rokok yang menyebabkan candu juga penyebab sulitnya orang untuk lepas dari mengonsumsi rokok.

Dr. Aria Nugraha pernah berkata tentang asab rokok, bahwa asap yang dihisap perokok itu bisa menggerogoti organ pernafasan. Asap tersebut akan menyerang bagian paru-paru, tenggorakan, dan sampai organ-organ lain. Dari situ penyakit yang akan menjangkit para perokok adalah bronchitis, sakit jangtung, dan gangguan kehamilan.

Dengan demikian, maka berhentilah sesegera mungkin untuk merokok. Sebelum terlambat, karena jika nyawa itu sudah tiada, maka apa yang bisa diperbuat lagi?

8. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan #2

contoh paragraf argumentasi
pexels.com

Kebiasaan masyarakat akan begadang, tidur terlalu larut malam adalah hal yang wajar bagi warga negara Indonesia. Mungkin juga tidak hanya di Indonesia, tapi di seluruh penjuru dunia melakukan kebiasaan ini.

Perlu diketahui, bahwa begadang adalah kebiasaan yang buruk untuk dilakukan secara rutin. Bila tidak ada sesuatu yang urgent atau penting sekali lebih baik jangan melakukan hal ini.

Karena efek buruk dari begadang sangat banyak. Seperti melemahnya sistem kekebalan tubuh, berat badan bertambah, mempengaruhi kesuburan, insomnia dan lain sebagainya.

Efek buruk seperti melemahnya kekebalan tubuh saja sudah cukup untuk merusak semua sistem tubuh yang lain. Dengan begitu banyak penyakit yang akan tumbuh dalam tubuh kita.

Maka rutinitas seperti ini tidak patut untuk dicontoh. Segeralah tidur jika dirasa tubuh sudah mengantuk atau dalam kondisi kelelahan.

Baca juga : Pengertian Kalimat Efektif (lengkap) Ciri, Syarat dan Contohnya

9. Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan #3

contoh paragraf argumentasi
pexels.com

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa olahraga adalah kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh. Tubuh juga butuh rileksasi agar tetap bugar dan aktif secara optimal. Salah satunya caranya adalah dengan berolahraga.

Dengan berolahraga maka kita akan mendapatkan manfaat yang banyak sekali. Seperti dapat memompa jantung dengan lebih baik, menambah stamina, meningkatkan kekebalan tubuh dan masih banyak lagi. Dengan tubuh yang bugar dan kekebalan tubuh kita kuat, maka kita akan terhindar jauh dari penyakit.

Tapi sayangnya masih banyak masyarakat yang enggan untuk melakukan aktifitas ini. Dengan berbagai alasan yang mereka punya, seperti sibuk kerja, gak ada waktu dan lain sebagainya.

Maka sebelum terlamat, lakukanlah rutinitas yang penuh dengan manfaat ini. Dengan begitu kita sudah berusaha untuk terhindar dari penyakit.

 

Demikianlah penjelasan dan contoh paragraf argumentasi. Sebetulnya ada banyak jenis paragraf. Kalian bisa mengunjungi artikel yang lainya di sini mengenai jenis-jenis paragraf. Maka kalian akan lebih banyak tau tentang paragraf. Jangan lupa selalu kunjungi web kami karena sebisa mungkin akan ada info-info menarik yang update setiap harinya, di ceritaihsan.com.

Semoga banyak ilmu yang bermanfaat yang bisa kamu ambil.

Salam dan Terimakasih! 🙂

1 thought on “Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi, Lengkap dengan Jenis dan Cirinya”

Leave a Comment